apa itu mortar

Apa Itu Mortar, Jenis, dan Harga Terbaik di Indonesia 2023

Sudah paham apa itu mortar? Hmm, ini merupakan salah satu bahan bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi. Namun, bagi sebagian orang mungkin masih ada yang belum familiar dengan istilah ini. 

Jadi, apa itu mortar sebenarnya? Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas mengenai mortar, mulai dari definisi hingga jenis-jenisnya, serta mencakup informasi mengenai harga mortar di Indonesia.

Penjelasan Apa itu Mortar

Mortar adalah campuran dari bahan pengikat, agregat halus, dan air yang digunakan untuk mengikat batu bata, batu, atau blok beton. Fungsinya adalah untuk membentuk ikatan yang kuat antara elemen-elemen bangunan tersebut. Mortar umumnya digunakan dalam pembangunan dinding, lantai, dan struktur lainnya.

Jenis-Jenis Mortar Yang Digunakan dalam Dunia Konstruksi

Terdapat beberapa jenis mortar yang digunakan dalam konstruksi, di antaranya:

1. Mortar Semen

Mortar semen adalah jenis mortar yang paling umum digunakan. Bahan pengikat utamanya adalah semen Portland, yang dicampur dengan agregat halus dan air. Mortar semen memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap air. Jenis mortar semen yang umum digunakan meliputi:

a. Mortar Semen Biasa

Mortar ini terdiri dari campuran semen Portland, pasir halus, dan air. Mortar semen biasa digunakan secara luas dalam konstruksi bangunan umum seperti dinding bata, lantai, dan plesteran. Kami yakin sekali, Anda sudah semakin paham tentang apa itu mortar. 

b. Mortar Semen Tahan Air

Mortar ini mengandung bahan tambahan yang meningkatkan ketahanan terhadap air. Mortar semen instan tahan air biasanya digunakan dalam konstruksi kolam renang, kamar mandi, dan area yang terpapar kelembaban tinggi.

c. Mortar Semen Cepat

Mortar semen cepat memiliki waktu pengerasan yang lebih singkat dibandingkan dengan mortar semen biasa. Biasanya digunakan untuk perbaikan atau pemasangan cepat yang membutuhkan kecepatan kerja tinggi.

2. Mortar Kapur

Mortar kapur menggunakan kapur hidrolik sebagai bahan pengikat utamanya. Mortar ini memiliki kelebihan fleksibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan mortar semen. Jenis mortar kapur yang umum digunakan meliputi:

a. Mortar Kapur Biasa

Mortar ini terdiri dari campuran kapur hidraulik, pasir halus, dan air. Mortar kapur biasa digunakan dalam restorasi bangunan bersejarah dan pekerjaan yang membutuhkan fleksibilitas tinggi, seperti dinding yang mengalami pergerakan.

b. Mortar Kapur Tanpa Pasir

Jenis mortar ini menggantikan pasir halus dengan bahan pengisi lain seperti serbuk batu bata atau serbuk terak. Mortar kapur tanpa pasir sering digunakan dalam restorasi untuk mencapai penampilan yang lebih mirip dengan mortar tradisional.

c. Mortar Kapur Hidraulik

Mortar kapur hidrolik mengandung sedikit campuran semen untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan terhadap air. Mortar ini biasanya digunakan dalam pekerjaan yang membutuhkan sifat hidraulik dan fleksibilitas.

3. Mortar Campuran

Mortar campuran merupakan kombinasi antara mortar semen dan mortar kapur. Tujuannya adalah untuk menggabungkan kekuatan mortar semen dengan fleksibilitas mortar kapur. Jenis mortar campuran dapat bervariasi tergantung pada perbandingan antara semen dan kapur yang digunakan.

4. Mortar Epoxy

Mortar epoxy menggunakan bahan pengikat epoxy, yang dicampur dengan agregat halus dan keras. Mortar ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat tinggi serta tahan terhadap zat kimia dan kondisi lingkungan yang ekstrim. Mortar epoxy umumnya digunakan dalam aplikasi industri dan komersial, seperti lantai industri, dinding penyekat, dan pemasangan ubin.

Harga Mortar di Indonesia

Harga mortar di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada jenisnya dan juga lokasi geografisnya. Umumnya, mortar semen memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mortar kapur. Selain itu, faktor-faktor lain seperti merek, kualitas, dan kebutuhan jumlah mortar juga dapat mempengaruhi harga.

Sebagai contoh, harga mortar semen standar di Indonesia berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 80.000 per sak. Sedangkan harga mortar kapur berkisar antara Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per sak. Namun, harga tersebut dapat berbeda di setiap daerah.

Kesimpulan

Kesimpulan dari apa itu mortar, ini merupakan bahan bangunan penting yang digunakan dalam konstruksi. Dengan mengenal jenis-jenis mortar, Anda dapat memilih mortar yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Harga mortar di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis dan faktor-faktor lainnya. 

Sebelum membeli, pastikan Anda mempertimbangkan kualitas dan kebutuhan proyek Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang mortar.

Baca Juga: 7 Pelapis Cat Tembok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − four =