cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula

Tutorial Cara Menggunakan Shopee Affiliate Bagi Pemula

Meskipun shopee affiliate bukan merupakan program affiliate baru, namun hingga hari ini masih ada banyak orang yang belum mengetahui tentang cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula.

Padahal melalui program affiliate yang diselenggarakan perdana oleh Shopee di tahun 2018 ini, anda dapat menghasilkan passive income yang cukup menggiurkan dengan effort yang terlalu besar.

Jika anda adalah salah satu orang yang belum mengetahui tentang cara menggunakan shopee affiliate ini. Pada artikel kali ini, kami telah merangkumkan tutorial lengkap cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula yang dapat anda jadikan panduan. Penasaran?

Langsung saja, scroll dan baca panduannya di bawah ini. 

Mengenal Apa Itu Shopee Affiliate

Shopee Affiliate adalah program kerjasama antara Shopee dan para publisher online, seperti blogger, youtuber, influencer, atau siapa saja yang memiliki audiens di media sosial. Dengan bergabung dalam program ini, anda dapat mendapatkan akses ke ribuan produk yang dijual di Shopee, mulai dari fashion, elektronik, kecantikan, hingga produk lokal. 

Anda dapat memilih produk-produk yang sesuai dengan niche atau minat anda, lalu membuat konten yang menarik dan informatif untuk merekomendasikannya kepada audiens anda. Setiap kali ada yang mengklik link afiliasi anda dan melakukan pembelian di Shopee dalam waktu 7 hari, anda akan mendapatkan komisi sebesar 1% hingga 10% dari nilai transaksi.

Bagaimana Cara Bergabung dengan Shopee Affiliate?

cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula

Bagian pertama dari panduan cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula yang kami susun adalah terkait dengan cara bergabung di program affiliate ini. Untuk bergabung dengan Shopee Affiliate, anda harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Jika belum punya, anda dapat mendaftar di situs web atau aplikasi Shopee secara gratis. 

Setelah itu, anda dapat mengunjungi halaman Shopee Affiliate dan klik tombol “Daftar Sekarang”. anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan data diri dan informasi media sosial anda. 

Pastikan anda mengisi data dengan benar dan lengkap, karena tim Shopee akan melakukan verifikasi terhadap akun anda. Jika akun anda lolos verifikasi, anda akan mendapatkan email konfirmasi dan dapat mulai menggunakan dashboard Shopee Affiliate.

Persyaratan Daftar Shopee Affiliate

Sebelum anda mendaftar sebagai Shopee Affiliate, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. Berikut adalah persyaratan daftar Shopee Affiliate yang perlu anda ketahui:

  • Anda harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki KTP yang masih berlaku.
  • Anda harus memiliki media sosial yang aktif dan memiliki minimal 500 followers atau subscribers. Media sosial yang dapat anda gunakan adalah Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, Blog, atau Podcast.
  • Anda harus membuat konten yang relevan dengan produk atau kategori yang ada di Shopee. Konten anda harus informatif, menarik, dan sesuai dengan aturan dan kebijakan Shopee.
  • Anda harus bersedia untuk mempromosikan produk Shopee secara konsisten dan profesional. Anda juga harus menyertakan link afiliasi atau kode voucher yang diberikan oleh Shopee di setiap konten anda.
  • Anda harus bersedia untuk melaporkan hasil promosi anda secara berkala kepada tim Shopee. Anda juga harus mengikuti arahan dan saran dari tim Shopee untuk meningkatkan kinerja afiliasi anda.

Jika anda memenuhi persyaratan di atas, maka anda dapat mendaftar sebagai Shopee Affiliate dan mendapatkan berbagai keuntungan. Anda dapat menghasilkan komisi dari setiap transaksi yang berhasil melalui link afiliasi atau kode voucher anda. Anda juga dapat mendapatkan akses ke produk eksklusif, promo spesial, dan dukungan dari tim Shopee.

