PILGUB SULSEL: Gerindra, Antara La Tinro dan Azikin Solthan

Gerindra

Gerindra

Makassar, KABAROKE – Arena Pilgub Sulsel mulai memanas. Selain nama-nama seperti Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Abdullah, Burhanuddin Andi dan Rivai Raz, figur-figur baru mulai bermunculan kepermukaan.

Sebut saja La Tinro La Tunrung, Andi Idris Manggabarani, Apiyati Amin Syam, Rudianto Asapa, dan Azikin Solthan. Nama-nama ini tengah panas dipergunjingkan di kalangan internal Partai Gerindra untuk maju dalam pertarungan pada Pilgub mendatang.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel La Tinro La Tunrung mengatakan, niatan untuk ikut menjajaki kontestasi Pilgub, masih belum bisa diputuskan saat ini. Namun, ia tak menampik, Gerindra tengah mencari sosok yang ideal untuk diusung pada perebutan kursi Gubernur.

“Sudah diputuskan bahwa, Pilgub itu langsung dikomandoi oleh Prabowo. Prabowo yang langsung menyeleksi kepala daerah yang akan benar-benar diusung pada Pilkada khusus Gubernur di seluruh Indonesia,” kata La Tinro pada Rakorda Gerindra Sulsel di Hotel Four Point By Sheraton Makassar, Sabtu, 30 April.

Meski tak menampik keinginan tersebut, dirinya mengutarakan memang ada lima kader internal di Gerindra Sulsel yang berpeluang diusung untuk maju sebagai bakal calon Gubernur.

“Kemudian akan dibandingkan dengan kader eksternal. Bisa juga nantinya akan digabung sesama internal, seperti yang terjadi di Pilkada Luwu kemarin,” imbuhnya.

Saat ini, tambah La Tinro, DPD akan berfokus melakukan sosialisasi ke daerah-daerah, guna mempertanyakan partisipasi partai dan anggota legislatif dari Gerinda terhadap pembangunan dan perkembangan daerah.

“Siapa tahu DPRD dari Gerinda itu hanya sebagai ‘stempel’ daerah. Itu yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

Terpisah, Azikin Solthan berujar, Gerinda kemungkinan besar akan mengusung kader dalam Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

“Sekarang ini, Gerinda punya 11 kursi di DPRD. Dulu saja 1 kursi (Pilgub 2013 lalu), Pak Rudi didorong, apalagi kalau sekarang,” kata anggota DPR RI tersebut.

Hanya saja, dirinya tidak ingin menyebut siapa yang akan diusung oleh Gerindra. “Bergantung dari keputusan DPP,” singkatnya. (rc/jk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *