cara memasang iklan google adsense di blog

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog Lengkap

Bagaimana cara memasang iklan google adsense di blog?. Meskipun blogging bukanlah hal baru di era teknologi 4.0 ini, namun masih banyak generasi milenial yang belum mengenal dengan baik tentang google adsense dan cara memanfaatkannya menjadi salah satu sumber pundi uang potensial.

Jika anda adalah salah satu diantara generasi milenial yang belum memahami tentang cara memasang iklan google adsense di blog ini. Pada ulasan kali ini, kami telah menyediakan pembahasan singkat yang dapat memberikan anda pencerahan mengenai program google ini. Penasaran?

Langsung saja simak ulasan lengkapnya yang telah kami rangkum di bawah ini.

Apa Itu Google Adsense?

cara memasang iklan google adsense di blog

Sebelum lanjut membahas mengenai cara memasang iklan google adsense di blog, kami akan terlebih dahulu memperjelas terlebih dahulu pemahaman tentang Google Adsense ini.

Google adsense adalah sebuah produk layanan iklan dari Google yang memungkinkan pemilik situs atau blog untuk menampilkan iklan yang relevan di situsnya.

Untuk iklan yang terpasang di situs anda, anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar. Bahkan sejumlah situs menyebutkan bahwa Google Adsense termasuk salah satu yang memberikan komisi iklan yang besar. Singkatnya, di program google adsense ini, anda akan dapat menjadi publisher dan menjadikan blog anda sebagai media iklan.

Saat ini sendiri, menjadi blogger atau publisher Google sendiri adalah salah satu jenis peluang kerja online untuk pelajar dan mereka yang mencari penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama mereka.

Namun untuk dapat menjadi publisher Google dan menjadikan situs anda sebagai media iklan, anda harus terlebih dahulu mendaftarkan situs anda di program adsense. Jika situs anda memenuhi persyaratan yang diberlakukan, maka anda akan dapat mengikuti program iklan ini dan mulai menjadikan situs anda media pemasaran.

Syarat Agar Blog Dapat Diterima Adsense?

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Untuk dapat menjadi publisher Google, situs anda harus memenuhi standar atau persyaratan yang ditetapkan oleh Google Adsense. Namun apa saja syarat tersebut?

Melalui sesi ngobrol kami dengan Endar Julian, seorang blogger dan senior content writer di Garuda Website, terdapat beberapa syarat umum yang sebaiknya dipenuhi sebelum mendaftar ke program google adsense. Adapun beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Usia blog minimal 3 hingga 6 bulanan.
  • Memilih niche blog yang sesuai dengan program iklan Google.
  • Telah memiliki minimal 30 konten artikel.
  • Menyediakan artikel berkualitas, orisinil dan bermanfaat untuk pembaca.
  • Tidak menyediakan konten yang membahas hal terlarang, seperti pornografi, perjudian SARA dan hal illegal lainnya.
  • Melengkapi informasi blog, meliputi about us, kontak, privacy policy, TOS dan lainnya.
  • Menggunakan tema blog yang mobile friendly.

Cara Daftar Google Adsense

Untuk pendaftaran Google Adsense sendiri, proses yang dibutuhkan terbilang cukup sederhana. Anda dapat langsung melakukan pendaftaran di situs resmi Google Adsense atau dengan langsung mengklik link yang kami lampirkan.

Saat mendaftarkan situs anda, anda akan diberikan kode adsense yang harus anda pasang di template/tema blog anda (di dalam header sebelum body).Kode ini akan menjadi sarana bagi Google untuk meninjau situs anda.

Setelah melakukan pendaftaran, Google akan langsung meninjau situs yang anda ajukan. Umumnya, proses ini memakan waktu 1 hingga 2 minggu (maksimal). Namun terdapat juga banyak kasus, dimana pengajuan adsense disetujui dalam kurun waktu 3 hari.

Panduan Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog

Lanjut ke pembahasan utama mengenai cara memasang iklan google adsense di blog. Jika situs anda telah di approve oleh Google sebagai media iklan, anda dapat mulai memasang iklan di situs anda. Setiap platform memiliki metode pemasangan yang berbeda beda beda.

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogger

Blogger adalah platform blog yang langsung berafiliasi dengan Google Adsense. Oleh karena itu, cara memasang iklan google adsense di blog blogger atau blogspot sendiri terbilang cukup sederhana. Untuk memasang iklan google adsense di blogger, anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

  •  Masuk ke blogger anda.
  • Klik opsi Penghasilan.
  • Pada bagian setelan iklan adsense > tampilkan iklan di blog, pilih ya.
  • Selanjutnya, simpan perubahan.
  • Setelahnya, pergi ke opsi pengaturan tata letak (layout).
  • Selanjutnya, klik tambahkan gadget pada bagian sidebar atau lokasi yang diinginkan.
  •  Tambahkan gadget adsense.
  • Selanjutnya, masuk ke akun adsense anda dan kemudian copy kode iklan adsense yang ingin ditampilkan.
  •  Kembali ke bagian layout (tata letak), tambahkan gadget “HTML/JAVA Script”.
  • Pastekan kode iklan adsense anda pada kolom konten yang tersedia.
  • Klik simpan.
  • Iklan adsense anda pun telah terpasang.

Cara Memasang Iklan Google Adsense di WordPress

Untuk memasang iklan adsense di wordpress, anda dapat memanfaatkan sejumlah plugin iklan ternama yang tersedia. Dalam hal ini, salah satu yang cukup sering digunakan adalah ad Inserter dan Google Site Kit.

Ad Inserter

Plugin ini memungkinkan anda untuk memasang iklan secara instant di sejumlah bagian blog anda. Selain cocok untuk digunakan untuk program iklan adsense, plugin ini juga dapat digunakan untuk memasang iklan afiliasi dari Amazon.

Penggunaan plugin ini sendiri cukup sederhana, dimana anda hanya perlu membuka plugin dan memasukkan kode iklan di kolom yang tersedia dan menentukan lokasi iklan akan ditampilkan.

Google Site Kit

Google Sit Kit juga adalah plugin yang sering digunakan oleh para blogger untuk memasang iklan adsense di wordpress nya. Plugin ini sendiri termasuk produk yang dikembangkan dan dirilis oleh Google. Google site kit tidak hanya dapat mempermudah penggunanya untuk mendaftar dan memasang iklan adsense, namun juga menyediakan adsenses instan ke pengaturan iklan dan penyesuaian layout mobile.

Itulah sedikit ulasan singkat dari kami mengenai cara memasang iklan google adsense di blog. Diharapkan ulasan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk anda yang tertarik untuk menjadi publisher Google. Terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 3 =