Cara Menjadi Voice Over

Cara Menjadi Voice Over dari Nol dan Prospek Kerja

Di era digital yang luas, banyak orang yang mulai tertarik untuk mempelajari cara menjadi Voice Over. Pasalnya, bidang ini membutuhkan keterampilan yang tepat dan pendekatan yang unik. Berbicara dengan suara yang jelas dan lugas saja tidak cukup, Anda harus mampu membangun karakter suara yang memikat audiens Anda.

Melalui artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk menjadi seorang Voice Over yang sukses, dengan pendekatan yang unik dan menarik perhatian. Dengan memperhatikan hal-hal yang tersebut, Anda dapat membangun karir yang sukses dalam industri pengisi suara ini. 

Apa Itu Voice Over?

Sebelum membahas cara menjadi Voice Over, kami akan memulai artikel ini dengan membahas informasi yang paling dasar terlebih dahulu. Untuk Anda ketahui, Voice Over adalah teknik pengambilan suara yang digunakan dalam produksi media, seperti film, televisi, radio, iklan, dan video game. 

Bidang ini melibatkan penggunaan suara narator atau aktor suara untuk memberikan komentar, menjelaskan, atau mengisi suara untuk karakter di dalam produksi tersebut. 

Teknik tersebut memungkinkan informasi atau pesan yang disampaikan secara lisan untuk diatur secara terpisah dari adegan visual atau konten media lainnya. Sehingga memungkinkan narator atau aktor suara untuk memberikan penjelasan melalui konteks yang lebih mendalam dan membantu meningkatkan pengalaman audiens. 

Voice Over biasanya direkam di studio dan kemudian disinkronkan dengan adegan visual atau konten media yang relevan.

Cara Menjadi Voice Over dari Nol

Cara Menjadi Voice Over

Untuk Anda yang tertarik dengan bidang kreatif, pastinya akan penasaran dengan cara menjadi Voice Over yang sukses. Akan tetapi, tidak akan ada hasil yang sempurna jika menginginkan semuanya secara instan. Oleh karena itu, Anda harus bersabar dalam meningkatkan kemampuan pengisi suara ini dengan menerapkan beberapa cara, yakni:

1. Pahami Industri Voice Over

Pertama, Anda harus memahami industri Voice Over dan jenis pekerjaan yang tersedia. Anda dapat melakukan riset mengenai industri ini dan memperoleh pemahaman mengenai berbagai jenis pekerjaan, seperti iklan, film, televisi, dan video game.

2. Pelajari Teknik Berbicara

Kemampuan berbicara yang baik sudah pasti menjadi salah satu kunci penting dalam cara menjadi Voice Over. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari teknik berbicara yang benar, termasuk penekanan kata, intonasi, dan pacing.

3. Buat Demo Reel

Demo reel adalah contoh dari karya Anda yang menampilkan kemampuan Anda sebagai Voice Over. Buatlah demo reel yang menampilkan berbagai jenis suara dan karakter untuk menunjukkan fleksibilitas Anda.

4. Bergabung dengan Komunitas Voice Over

Bergabunglah dengan komunitas Voice Over dan jaringan profesional. Cara menjadi Voice Over ini akan membantu Anda mendapatkan informasi tentang pekerjaan Voice Over yang tersedia. Selain itu Anda juga mendapatkan kesempatan untuk menghubungkan diri dengan para profesional dalam industri tersebut.

5. Ikuti Kelas atau Pelatihan

Kelas atau pelatihan akan membantu Anda meningkatkan keterampilan dan memperoleh wawasan mengenai industri Voice Over. Anda dapat mengambil kelas di perguruan tinggi atau sekolah profesional, atau bahkan mengambil kursus online.

6. Buat Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan hasil karya Anda yang mencerminkan kemampuan yang dimiliki sebagai seorang Voice Over. Anda dapat mencantumkan demo reel yang sudah dibuat dan proyek-proyek lain yang pernah dikerjakan dalam portofolio.

7. Promosikan Diri Anda di Internet

Cara menjadi Voice Over yang terakhir yaitu promosikan diri Anda melalui situs web, media sosial, atau perusahaan produksi. Pastikan untuk memasukkan demo reel dan portofolio Anda dalam promosi tersebut. Hal ini akan meningkatkan branding diri Anda, sehingga mudah dikenal dan disukai oleh banyak orang. 

Prospek Kerja Sebagai Voice Over

“Ah, jadi Voice Over buat apa sih? Pasti lapangan kerjanya susah, deh!”

Eits, jangan remehkan pekerjaan ini! Prospek kerja sebagai seorang Voice Over cukup menjanjikan. Apalagi dalam era digital saat ini, permintaan untuk suara narasi dan karakter suara dalam berbagai jenis media semakin meningkat. Beberapa contoh pekerjaan sebagai seorang Voice Over adalah:

  • Iklan – Prospek kerja yang menjanjikan menjadi pengisi suara untuk kebutuhan iklan televisi atau radio untuk berbagai merek atau produk
  • Animasi – Anda dapat berkontribusi untuk mengisi suara karakter dalam film animasi atau seri televisi
  • Video game – Selain itu, Anda juga bisa mengisi suara untuk karakter dalam video game online
  • Audiobook – Bahkan seorang Voice Over sudah banyak yang mengisi suara untuk membacakan buku dan merekamnya dalam bentuk audiobook
  • Film dan televisi – Anda dapat memberikan suara narasi atau mengisi suara untuk karakter dalam film atau acara televisi
  • Pembelajaran online – Mengisi suara narasi untuk kursus online dan materi pendidikan juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan

Prospek kerja untuk Voice Over bisa sangat beragam dan tergantung pada kemampuan dan jenis suara yang dimiliki. Terlebih, peluang kerja dalam industri ini terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. Bahkan bisa dijadikan sebagai peluang kerja online untuk pelajar.

Namun, seperti dalam industri kreatif lainnya, persaingan di dalam industri Voice Over juga cukup ketat. Oleh karena itu, penting untuk terus meningkatkan keterampilan dan membangun portofolio yang kuat untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan sebagai seorang Voice Over.

Perkiraan Gaji Seorang Voice Over

Gaji seorang Voice Over bisa bervariasi, tergantung pada faktor seperti pengalaman, kemampuan, jenis pekerjaan, dan ukuran proyek. Namun sebagai acuan, berikut adalah beberapa perkiraan gaji seorang Voice Over dalam rupiah berdasarkan jenis proyek:

  • Iklan berkisar antara Rp1,500,000 hingga Rp7,500,000 per jam
  • Animasi berkisar antara Rp3,000,000 hingga Rp12,000,000 per episode
  • Video game berkisar antara Rp2,000,000 hingga Rp8,000,000 per proyek
  • Audiobook berkisar antara Rp1,500,000 hingga Rp4,500,000 per proyek

Perlu diingat bahwa ini hanyalah perkiraan dan gaji seorang Voice Over, dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Selain itu, perkiraan ini juga bergantung pada kebijakan perusahaan produksi atau pihak yang memesan suara.

Jadi bagaimana? Sudah siap menerapkan cara menjadi Voice Over untuk memulai karir baru yang sukses? Sekali lagi, terus tekun dan bersabar selama belajar meningkatkan kemampuan sebagai seorang pengisi suara. Dengan menerapkannya, Anda sudah memiliki bibit menjadi seorang Voice Over yang hebat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + thirteen =