Penyakit di Masa Depan Bisa Diprediksi dari Tanda Ini

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, KABAROKE — Anda tak perlu bola kristal untuk bisa memprediksi kesehatan Anda di masa depan. Cukup periksa beberapa bagian tubuh, Anda akan mendapat perkiraan akan menderita sakit apa Anda nanti.

Kabar baiknya, semakin dini Anda menemukan tanda-tanda kemunculan suatu penyakit, semakin besar kemungkinan Anda untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memeriksakan diri ke dokter dan menerapkan pola hidup sehat.

Periksa: Kuku Anda
Untuk: Lupus

Kuku yang sehat biasanya halus dan bersih. Jika ada warna kemerahan di bawah kuku Anda, itu bisa menjadi tanda lupus.

Lupus adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat diri sendiri. Lupus juga dapat menyebabkan ruam di punggung tangan dan jari, serta bengkak di dasar kuku Anda.

Periksa: Indera penciuman
Untuk: Penyakit Alzheimer

Turunnya kemampuan mencium bau atau aroma, bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal penyakit Alzheimer, demikian menurut sebuah studi oleh U.S. National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

Perubahan yang terjadi pada sistem penciuman Anda karena Alzheimer, mungkin serupa dengan yang terjadi di daerah lain di otak, tetapi muncul lebih cepat.

Secara bertahap, setelah usia 70 tahun Anda akan kehilangan daya penciuman. Jika Anda kehilangan indera penciuman pada usia lebih muda, diskusikan segera dengan dokter.

Periksa: Tampilan Anda
Untuk: Serangan Jantung

Orang-orang yang terlihat lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya, memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah jantung, katapara peneliti di Copenhagen University Hospital.

Dibandingkan dengan orang tanpa tanda-tanda penuaan sebelum usia yang seharusnya (seperti uban, kebotakan, keriput dan deposit Kolesterol di kelopak mata) -orang dengan tiga atau empat tanda-tanda tersebut memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih tinggi dan risiko serangan jantung 57 persen lebih tinggi.

Jika Anda melihat tanda-tanda penuaan dini, mintalah dokter untuk memeriksa kesehatan jantung Anda dan menghitung faktor risiko yang Anda miliki.

Baca Juga  Tanaman Herbal Ini Bisa Memperbesar Ukuran Payudara Loh Ladies

Periksa: Garis rambut Anda
Untuk: Penyakit Tiroid

Ketika tiroid yang adalah kelenjar endokrin berbentuk kupu-kupu di leher, tidak bekerja dengan benar Anda, hal itu memengaruhi hormon di seluruh tubuh Anda.

Salah satunya adalah pertumbuhan rambut. Mungkin Anda juga mengalami perubahan terkait rambut lainnya, seperti rambut menjadi kering atau kasar sebelum mulai rontok.

Pada gilirannya, kerontokan ini dapat membuat garis rambut Anda mundur. Tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan penipisan alis dan kelelahan.

Periksa: Mata Anda
Untuk: Penurunan Kognitif

Dalam sebuah penelitian oleh Duke University, orang berusia 38 tahun yang memiliki pembuluh darah vena di mata berukuran lebih besar, memiliki tingkat IQ yang lebih rendah dibandingkan dengan yang memiliki vena lebih kecil.

Pembuluh darah di mata Anda, sama dalam ukuran, struktur dan fungsinya dengan pembuluh darah di otak Anda.

Maka itu, ukuran minus atau plusnya kacamata Anda, bisa menjadi indikasi adanya penurunan kesehatan otak sebelum akhirnya menjadi demensia.

Periksa: Napas Anda
Untuk: Disfungsi Ereksi

Napas beraroma tak sedap adalah tanda-tanda dari penyakit gusi, yang mungkin berhubungan dengan disfungsi ereksi.

Peneliti Turki menemukan bahwa di antara pria yang berusia antara 30 sampai 40 tahun dengan penyakit gusi yang parah, berisiko tiga kali lebih menderita masalah ereksi daripada pria dengan gusi yang sehat.

Periksa: Pendengaran Anda
Untuk: Diabetes

Orang dengan diabetes dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran dibanding orang tanpa diabetes, demikian menurut studi Niigata University di Jepang.

Anehnya, penderita diabetes berusia di bawah 60 tahun, malah lebih berisiko dibanding penderita diabetes berusia lebih tua. Kadar gula darah yang tinggi yang terkait dengan diabetes dapat merusak pembuluh darah di telinga Anda. (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment