Wow! Sisir Pintar dari Nokia Ini Bisa Dengarkan Rambut

Nokia Luncurkan Sisir Pintar yang Disebut Bisa Mendengarkan Rambut [dok net]
Nokia Luncurkan Sisir Pintar yang Disebut Bisa Mendengarkan Rambut [dok net]
Las Vegas, KABAROKE — Selama ini, tingkat kerusakan rambut bisa diketahui melalui uji klinik atau bertandang ke ahli kecantikan. Sekarang, Anda bisa mengetahuinya hanya dengan menyisir rambut seperti biasa.

Hal ini dimungkinkan sisir pintar pertama di dunia yang diperkenalkan Nokia melalui anak perusahaannya, Withings. Sisir pintar tersebut dinamai “The Kerastase Hair Coach” dan diluncurkan dalam ajang CES 2017 di Las Vegas, AS.

Lantas, bagaimana mekanisme kerja sisir tersebut? Anda cuma perlu menghubungkan sisir dengan aplikasi khusus di smartphone. Selanjutnya, sisir rambut seperti biasa, lalu aplikasi akan mendengarkan bunyi yang mengindikasikan tingkat kesehatan rambut.

Ujung-ujungnya, aplikasi akan memaparkan persentase kesehatan rambut beserta data-data lainnya yang menjadi indikator pendukung. Anda juga akan diperingati oleh aplikasi jika menyisir terlalu keras atau caranya salah.

“Tiap kali menggunakan sisir pintar, pengguna akan mengetahui data yang selama ini tak bisa mereka akses. Dengan begitu, pengguna bisa meningkatkan kepedulian terhadap rambut,” kata VP Digital Health Nokia, Cedric Hutchings, seperti ditulis kompas.com, beberapa waktu lalu.

4 teknologi utama

Secara teknis, sisir pintar Nokia menggunakan empat teknologi utama. Pertama adalah microphone yang ditanam dalam sisir untuk mendengar suara penyisiran dan mengidentifikasi polanya.

Baca Juga  Menkominfo : Indonesia Sudah Bebas dari Virus WannaCry

Suara itu akan memberikan beberapa informasi seperti seberapa kering kulit kepala, bagaimana pola helaian rambut, dan kerusakan-kerusakan yang dialami.

Lalu ada tiga sel yang mengukur gaya tekan saat pengguna menyisir kulit kepala hingga ke ujung rambut. Tiga sel itu dipasangkan dengan akselerometer dan giroskop untuk menghitung sapuan kuas terhadap pola penyisiran.

Terakhir, sensor konduktivitas juga disematkan untuk memberi informasi apakah sisir digunakan dalam keadaan rambut dan kulit kepala masih basah atau sudah kering sepenuhnya.

Sesuai namanya, sisir pintar ini merupakan proyek kolaborasi bersama perusahaan perawatan rambut Kerastase dan L’Oreal. Menurut VP global untuk inkubator teknologi di L’Oreal, Guive Balooch, inovasi sisir pintar bisa mempererat relasi manusia dengan rambutnya sendiri.

“Teknologi telah masuk ke ranah kegiatan kecantikan sehari-hari. Perangkat pintar punya potensi besar untuk mengubah cara manusia merawat kulit dan rambutnya di masa depan,” ia menuturkan.

Sisir pintar Nokia bakal tersedia secara komersil pada akhir 2017 nanti. Harganya dipatok 199 dollar AS atau setara Rp 2,6 juta. (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment