NasDem Pastikan Cicu Tantang Petahana di Pilwalkot Makassar

Rachmatika Dewi

Rachmatika Dewi

Makassar, KABAROKE — Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem disebut telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk pencalonan pemilihan wali kota Makassar, Sulawesi Selatan. Partai memutuskan mendorong Ketua DPD NasDem Makassar Rahmatika Dewi untuk menantang petahana Danny Pomanto.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu NasDem Makassar Mario David mengungkapkan, berkas rekomendasi untuk Rahmatika sudah dijemput pengurus DPW pekan lalu. Berkas akan diberikan secara simbolis dalam waktu dekat.

“Dalam surat rekomendasi, DPP menunjuk Rahmatika sebagai bakal calon wali kota usungan. Namun posisinya akan diputuskan kembali bersama partai koalisi, dengan melihat elektabilitas pasangannya,” kata Mario David, seperti dilansir metrotvnews.com, Selasa kemarin.

Dalam surat rekomendasi, kata Mario, DPD NasDem Makassar diperintahkan agar segera mencari pasangan koalisi. Partai yang dipimpin Surya Paloh memiliki modal lima kursi di parlemen, sedangkan syarat pencalonan walikota melalui jalur parpol mensyaratkan minimal sepuluh kursi.

Sejauh ini, NasDem disebut masih menjalin komunikasi politik dengan sejumlah parpol. Yang paling intensif bersama Partai Golkar, pemilik delapan kursi parlemen. Kemungkinan pasangan Rahmatika berasal dari partai tersebut.

“Apakah ibu Rahmatika yang jadi bakal calon walikota atau wakil, nanti dibicarakan kembali. Dengan parpol-parpol lain pun, komunikasi masih cair,” ujar Mario.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif membenarkan terbitnya rekomendasi untuk Rahmatika di Pilkada Makassar. Rahmatika yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Sulsel disebut figur yang paling pantas untuk didorong oleh NasDem.

“Sejak awal kami sudah yakin apalagi Pak Ketua Umum Surya Paloh sudah pernah menyataoan merestuinya,” kata Syahar.

Sejauh ini baru tiga parpol di Makassar yang menerbitkan rekomendasi pengusungan bakal calon walikota. Selain NasDem, dua partai lain adalah PKS dan PDIP. Mereka memutuskan mendukung petahana Danny Pomanto. Adapun parpol lain masih menjalankan proses penjaringan kandidat. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *