UNM Jadi Kampus Kedua Raih Akreditasi A di Indonesia Timur

Gedung Phinisi UNM
Gedung Phinisi UNM

Makassar, KABAROKE — Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, menyampaikan ucapan selamat terhadap civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) atas predikat akreditasi A dari BAN-PT. UNM menyusul Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai kampus yang memiliki akreditasi terbaik di Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Menteri Nasir mengungkapkan status akreditasi A membuktikan UNM berhasil memenuhi pelbagai kriteria dalam kualitas pendidikan. “Selamat kepada UNM karena di kawasan Indonesia Timur hanya ada dua universitas yang mendapatkan akreditasi A. Salah satunya Universitas Negeri Makassar,” ucap Menristekdikti, di sela Seminar Forum Start-up Nasional di Makassar, Jumat, 11 Agustus.

Menteri Nasir berpesan selain meningkatkan akreditasi, UNM juga harus mampu mendongkrak sumber daya pengajar alias dosen di lingkungan kampusnya. “Rasanya seorang dosen tidak cukup hanya dengan lulusan S2, tetapi harus lulusan S3. Dosen lulusan S2 sudah banyak, tapi kalau sudah lulus S3 itu luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga  Menteri M Nasir Harap Perguruan Tinggi Antar-Negara Berkolaborasi
Menristekdikti M Nasir dan Rektor UNM Husain Syam
Menristekdikti M Nasir dan Rektor UNM Husain Syam

Peningkatan kualitas dosen, Menteri Nasir menyebut merupakan tugas sekaligus tantangan bagi Rektor UNM. Toh semua itu untuk kebaikan dan peningkatan mutu Kampus Orange-julukan UNM. “Perguruan tinggi yang memiliki dosen dengan lulusan yang berkualitas akan menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik untuk masa depan yang lebih baik,” tutur dia.

Kehadiran Menristekdikti yang dibarengi rangkaian peringatan Hakteknas dimanfaatkan pihak UNM dalam merayakan akreditasi A yang kini disandangnya. Dalam kesempatan itu, sebagai wujud syukur memperoleh akreditasi A, civitas akademika UNM bersama Menteri Nasir mengggelar ‘UNM Mengaji’ yang dihadiri 750 mahasiswa di pelataran kampus dengan ikon gedung layar kapal pinisi. (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment