Sosialisasi Pengawasan Pemilu, Bawaslu Gelar Cerdas Cermat di Torut

Bawaslu Sulsel Gelar Cerdas Cermat Pengawasan Pemilu untuk Memberikan Pemahaman kepada Masyarakat, Khususnya Pemilih Pemula Seperti Pelajar
Bawaslu Sulsel Gelar Cerdas Cermat Pengawasan Pemilu untuk Memberikan Pemahaman kepada Masyarakat, Khususnya Pemilih Pemula Seperti Pelajar

Toraja Utara, KABAROKE — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menggelar lomba cerdas cermat pengawasan pemilu di Aula Kantor Bupati Toraja Utara, Selasa, 8 November. Kegiatan itu yang terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan Torut dan Dinas Pendidikan Sulsel itu bertujuan untuk memberikan pemahaman pemilu kepada masyarakat, khususnya pelajar.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel, Sudirman Rahim, mengatakan melalui kegiatan tersebut, pihaknya mengharapkan masyarakat, khususnya pelajar akan semakin paham tentang Peraturan dan Undang-Undang Pemilu. Cerdas cermat itu disebutnya merupakan langkah sosialisasi berjenjang, dimana mereka yang berpartisipasi diharapkan menularkan pengetahuan yang diperolehnya di lingkungannya masing-masing.

Lanjut Sudirman, biaya kegiatan dibebankan pada DIPA APBN Tahun 2016 dan dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota Cerdas Cermat, sehingga untuk pemilih pemula diharapkan dapat berpartisipasi. Kegiatan itu diyakini jitu untuk memberikan informasi kepada pemilih pemula terkait hak dan tanggung jawabnya.

“Mencerdaskan dalam ruang politik dan partisipasi politik yang rasional dan demokratis, maka Bawaslu Provinsi Sulsel mengadakan cerdas cermat tingkat SMA/SMK Sederajat. Sebab generasi muda adalah awal penentu, sebab angka pemilih pemula berdasarkan statistiknya sangat diperhitungkan,” jelasnya.

Jajaran Pemkab Torut Menyambut Baik Pelaksanaan Cerdas Cermat Pengawasan Pemilu
Jajaran Pemkab Torut Menyambut Baik Pelaksanaan Cerdas Cermat Pengawasan Pemilu

Membuka kegiatan cerdas cermat, Sekretaris Daerah Toraja Utara Drs. Eka Lewaran Rantela’bi’, MH mengatakan, bahwa satu suara sangat berharga dalam menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin kita, sehingga kita mengetahui situasi politik di negara kita.

Baca Juga  Sikapi Status Setnov, AMPG Minta Kader Golkar Solid

“Anda harus belajar dari awal bagaimana pendidikan, bagaimana integritas dan apabila kita sudah menjadi wakil rakyat, harus berfikir secara global atau apa kebutuhan masyarakat di daerah kita,” terang Lewaran Rantela’bi’.

Menurut Sekda, kita harus menjadi pemilih cerdas dan mengawasi money politik di daerah kita sebab itu dapat merusak moral masyarakat. “Itulah sebabnya, maka dilakukannya cerdas cermat sebagaimana untuk menambah wawasan bagi pemilih pemula khususnya di tingkat SMA/SMK Sederajat dan ini adalah momentum yang sangat baik,” kunci Sekda Toraja Utara.

Adapun daftar nama juri dan daftar Sekolah yang mengikuti kegiatan cerdas cermat yakni :

1. Sudirman Rahim (Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulsel)
2. Zulkifli (Kasubag Pengawasan Bawaslu Provinsi Sulsel)
3. Muhammad S (Tim Asistensi Bawaslu Provinsi Sulsel)

Sedangkan Sekolah yang mengikuti lomba, yakni ;

SMAN 1 RANTEPAO
SMAN 2 RANTEPAO
SMAN 1 KESU’
SMAN 1 RINDINGNGALLO
SMA KRISTEN BARANA’
SMKN 1 TALLUNGLIPU
SMKN 1 KESU’
SMK KR. TAGARI
SMK KR. HARAPAN RANTEPAO
SMK NUSANTARA.

Terlihat dalam suasana kegiatan, hadir pula Asisten Bidang Pemerintahan Umum Drs. Rede Roni Bare, M. Pd, Asisten Bidang Administrasi Umum Dra. Hetty M.G Dalopis, M. Si dan Sekretaris Dinas Pendidikan Toraja Utara Yakub Pongsendana. (Arman)


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Leave a Comment