Polri Imbau Warganet Bijak Gunakan Medsos

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto

Jakarta, KABAROKE — Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengimbau agar masyarakat lebih bijak menggunakan media sosial. Terlebih bagi para warganet yang gemar menyebar video yang bermuatan sensitif, misalnya kekerasan. Karena hal tersebut kerap memberikan dampak besar di masyarakat.

“Karena dengan dunia maya sekarang ini begitu masuk ke dunia maya sudah viral susah susah sekali untuk dikendalikan,” kata Setyo di Mabes Polri, Rabu (8/11).

Sekedar diketahui video terkait kekerasan pada seorang siswa beredar di dunia maya. Setyo menyesalkan video tersebut diunggah terlebih dahulu oleh pengunggahnya sehingga menjadi viral dan menimbulkan polemik di masyarakat.

Dirinya mengatakan, pengunggah juga seharusnya mempertanggungjawabkan unggahannya. Menurut Setyo, apabila dalam video tersebut mengandung konten pidana, sebaiknya dilaporkan ke kepolisian terdekat. Sehingga, polisi juga bisa cepat bertindak dan video tidak membuat gaduh masyarakat.

Baca Juga  Polri Antisipasi Penyebaran Konten Hoax Jelang Pilkada

“Dengan bukti rekaman itu laporkan kepolisian terdekat dan bukan hanya membikin gaduh tetapi ada penyelesaian yang jelas,” ujar Setyo.

Sayangnya, yang terjadi kerap sebaliknya. Video maupun media lainnya diviralkan terlebih dahulu dan membuat heboh masyarakat. Setelah itu polisi baru melakukan penyelidikan.

Menurut Setyo, langkah yang lebih bijak adalah melaporkan pada kepolisian di mana rekaman tersebut bisa menjadi bukti dan dasar kepolisian melakukan langkah prosedural secara hukum. (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment