Cara Menjadi Kontributor iStockPhoto

Cara Menjadi Kontributor iStockPhoto dan Menghasilkan Uang dari Fotografi!

Bagaimana sih cara menjadi kontributor iStockPhoto dan menghasilkan uang dari situs ini? Tenang. Saya akan membagikan informasi penting buat kamu yang hobi fotografi, video, membuat ilustrasi dan ingin cari uang tambahan melalui situs iStock. Jadi, baca artikel ini sampai habis ya. Biar jelas, dan bisa kamu praktekkan nantinya. Yuk, simak ulasan berikut sampai habis!

Apa itu iStockPhoto?

Cara Menjadi Kontributor iStockPhoto

Sebelum kita membahas cara menjadi kontributor iStockPhoto, kita akan membahas dulu tentang apa itu iStockPhoto. iStockPhoto adalah sebuah platform atau website jual design yang menyediakan koleksi gambar, foto, ilustrasi, video, dan audio berkualitas tinggi untuk keperluan kreatif. Situs ini menyediakan berbagai jenis konten visual yang dapat digunakan oleh para profesional kreatif, seperti desainer grafis, editor, pemasar, dan pemilik bisnis.

iStockPhoto menawarkan berbagai pilihan lisensi untuk penggunaannya, termasuk lisensi royalty-free yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan konten tersebut dengan membayar satu kali saja tanpa batasan waktu atau jumlah penggunaan. Pengguna juga dapat membeli konten dengan lisensi eksklusif yang memberikan hak penggunaan eksklusif kepada mereka.

Bagaimana Cara Menjadi Kontributor iStockPhoto?

Cara menjadi kontributor iStockPhoto cukup mudah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut jika ingin menjadi kontributor di situs web iStockPhoto: 

  1. Registrasi Akun: Kunjungi situs web iStockPhoto dan buat akun kontributor baru. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, termasuk data diri dan informasi pembayaran.
  2. Persyaratan dan Ketentuan: Teliti dan pahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk menjadi kontributor iStockPhoto. Pastikan kamu memenuhi persyaratan seperti usia minimal, hak cipta, dan persyaratan teknis untuk konten yang diunggah.
  3. Portofolio dan Contoh Kerja: Siapkan portofolio dan contoh kerja yang menunjukkan kualitas dan keahlian kamu dalam fotografi atau ilustrasi. Pastikan gambar-gambar atau karya kamu tersebut sesuai dengan standar iStockPhoto.
  4. Unggah Konten: Setelah akun kamu diverifikasi, kamu dapat mulai mengunggah konten kamu ke platform iStockPhoto. Pastikan konten kamu memenuhi kriteria kualitas dan tema yang dibutuhkan oleh pengguna iStockPhoto ya.
  5. Kategori dan Metadata: Saat mengunggah konten, pilih kategori yang paling sesuai dengan gambar atau karya kamu. Tambahkan metadata yang relevan, seperti judul, deskripsi, dan kata kunci, agar konten kamu nanti mudah ditemukan oleh pengguna.
  6. Verifikasi dan Persetujuan: Setelah mengunggah konten, tim iStockPhoto akan melakukan verifikasi dan penilaian terhadap kualitas dan kesesuaian konten kamu. Jika konten kamu memenuhi persyaratan, itu akan disetujui dan tersedia untuk dijual.

Jadi, seperti itulah cara menjadi kontributor iStockPhoto. Mudah, bukan? Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari situs iStock ini.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di iStockPhoto?

Sekarang kamu sudah tahu cara menjadi kontributor iStockPhoto. Pertanyaan menarik selanjutnya adalah bagaimana cara menghasilkan uang dari situs web ini. Dan inilah salah satu pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan netizen di internet. Jika kamu seorang pelajar dan sudah tahu cara menghasilkan income dari iStockPhoto, ini akan menjadi peluang kerja online untuk pelajar yang cukup menjanjikan.

Jadi, secara sederhana cara kerja di iStockPhoto itu seperti ini. Sebagai kontributor di iStockPhoto, kamu harus membuat foto, video, atau ilustrasi. Lalu, foto, video, atau ilustrasi buatanmu tadi kamu unggah di situs iStockPhoto. Jika ada orang yang membeli konten kamu tersebut, maka kamu akan dapat duit dari sana. Sesederhana itu, kok.

Intinya, kamu dibayar jika konten kamu tadi ada yang membelinya. Dan, status si pembeli tadi adalah membeli lisensi agar bisa menggunakan konten kamu untuk keperluan komersial mereka. Jika mereka sudah membeli lisensinya, maka mereka berhak untuk menggunakan konten tersebut untuk tampil di berbagai platform seperti di TV, film, buku, situs web, papan reklame, media sosial, dan dimana saja.

Konten Seperti Apa yang Bisa Dijual di iStockPhoto?

Cara Menjadi Kontributor iStockPhoto

Jika kamu benar-benar pengen dapat duit tambahan dari menjadi kontributor di iStockPhoto, kamu harus mengetahui konten-konten seperti apa yang bisa kamu jual di situs web ini.

Berdasarkan informasi dari situs iStockPhoto langsung, ada 8 jenis tema konten yang bisa kamu upload dan jual. 

  1. Konten bertema keberagaman – Di sini kamu bisa menjual foto-foto tentang multikultural, keluarga bahagia, foto kebersamaan orang-orang beda suku dan agama, dll.
  2. Konten bertema vektor – Sesuai dengan namanya. Jika kamu seorang desainer grafis, kamu bisa menjual gambar vektor berbagai tema. Bisa vektor hewan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.
  3. Konten bertema kesehatan – Foto-foto sedang jalan santai, mengenakan masker, meditasi, dan yang berkaitan dengan kesehatan lainnya bisa kamu jual di sini.
  4. Konten bertema bepergian – Ya, tentu saja foto-foto dengan latar belakang tempat-tempat menarik saat bepergian bisa kamu jual di sini.
  5. Konten bertema sedang bekerja – Foto-foto bertema sedang bekerja bisa kamu jual di sini. Upload foto suasana bekerja yang menarik dan aktif. Foto seperti ini akan banyak peminatnya sebagai ilustrasi sebuah tulisan.
  6. Konten bertema keluarga – Jelas ini mudah sekali membuatnya. Kamu bisa mengupload foto-foto ketika kumpul bersama keluarga, momen menarik saat bersama keluarga, dan sebagainya.
  7. Konten berbentuk video – Selain foto dan gambar ilustrasi, kamu juga bisa menjual video ilustrasi dalam berbagai tema.
  8. Konten bertema olahraga dan kebugaran – Tentu saja foto bertema olahraga dan kebugaran ini sangat mudah untuk diproduksi. Jadi, kamu bisa jual sebanyak mungkin foto-foto bertema olahraga dan kebugaran ini.

Siap Jadi Kontributor iStockPhoto?

Nah, itu dia informasi tentang cara menjadi kontributor iStockPhoto dan menghasilkan uang dari website tersebut. Menjadi kontributor iStockPhoto memungkinkan kamu untuk menghasilkan pendapatan dari karya seni visual seperti foto, video, dan gambar ilustrasi.

Jadi, pastikan kamu terus meng-upgrade skill dan pengetahuanmu dalam bidang fotografi, video, atau ilustrasi untuk menghasilkan konten berkualitas yang diminati oleh pengguna iStockPhoto, ya. Jika kamu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, maka website jual desain ini bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan buat kamu. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 16 =