Bentuk Publisitas Untuk Menginformasikan Produk 

Bentuk Publisitas Untuk Menginformasikan Produk 

Ada empat jenis iklan, yaitu iklan murni, iklan gratis, iklan tertaut, dan iklan berbayar. Iklan sering digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan tentang produk, merek, atau layanan yang mereka tawarkan. Hampir seperti iklan, iklan juga menggunakan media massa sebagai media untuk menyampaikan pesannya.

Dikutip dari buku Strategic Marketing: Perspektif Perilaku Konsumen dan Rencana Pemasaran (2015) oleh Ujang Sumarwan, dkk, peran publisitas adalah suatu bentuk penyajian dan penyebaran ide, barang dan jasa, dimana bisnis atau organisasi mendapatkan keuntungan karena tidak harus membayar mereka. Berikut adalah empat bentuk publisitas untuk menginformasikan produk:

Pure publicity (publisitas murni) 

Bentuk Publisitas Untuk Menginformasikan Produk 

Menurut Alo Liliweri dalam buku Versatile Versatile Communication (2011), publisitas murni adalah cara mempublikasikan sesuatu kepada publik kegiatan kemanusiaan sebagai wujud murni dari interaksi sosial dan budaya contohnya publisitas pariwisata. Bentuk publisitas ini didasarkan pada motivasi manusia bahwa interaksi sosial bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dasar fisik, kebutuhan psikologis, dan kebutuhan sosiologis.

Free publicity (publisitas bebas) 

Bentuk Publisitas Untuk Menginformasikan Produk 

Free publicity juga dapat diakses sebagai bentuk iklan tanpa pembayaran. Karena saat ini banyak media massa yang menawarkan ruang dan waktu bagi mereka yang berkepentingan untuk mempublikasikan berbagai hal.  

Tie-in publicity 

Periklanan dilakukan dengan cara menginformasikan atau mempublikasikan produk melalui media massa, seperti surat kabar, televisi dan radio, yang sudah dikenal masyarakat atau link. Seiring berjalannya waktu, masyarakat akan mencari informasi tentang produk tersebut dan berusaha mencarinya. Dalam melakukan linked advertising diperlukan kerjasama baik perusahaan maupun media atau antamedia. Selain itu, iklan terkait juga dapat dilakukan dengan menggunakan berita luar biasa atau kejadian yang sangat luar biasa sebagai bentuk promosi diri. Biasanya hal ini dilakukan oleh para politisi (tokoh politik).

Paid publicity 

Bentuk Publisitas Untuk Menginformasikan Produk 

Iklan berbayar dilakukan melalui pembelian program atau fitur yang dijual oleh media massa. Misalnya, pemasangan infomercial, iklan, kolom iklan atau blok waktu di media massa contohnya contoh press release. Bentuk publisitas ini bisa melalui iklan atau dengan membayar media untuk menulis artikel atau tajuk rencana untuk mempresentasikan produk atau jasa.

Baca juga: Cara Jualan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 9 =