NH-Aziz Dorong Seluruh Elemen Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 

Koordinator Tim Media NH Aziz Yusuf Said

Koordinator Tim Media NH Aziz Yusuf Said

Makassar, KABAROKE — Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) mendorong seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan pilkada serentak 2018. Partisipasi pemilih yang massif menjadi salah satu indikator kesuksesan pesta demokrasi.

“Tanggungjawab kita semua untuk mendorong angka partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2018. Itu juga menjadi cerminan kualitas penyelenggara, tapi ya kita semua harus ikut bantu mensukseskan,” kata Koordinator Tim Media Center NH-Aziz, Yusuf Said, pada diskusi publik KPID Sulsel, Senin, 23 April.

Diskusi publik KPID Sulsel itu mengangkat tema ‘Pemenuhan Kepentingan Publik Terhadap Informasi dan Sosialisasi Pilkada Sulsel’. Kegiatan itu menghadirkan Komisioner KPUD Sulsel, Faisal Amir dan mengundang perwakilan dari empat pasangan calon atau paslon.

Menurut Yusuf, upaya mendorong angka partisipasi pemilih sangat penting dan mendesak. Terlebih, merujuk data yang diterimanya angka swing voters masih cukup tinggi. Tercatat masih ada sekitar 40 persen pemilih di Sulsel yang belum menetapkan pilihannya.

“Angka itu adalah warning bagi penyelenggara dan seluruh elemen. Ini alarm tanda masih tingginya swing voters dan tentunya merugikan semua pihak, termasuk kandidat,” ucapnya.

Masih tingginya swing voters tidak lepas karena adanya pembatasan aturan bagi kandidat untuk beriklan atau melakukan sosialisasi pada media massa. Kata Yusuf, pihaknya memahami aturan itu dibuat demi kesetaraan politik. Tapi, semestinya KPUD bisa tetap maksimal melakukan sosialisasi.

Sosialisasi yang dilakukan KPUD, Yusuf menyebut jangan sebatas internal, tapi juga terkait peserta pilkada. Dengan begitu, terjadi keadilan bagi seluruh pihak. Yang paling penting, pemenuhan kebutuhan informasi bagi publik terkait gagasan dan program para kandidat dapat terpenuhi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *