Berikut Cara Menambah Daya Ingat dari Pandangan Psikologi dan Islam!

Apakah daya ingat pembaca merasa terganggu seiring bertambahnya usia? Atau ingin tahu bagaimana cara menambah daya ingat pada anak? Jangan khawatir, karena sesungguhnya peningkatan terhadap daya ingat seseorang dapat diupayakan melalui beberapa cara. Simak penjelasan mengenai beberapa cara untuk menambah daya ingat dari beberapa pandangan berikut ini!

Cara Menambah Daya Ingat Menurut Pandangan Psikologi

Daya ingat ini tentu berhubungan dengan kemampuan otak setiap orang. Seperti yang diketahui bahwa aktivitas dan beban kehidupan setiap orang tidaklah sama yang kemungkinan besar nantinya akan terbawa ke alam bawah sadar. Dengan begitu, akan dapat mengurangi kinerja otak dalam hal ingatan. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara untuk menambah daya ingat menurut psikologi kesehatan yakni:

1. Menjaga Kualitas Tidur dengan Baik

Otak menjadi pusat dari setiap pergerakan dan aktivitas manusia. Seperti pada fisik, jika terlalu berat bekerja akan menyebabkan fisik menjadi lelah, begitu pula dengan kondisi otak manusia. Ketika manusia telah mempekerjakan otaknya sangat keras dengan dibebani banyak tugas dan pikiran, akan menyebabkan otak kelelahan.

Oleh karena itu, kualitas tidur yang baik perlu dimiliki dan diterapkan oleh setiap orang yang bekerja keras dalam hal fisik maupun jiwa (otak). Dengan begitu, kinerja otak akan bisa optimal saat bangun dengan kondisi yang segar. Kualitas tidur yang baik bukan harus berdurasi lama, hanya saja benar-benar rileks dan tenang saat akan tidur dan selama tidur.

2. Olahraga dengan Teratur

Olahraga selain membantu dan menjaga kesehatan raga juga dapat menjaga kesehatan jiwa. Banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa dengan olahraga seluruh stress dan beban pikiran akan dapat tersalurkan. Sehingga, hal ini akan membuat kinerja otak menjadi lebih optimal karena beban pikiran sedikit berkurang.

3. Hindari Mengerjakan Beberapa Pekerjaan Secara Bersamaan

Bagi beberapa orang yang memiliki jadwal yang padat, terkadang akan melakukan beberapa pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan. Hal ini sering terjadi dan dilakukan oleh perempuan. Karena perempuan selalu menginginkan pencapaian yang sama yang didapatkan oleh kaum laki-laki. Secara tidak langsung, telah membuat sebagian perempuan terpaksa melakukan multitasking terhadap pekerjaan.

Mungkin bagian sebagian perempuan merasa, dengan pekerjaan multitasking merasa bahwa dirinya lebih hebat karena bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan cepat. Namun, hasil kinerja dari tindakan multitasking ini terkadang kurang maksimal. Selain itu, dapat menyebabkan kinerja otak menjadi semakin berat yang dikhawatirkan dapat menurunkan daya kinerja dari otak tersebut.

4. Jaga Pola dan Asupan Makan

Untuk mendapatkan daya ingat yang optimal, pastikan asupan dan pola makan yang dilakukan telah baik untuk menutrisi otak. Konsumsi berbagai serat, protein dan vitamin setiap harinya. Selain itu, dapat diimbangi dengan lauk pauk yang banyak mengandung Omega 3 yang dikenal baik untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat.

Cara Menambah Daya Ingat Menurut Pandangan Islam

Untuk ikhtiar menambah daya ingat ini, selain mencoba dari pandangan bidang kesehatan juga dapat mencoba usaha dari sudut pandang islam. Karena selain usaha dari luar yang melibatkan pertolongan manusia juga diperlukan usaha dari dalam dengan melibatkan Allah SWT. Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat menurut pandangan islam, di antaranya:

1. Banyak Mengkonsumsi Madu, Kismis, dan Kurma

Banyak para ahli ilmuwan yang telah meneliti bahwa madu, kurma, serta kismis telah terbukti meningkatkan daya ingat pada manusia secara alami. Hal ini dikarenakan banyak kandungan protein yang baik di dalamnya. Selain itu, terdapat pendapat dari beberapa ulama yang menyatakan bahwa kismis, kurma dan madu benar-benar akan dapat meningkatkan daya ingat manusia.

2. Berserah Diri Kepada Allah SWT

Dalam menghadapi segala pahit manisnya kehidupan, bagi orang muslim selalu berdoa untuk diberikan petunjuk dan jalan yang terbaik. Setelah melakukan segala usaha dan berdoa, tugas manusia selanjutnya yakni menyerahkan segalanya kepada-Nya. Biarkan Allah SWT mengatur bagaimana hasil yang akan ditetapkan. Karena sesungguhnya takdir darinya adalah yang terbaik untuk setiap manusia.

3. Pakailah Miswak

Miswak sering digunakan Nabi Muhammad SAW untuk bersikat gigi. Dari pendapat para ilmuwan telah menyatakan bahwa siwak atau miswak ini mengandung 19 zat alami yang baik untuk kesehatan gigi. Selain itu, pada kitab Thibbun Nabawi telah tertulis beberapa manfaat dari siwak ini yaitu dapat menguatkan daya ingat.  

Itulah beberapa pandangan dalam usaha atau cara menambah daya ingat berdasarkan pandangan kesehatan dan islam. Dengan memiliki daya ingat yang tinggi akan memberikan kemudahan bagi setiap manusia untuk menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawabnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.