PLN Imbau Mal dan Hotel Gunakan Genset Saat Malam Hari

PLN Sulselrabar
PLN Sulselrabar

Makassar, KABAROKE — Sehubungan dengan pemadaman listrik yang terjadi sejak Sabtu, 7 Januari 2017, di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, PLN mengimbau kepada perusahaan, industri, mall dan hotel untuk menggunakan generator set (Genset) pada waktu beban puncak (WBP). Pasalnya, dua unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jeneponto mengalami gangguan.

“Kami sampaikan bahwa kondisi tersebut karena tidak beroperasinya PLTU Bosowa Energy Di Jeneponto. Penyebab tidak beroperasinya PLTU tersebut adalah batu baranya basah dan lengket saat diproses di mesin penggilingan batu bara sehingga akibatnya PLTU tidak mendapat suplai bahan bakar yang memadai,” jelas General Manager PT PLN Wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar, Wasito Adi, Selasa, 10 Januari 2017 dalam keterangan tertulisnya.

Akibatnya, sejumlah wilayah di Sulsel mengalami pemadaman listrik bergilir selama dua jam pada sore hari dan empat jam pada malam hari. Pemadaman pun dilakukan secara bergantian di beberapa wilayah di Sulsel, termasuk Kota Makassar.

“PLN memohon maaf atas kejadian ini,” kata Wisoto.

Baca Juga  Hari Kesadaran Nasional, Bupati Lutra : Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Olehnya itu, pihak PLN mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penghematan daya sebanyak 2 titik lampu masing-masing setara 50 Watt secara khusus pada WBP pukul 17.00 hingga 22.00 Wita. Sehingga diperoleh penghematan 190 MW saat malam hari.

“Kami juga menghimbau kepada pelanggan besar seperti industri, mall, hotel, dan sebagainya agar pelanggan dapat mengoperasikan genset sendiri pada waktu beban puncak,” ujarnya.

Untuk langkah perbaikan, PLN telah berkoordinasi secara intens dengan manajemen PLTU Bosowa Energy Jeneponto untuk melakukan penormalan secepatnya. Caranya dengan melakukan perbaikan cepat di mesin-mesin penggiling batu bara dan mengeluarkan batu bara basah dari bunker.

“Upaya penormalan tersebut memerlukan waktu. Diperkirakan sampai sore ini, dan diperkirakan satu unit PLTU Jeneponto bisa beroperasi maksimal pada Rabu, 11 Januari 2017 besok,” jelasnya.

Atas kondisi ini, PLN melakukan pengaturan beban (Pemadaman) karena sistem kelistrikan di Sulsel mengalami defisit sekitar 175 MW. (Yasir)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment