Sudah Musim Hujan, Ini Cara Kurangi Resiko Baju Apek Karena Tidak Kering Maksimal

Perkara cuci-mencuci baju menjadi menyebalkan ketika memasuki musim hujan. Matahari tidak bersinar seterik biasanya serta curah hujan tinggi bisa menyebabkan cucian beresiko tidak kering sempurna. Akibatnya, baju akan menjadi lembap dan berbau apek. Tidak perlu stres, berikut ini kumpulan tips jitu cara kurangi resiko baju apek karena tidak kering maksimal:

1. Pastikan Baju Dicuci dengan Benar

Hal terpenting saat mencuci baju pada musim hujan adalah cara pencucian yang benar. Pastikan dengan teliti baju yang dicuci sudah bersih dan tidak ada kotoran tersisa. Bila perlu, pisahkan pakaian berdasarkan jenis, warna, atau tingkat kekotoran. Dengan cara ini, kemungkinan baju yang lebih bersih terkena tambahan kotoran juga bisa dihindari.

Selain itu, perhatikan pula saat membilas cucian. Pastikan tidak ada sisa sabun atau deterjen yang menempel pada baju. Lakukan pembilasan beberapa kali, sampai sisa air bilas benar-benar tidak terdapat gelembung sabun. Sisa deterjen yang menempel pada baju bisa menyebabkan baju menjadi apek dan berbau tidak sedap.

2. Gunakan Deterjen Khusus dan Tambahkan Pewangi Pakaian

Selain cara mencuci yang benar, pemilihan deterjen yang tepat juga bisa menjadi cara kurangi resiko baju apek. Pilihlah deterjen dengan ekstrak lemon. Menurut beberapa sumber, lemon berfungsi untuk mengurasi bau apek dan tidak sedap pada kain atau pakaian. Aroma lemon yang segar juga bisa bertahan lebih lama dari pada wewangian bunga.

Jika tidak ada deterjen lemon, bisa pula diganti dengan penambahan pewangi pakaian. Pilih pewangi pakaian yang mengandung anti bakteri. Fungsinya selain untuk menambah aroma, juga bisa mencegah timbulnya bakteri penyebab bau apek yang menjadi ciri khas baju tidak kering sempurna.

3. Jemur Pakaian di Luar Ruangan Menggunakan Hanger

Meskipun cuaca sedang tidak cerah alias mendung, pakaian yang telah dicuci harus tetap dijemur. Menjemur pakaian di luar ruangan selain untuk mengeringkan, juga berfungsi untuk mencegah baju dalam kondisi lembab lebih lama. Pastikan untuk menggantung baju menggunakan hanger, jangan melipat baju pada tempat jemuran karena proses pengeringannya akan lebih lama.

Jika kondisi sedang gerimis, cucian bisa digantung pada teras rumah. Angin-anginkan baju untuk mengurangi kelembapan. Atur jarak antar baju agar tidak saling menempel satu-sama lain. Baju yang bertumpuk atau menempel akan menyulitkan proses pengeringan, akibatnya baju akan lembap dan berbau tidak sedap.

4. Jemur Pakaian di Dalam Ruangan Jika Hujan Lebat

Meskipun menjemur cucian di luar ruangan sangat disarankan, namun bila hujan terlalu lebat bisa diakali dengan menjemur pakaian di dalam ruangan. Tentukan ruangan yang tepat untuk menghindari tetesan air sisa pada baju mengotori lantai. Gunakan kipas angin untuk membantu mempercepat proses pengeringan.

Selain kipas angin, bisa pula dengan menghidupkan lampu dan memaksimalkan pencahayaan. Pengaturan posisi baju yang digantung juga mempengaruhi proses pengeringan. Atur pakaian menurut ketebalan bahan. Pisahkan lokasi pakaian berbahan tipis dengan tebal untuk mempercepat proses pengeringan.

5. Gunakan Mesin Pengering dan Setrika untuk Kondisi Darurat

Cara kurangi resiko baju apek yang terakhir bisa diterapkan bila sangat dibutuhkan atau dalam kondisi darurat. Saat ini mesin cuci sudah banyak yang dilengkapi dengan sistem pengering. Tapi perlu diingat, penggunaan mesin pengering terlalu sering dan dengan beban berlebih dapat menurunkan kinerjanya. Sebaiknya keringkan baju yang memang dibutuhkan.

Selain itu, bisa juga diakali dengan menyetrika pakaian yang setengah kering. Tambahkan pewangi dengan kandungan anti bakteri untuk menghilangkan kelembapan dan kuman penyebab bau apek. Setrika baju dengan hati-hati agar tidak menimbulkan bekas atau gosong.

Dengan mengaplikasikan tips jitu cara kurangi resiko baju apek di atas, tidak perlu khawatir lagi stok baju bersih menipis. Cara tersebut juga bisa melindungi baju dari kerusakan yang ditimbulkan oleh jamur yang bisa merusak serat kain. Kini, meski musim hujan bisa tetap berpakaian bersih, wangi dan bebas dari bau apek.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cardigan Sesuai dengan Warna Kulit dan Bentuk Tubuh

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.