Nurdin Halid Lanjutkan Tradisi Golkar yang Bertabur Kepala Daerah

Nurdin Halid Terus Mendapat Dukungan untuk Maju pada Pilgub Sulsel 2018
Nurdin Halid Terus Mendapat Dukungan untuk Maju pada Pilgub Sulsel 2018

Makassar, KABAROKE — Di bawah kepemimpinan Nurdin Halid, DPD I Golkar Sulsel kian bertabur sosok kepala daerah pada jabatan strategis, utamanya pimpinan DPD II lingkup kabupaten/kota. Musda demi musda yang dilaksanakan menunjuk kepala daerah untuk memimpin partai beringin di wilayahnya masing-masing.

Fenomena bupati dan wali kota memimpin Golkar lingkup Sulsel memang bukanlah hal yang baru. Sejak era kepemimpinan Amin Syam, fenomena tersebut sudah bisa dilihat. Namun, yang istimewa yakni para pendahulu Nurdin saat itu sudah menjabat Gubernur Sulsel. Sebut saja Amin Syam dan Syahrul Yasin Limpo yang kemudian digantikan Nurdin.

Di era SYL (2009-2016), ada enam daerah dari 24 daerah yang tidak dipimpin kader beringin. Yakni Maros, Sinjai, Toraja, Toraja Utara, Bantaeng, dan Pinrang. Kini di tangan Nurdin, peningkatan malah terjadi. Dari delapan musda DPD II yang rampung, tujuh di antaranya dipimpin oleh kepala daerah dan satu daerah dikomandoi wakil bupati.

Baca Juga  PILGUB SULSEL : Nurdin Halid Ajak Calon Lain Bersaing Secara Sehat

Dari delapan daerah itu, ada tiga wajah baru. Yakni Iksan Iskandar (Bupati Jeneponto), Muslimin Bando (Bupati Enrekang) dan Darwis Bastama (Wakil Bupati Pinrang). Selebihnya, wajah lama di era SYL yang terpilih untuk periode keduanya.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sulsel, Maqbul Halim mengungkapkan, konsolidasi beringin tidak mengincar para kepala daerah untuk menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar. Lagipula, tidak ada target jumlah kepala daerah yang diinginkan untuk memimpin Partai Golkar di kabupaten/kota. “Tidak ada target, terserah siapa yang mau,” kata Maqbul.

Tersisa 16 daerah yang akan menggelar musda. Dari jumlah ini, bisa diprediksi ada beberapa kepala daerah yang memimpin Golkar. Di antaranya yakni Thorig Husler (Bupati Luwu Timur), Andi Mudzakkar (Bupati Luwu), Burhanuddin Baharuddin/Natsir Ibrahim (Bupati/Wakil Bupati Takalar), Basli Ali (Bupati Selayar) dan Akhmad Syarifuddin Daud (Wakil Wali Kota Palopo). (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment