Sulsel Targetkan Raih Opini WTP ke-8

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo [dok net]

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo [dok net]

Makassar, KABAROKE — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menargetkan mampu meneruskan prestasi gemilang dalam pelaporan keuangan. Sulsel membidik predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-8 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Semoga Sulsel bisa mempertahankannya, semoga bisa raih opini WTP yang ke-8 pada tahun ini,” kata Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Rabu, 14 Maret.

Gubernur Syahrul menuturkan sejauh ini, konsultasi ihwal pelaporan keuangan berjalan kondusif. Diharapkan mantan Bupati Gowa itu agar BPK memberikan catatan khusus bagi pihaknya sebagai bahan evaluasi. Dengan begitu, Pemprov Sulsel dapat terus berbenah.

Salah satu permasalahan yang diharapkan pihaknya mendapatkan catatan khusus yakni soal aset. Permasalahan itu diketahui kerap dipertanyakan awak media. Kendati demikian, Gubernur Syahrul menegaskan opini WTP yang diraih selama tujuh kali merupakan bukti bahwa pengelolaan aset di Sulsel baik.

“Salah satu syarat WTP adalah pengelolaan aset yang bagus, setiap tahun bertambah, pembuatan jalan baru dan underpass. Katakanlah itu juga sebagai evaluasi setiap tahun terhadap aset yang berjumlah triliunan rupiah ini agar tercover dengan baik,” ulas dia.

Disinggung masih adanya daerah yang belum memasukkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke BPK, Gubernur Syahrul mengingatkan untuk segera menyetor sebelum batas waktu pada 31 Maret nanti. Sulsel diharapkannya mampu meraih predikat sebagai provinsi dengan WTP terbanyak di Indonesia, dimana tahun lalu dari 24 kabupaten kota hanya tiga yang tidak meraih WTP.

“Dan itu prestasi, saya berharap akan lebih banyak lagi,” tutup Gubernur Sulsel dua periode itu.

Perwakilan BPK Sulsel sendiri telah menemui Gubernur Syahrul, Selasa, 13 Maret. Gubernur Syahrul juga sekaligus diundang pada acara serah terima jabatan (sertijab) kepala BPK Perwakilan Sulsel yang baru, di Kantor BPK RI Perwakilan Sulsel pada Selasa, 20 Maret mendatang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *