Pemkot Makassar Bagikan 5.971 Smartphone untuk Ketua RT/RW

Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto Bagikan Smartphone untuk Ketua RT/RW
Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto Bagikan Smartphone untuk Ketua RT/RW

Makassar, KABAROKE — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai membagikan fasilitas smartphone bagi ketua RT/RW yang tersebar di 153 kelurahan dari 15 kecamatan lingkup Kota Daeng. Pemberian 5.971 smartphone itu sekaligus memenuhi janji Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, untuk menunjang kinerja pimpinan RT/RW.

Penyerahan simbolis fasilitas smartphone diwakili oleh 37 ketua RT/RW saat Refleksi Akhir Tahun 2017 Pemkot Makassar di Celebes Convention Center, kemarin. Smartphone berbasis android itu baru diserahkan setelah kelengkapan administrasi beres. Termasuk pernyataan kesiapan menggunakan barang sebaik-baiknya karena merupakan aset pemerintah.

“Sebenarnya smartphone itu sudah ada sejak Juni 2017. Tapi pembagiannya baru direalisasikan bulan ini (Desember 2017) karena kita melengkapi nomor handphone dan menyiapkan anggaran untuk biaya komunikasi,” kata Danny.

Pemkot melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Makassar mengalokasikan pengadaaan smartphone sesuai jumlah ketua RT/RW. Tercatat ada 996 ketua RW dan 4.975 ketua RT. Itu berarti secara keseluruhan, Pemkot Makassar menyiapkan 5.971 smartphone.

Baca Juga  Begini Konsep dan Program Sanitasi Kota Makassar

Danny menjelaskan pemberian fasilitas smartphone dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi antara ketua RT dan RW, lurah, dan camat hingga wali kota. Isu yang dikordinasikan seputar kebersihan, pemerintahan dan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Pengadaan smartphone itu juga memberikan kemudahan perihal perkembangan informasi layanan masyarakat ke RT/RW secara real time.

Danny melanjutkan ketua RT dan RW juga dapat memanfaatkan smartphone itu sebagai media pelaporan terkait kinerja yang berhubungan dengan program strategis Pemkot Makassar. Diketahui banyak program pemerintah yang berbasis lorong, semisal Lorong Garden, Bank Sampah dan Badan Usaha Lorong.

Tidak hanya itu, peningkatan PAD juga dapat dicapai melalui fasilitas itu yang memungkinkan ketua RT/RW memantau retribusi sampah dan pembayaran PBB di wilayahnya masing-masing. (***)


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Leave a Comment