Panduan Cara Menggunakan Shopee Affiliate Bagi Pemula

Masuk ke bagian inti dari panduan cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula ini, yaitu mengenai cara menggunakan shopee affiliate. Setelah menjadi anggota Shopee Affiliate, anda dapat mulai membuat konten promosi untuk produk-produk Shopee. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke dashboard Shopee Affiliate dan pilih menu “Campaigns”. Di sini anda dapat melihat berbagai kampanye atau promo yang sedang berlangsung di Shopee, seperti flash sale, diskon spesial, cashback, dll. anda dapat memilih kampanye yang sesuai dengan niche atau target audiens anda.
  2. Pilih produk-produk yang ingin anda promosikan dari kampanye yang dipilih. anda dapat mencari produk berdasarkan kategori, harga, rating, atau kata kunci. anda juga dapat melihat detail produk seperti deskripsi, spesifikasi, ulasan, dll.
  3. Setelah menemukan produk yang cocok, klik tombol “Get Link” di samping produk tersebut. anda akan mendapatkan link afiliasi yang unik dan sudah terintegrasi dengan kode tracking anda. Salin link tersebut dan tempelkan di konten anda. Pastikan link tersebut tidak diubah atau dimodifikasi agar komisi anda tidak hilang.
  4. Buat konten yang menarik dan informatif untuk merekomendasikan produk-produk tersebut kepada audiens anda. anda dapat membuat blog post, video review, postingan media sosial, dll. Sesuaikan gaya bahasa dan format konten dengan karakteristik audiens anda. Jangan lupa untuk menyertakan link afiliasi anda di dalam konten. Dalam hal ini, anda juga dapat membuat nama toko aesthetic di media sosial anda untuk memikat audiens dan kemudian mengarahkan mereka ke link afiliasi anda, seakan itu merupakan toko online anda.
  5. Sebarkan konten anda ke berbagai platform online yang dimiliki atau dikunjungi oleh audiens anda. anda dapat menggunakan email marketing, SEO, social media marketing, influencer marketing, dll. Semakin banyak orang yang melihat dan mengklik link afiliasi anda, semakin besar potensi penghasilan anda.

Cara Melihat Hasil dan Mendapatkan Pembayaran dari Shopee Affiliate

Sebagian bagian penutup dari cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula ini, kami juga akan memberikan tutorial mengenai cara menarik pembayaran dari program afiliasi shopee ini. 

Untuk melihat hasil dari aktivitas afiliasi anda, anda dapat login ke dashboard Shopee Affiliate dan pilih menu “Reports”. Di sana, anda akan melihat berbagai data yang berkaitan dengan kinerja afiliasi anda, seperti jumlah klik, konversi, komisi, dan lain-lain. Anda juga dapat memfilter data berdasarkan periode waktu, produk, atau kategori.

Untuk mendapatkan pembayaran dari Shopee Affiliate, anda harus mencapai minimum payout yang ditentukan oleh Shopee. Minimum payout adalah jumlah minimum komisi yang harus anda kumpulkan sebelum anda dapat mencairkan uang anda. Minimum payout untuk Shopee Affiliate adalah Rp 100.000.

Jika anda sudah mencapai minimum payout, anda dapat mengajukan permintaan pencairan uang melalui dashboard Shopee Affiliate. Anda harus mengisi data rekening bank anda dengan benar dan lengkap. Setelah itu, anda akan menerima email konfirmasi dari Shopee Affiliate.

Proses pencairan uang biasanya memakan waktu sekitar 30 hari kerja sejak permintaan anda disetujui. Anda akan menerima notifikasi melalui email dan dashboard Shopee Affiliate ketika uang anda sudah ditransfer ke rekening bank anda.

Penutup

Itulah panduan lengkap cara menggunakan shopee affiliate bagi pemula yang telah kami rangkum untuk anda. Shopee Affiliate sendiri memang tidak dapat dipungkiri sebagai salah satu program affiliate gurih untuk menghasilkan passive income besar, bahkan program ini telah menjadi salah satu pilihan kerja online untuk pelajar dan mereka yang mencari tambahan penghasilan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + 4 =