Saran OJK buat Investor Pemula : Beli Saham Reksadana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Makassar, KABAROKE — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merekomendasikan investor pemula di pasar modal untuk membeli saham reksadana. Pertimbangannya, reksadana memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan produk lain. Toh, reksadana memang telah dikelola oleh pihak yang terpercaya dan profesional.

Deputi Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Departemen Pengawasan Pasar Modal 2B OJK, M Maulana, berpendapat investasi saham di reksadana memiliki resiko yang kecil lantaran sistemnya baik dan dikelola secara profesional. Tidak kalah penting adanya izin OJK.

“Banyak pilihan investasi saham. Tapi untuk (investor) pemula, baiknya reksadana karena risikonya kecil. Reksadana itu kan dikelola oleh pihak profesional dan yang terpercaya, paling penting juga sudah memiliki izin OJK,” kata Maulana, di Makassar.

Baca Juga  Bank Wakaf Diharapkan Terbentuk Sebelum Juni

Menurut Maulana, sebenarnya tidak ada masalah bagi investor pemula untuk membeli saham secara langsung. Namun, masyarakat yang berinvestasi melalui cara tersebut harus banyak membaca dan menggali informasi terkait perusahaan yang dipilih. Musababnya, pilihan investasi saham sangat dipengaruhi oleh masa depan perusahaan terkait.

“Itulah bedanya investasi saham langsung dengan reksadana. Kalau reksadana kan ada yang mengelola, jadi masyarakat tinggal memasukkan dananya dan akan dikelola sehingga risiko (kerugian) lebih kecil,” pungkasnya. (*)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment