Teman Sebaya Bisa Pengaruhi Anak Berperilaku Menyimpang

Teman Sebaya dan Lingkungan Merupakan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Anak
Teman Sebaya dan Lingkungan Merupakan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Anak

Makassar, KABAROKE — Ketua Himpunan Psikolog Indonesia Wilayah Sulsel, Dr Asniar Khumas, menyebut teman sebaya dapat mempengaruhi perilaku anak. Menurutnya, lingkungan bermain atau bergaul anak bisa mengarahkan anak berperilaku menyimpang seperti mengkonsumsi narkotika.

“Terkait konsumsi narkoba, yang harus dipahami, pengaruh lingkungan dalam hal ini teman sebaya itu sangat kuat. Hampir semua riset yang dilakukan peneliti termasuk saya terkait konsumsi narkoba itu dipengaruhi teman sebaya,” ujar Asniar Khumas, saat ditemui kabaroke.com di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Selasa, 8 November.

Pakar psikologi perilaku anak itu mengatakan orang tua perlu memahami lingkungan sekitar dari pergaulan anaknya. Khususnya lingkungan pergaulan di sekolah bagi anak yang baru masuk usia remaja. “Ini yang perlu kita pahami sebagai orang tua bahwa lingkungan pergaulan anak itu perlu kita kontrol dan cek, termasuk di sekolah, apa sih yang mereka lakukan di sekolah, apa yang diperbuat dengan temannya,” ucap Dosen Psikologi di UNM itu.

Baca Juga  Tammy, Kucing Betina Tertua Di Dunia

Ia juga menjelaskan jika peran orangtua untuk mendapingi anak di sekolah masih tetap dibutuhkan. Orangtua wajib memahami lingkungan sekolah dan dengan siapa anak sering bergaul. “Setiap minggu orangtua bisa berbincang dengan wali kelas anaknya. Berkunjung ke sekolah untuk melihat aktivitas sehari-hari anak. Jadi bukan sepenuhnya diserahkan ke guru dan sekolah,” kata Asniar. (Yasir)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment