Tips Menghabisakan Liburan Tanpa Bepergian

Ilustrasi
Ilustrasi

KABAROKE – Liburan itu selalu menyenangkan. Namun prosesnya kadang bisa melelahkan, misalnya saja seperti yang terjadi di akhir pekan ini. Banyak orang yang mengeluh terjebak kemacetan saat hendak mengisi liburan dengan berwisata ke luar kota.

Jika Anda sedang enggan berada dalam posisi terjebak kemacetan itu, tak ada salahnya mengisi liburan di rumah saja. Berikut enam ide mengisi liburan tanpa harus bepergian seperti dikutip dari laman apartementtheraphy.  

1. Memasak

Tak ada yang bisa meningkatkan kegairahan liburan selain memasak sesuatu yang terlihat indah, tercium lezat, dan hanya mengandung sedikit kalori. Buat acara memasak jadi berbeda dengan mengajak seluruh anggota keluarga terlibat di dalamnya.  Kalau perlu bahkan bekerja bersama di dapur dengan masing-masing anggota punya proyek masakan sendiri-sendiri.

2. Membuat prakarya

Anak-anak pasti akan senang diajak membuat prakarya, mulai yang sederhana dengan menggunakan barang-barang yang ada seperti memanfaatkan barang bekas untuk didaur ulang, hingga mendekor ulang rumah Anda.

3. Bercocok tanam

Membereskan satu bagian taman, bisa jadi ide asyik mengisi liburan bersama keluarga sembari mengajari tentang alam kepada anak-anak. Ajak anak memilih tanaman mereka sendiri dan biarkan mereka ‘bertanggung jawab’ atas kelangsungan hidup tumbuhan itu sebagai proyek mereka.

Baca Juga  Ternyata, Tidak Tepat Waktu Adalah Ciri Orang Yang Kreatif

4. Mengulik sudut rumah yang biasa tak tersentuh

Membongkar sudut rumah yang biasanya jarang tersentuh bisa jadi pengalaman unik bagi keluarga. Mulai dari membereskan isi dapur, koleksi buku sampai menata ulang lemari baju dan lemari dapur. Jangan heran jika Anda bisa menemukan koleksi atau barang yang sudah lama tidak Anda gunakan. Anda bisa membuat keputusan bersama tentang benda itu, diberikan pada orang yang membutuhkan atau menggunakannya kembali.

5. Menonton film secara marathon

Siapkan film-film favorit keluarga dan tonton secara maraton sembari berkumpul bersama. Tak masalah apakah film yang Anda pilih sudah pernah ditonton berulang kali sebelumnya. Jangan lupa siapkan makanan kecil seperti popcorn dan smoothies agar seolah-olah Anda berada di bioskop pribadi Anda.

6. Selenggarakan pesta kecil

Jika Anda tahu ada teman-teman Anda yang memilih tinggal di dalam kota selama liburan, mengapa tak ajak mereka menyelenggarakan pesta kecil. Berkumpul mengakrabkan  masing-masing individu adalah tujuan utamanya. Agar Anda tak ketiban kerepotan, ajak masing-masing peserta pesta membawa makanan yang bisa dibagi bersama-sama.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.cnnindonesia.com


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment