Apa Itu Partnership Dan Tipe-Tipenya

Kemitraan adalah istilah umum yang sering digunakan dalam dunia bisnis, apa itu partnership? Semua individu yang bekerja di bidang ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang istilah ini. Ada beberapa jenis kemitraan yang penting untuk diketahui.

Yuk simak sampai akhir artikel untuk mengetahui pengertian, jenis kemitraan, dan cara kerjanya. 

Apa Itu Partnership?

Pernahkah Anda mendengar seseorang mengatakan bahwa dia dan pihak lain telah menjalin partnership? Atau, pernahkah Anda mengenal seseorang yang menggambarkan pihak lain sebagai mitra kerja atau bisnis? Itu adalah contoh kemitraan. 

Kemitraan berarti perjanjian antara dua pihak atau lebih yang bersifat formal. Pihak yang berkepentingan bekerja sama dalam upaya untuk mencari dan saling berbagi keuntungan.

Partnership adalah kerjasama yang hanya dapat dilakukan oleh individu. Definisi ini berbeda dengan istilah lainnya yaitu joint venture. Usaha patungan melibatkan satu atau lebih perusahaan. Jadi apa itu partnership? Pastikan anda memahami, contoh press release kegiatan webinar?

Bagaimana Tipe-Tipe Kemitraan

Apa Itu Partnership Dan Tipe-Tipenya

Berikut ini adalah jenis-jenis kemitraan yang perlu Anda ketahui:

  1. Kemitraan umum

Tipe ini lebih dikenal dengan aliansi umum. Jenis ini umum dan tidak mengharuskan pihak yang bersangkutan untuk mendaftar secara resmi ke pemerintah.

Perjanjian tertulis tidak wajib, tetapi kebanyakan kerja sama diwujudkan dalam kontrak tertulis.

Tujuan dari jenis ini adalah untuk mencari dan membagi keuntungan secara sama bagi masing-masing pihak yang berkepentingan. Namun demikian, para pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut tetap memiliki rasa tanggung jawab untuk ikut serta dalam bisnis tersebut.

Contoh seperti dalam operasi bisnis sehari-hari atau adanya utang dalam bisnis. Setiap individu dalam kemitraan akan membantu melunasi hutang yang ada untuk bisnis bersama.

  1. Persekutuan komanditer

Jenis kerjasama ini menuntut semua pihak untuk mendapatkan keuntungan yang sama. Dan masalah utang tidak melibatkan pihak tertentu. Utang hanya berurusan dengan mereka yang melakukan kegiatan operasional.

Keberadaan pihak ini menentukan jenis kerjasama ini. Mereka hanya menunggu keuntungan dari investasi yang mereka lakukan.

Jika mereka mulai terlibat dalam proses bisnis, maka mereka bisa kehilangan statusnya sebagai pihak yang memiliki peran terbatas.

  1. Persekutuan perseroan terbatas 

Tipe ini sedikit mirip dengan tipe umum. Masing-masing pihak mendapatkan keuntungan yang sama dan dapat membantu dalam jalannya usaha. Jika pihak lain membuat kesalahan, mereka tidak bertanggung jawab untuk itu.

Mereka diwajibkan hanya untuk hutang dan masalah internal. Karena bisa berurusan dengan hukum, hanya beberapa bidang yang menggunakan jenis kemitraan ini, seperti, pengacara, dokter, dan akuntan.

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk melindungi pihak tertentu dari kesalahan atau hutang pihak lain. Dengan begitu, semua akan menjadi adil.

  1. Persekutuan komanditer perseroan terbatas

Jenis ini masih terbilang baru. Beberapa negara masih belum mengakui keberadaannya. Jenis ini mirip dengan persekutuan komanditer. Perbedaannya adalah perlindungan. Jenis kerjasama ini berfokus untuk melindungi satu pihak yang tidak melakukan kesalahan.

Amerika serikat merupakan salah satu negara yang telah mengenal jenis ini. Kenapa tidak semua negara mengenal jenis ini? Banyak yang percaya jenis kemitraan ini tidak cocok untuk bisnis yang bercabang. Jadi, tipe ini masih menjadi pertimbangan di beberapa negara.

Anda sudah tahu tentang jenis-jenis kerjasama. Sekarang Anda perlu mengetahui jenis-jenis mitra yang bersangkutan dalam perjanjian kerjasama, ada dua jenis mitra:

  1. Sekutu umum dan sekutu komanditer

Mitra umum adalah mereka yang sehari-hari berhubungan langsung dengan pengelolaan usaha. Setiap individu dalam persekutuan ini juga bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi pada usaha, termasuk hutang dan kegiatan usaha.

Sebaliknya, rekanan komanditer tidak diwajibkan untuk mengikuti dan mengelola kegiatan operasional dalam bisnis. Mereka hanya melakukan investasi dan mengharapkan pengembalian yang sepadan sesuai dengan jumlah investasi. Sudah paham mengenai apa itu partnership?

Bagaimana Cara Kerja Kemitraan?

Kemitraan bekerja secara berbeda di setiap jenis. Kemitraan umum menyamakan semua pihak yang berkepentingan dengan tanggung jawab yang sama.

Sedangkan jenis lainnya melepaskan pihak tertentu dari tanggung jawab namun tetap mendapatkan hak yang seharusnya. Begitulah umumnya bekerja.

Namun, Anda harus mengikuti beberapa langkah untuk memulai. Perjanjian kerjasama memerlukan persetujuan dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyepakati dan membicarakan banyak hal. Ada beberapa jenis kerjasama yang dapat membantu menentukan.

Anda perlu membawa bisnis ke dalam kerja sama. Apakah perjanjian tersebut akan melibatkan bisnis yang sudah ada yang memiliki mitra, atau akankah kemitraan yang lebih baik melibatkan bisnis baru?

Selanjutnya, Anda perlu membuat perjanjian tertulis. Kontrak atau nota kesepahaman (moa). Istilah ini cukup umum dalam menjalin kerjasama. Dalam nota kesepahaman, kedua belah pihak atau semua mitra yang bersangkutan menuliskan syarat-syarat yang telah disepakati.

Itu bertujuan untuk melegalkan semua hak dan tanggung jawab secara tertulis. Jika salah satu pihak melanggar, semua dapat dimintai pertanggungjawaban secara hukum dan adil.

Apabila nota kesepahaman telah ditandatangani oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam perjanjian, maka kerjasama dapat dilakukan. Mitra dalam perjanjian dapat memulai tanggung jawab masing-masing. Sudah mengerti kan mengenai apa itu partnership?

Setelah memahami tentang apa itu partnership ada baiknya jika Anda juga mengetahui tentang basic press release yang memiliki hubungan dengan hubungan publik atau mengunjungi artikel tentang contoh press release.

Mitra Dari Berbagai Tingkatan

Tingkatan dalam mitra jenis ini adalah strata, yaitu ada mitra yunior dan mitra senior. Mitra senior tentunya memiliki kewajiban yang berbeda dengan mitra junior. Kewajiban dan hak akan berbeda bagi setiap sekutu yang bersangkutan. Misalnya ada investasi,mitra senior berinvestasi lebih banyak daripada mitra junior tentunya mendapatkan keuntungan dan hak lebih dari mitra.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu partnership, semoga memberikan banyak manfaat.

Baca juga: Syarat Rental Mobil Lepas Kunci Dan Cara Sewa Yang Baik 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *