cluster perumahan adalah

Cluster Perumahan Adalah: Arti, Ciri dan 5 Tips Memilih Rumah Cluster!

Di era modern ini, banyak orang mendambakan hunian yang tidak hanya nyaman, tapi juga aman dan terjamin. Cluster perumahan hadir sebagai solusi yang tepat bagi mereka yang mencari hunian ideal tersebut. Cluster perumahan adalah salah satu perumahan yang menawarkan konsep hunian yang berbeda dari perumahan biasa. Di sini, Anda akan menemukan lingkungan yang terencana dengan rapi, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, dan sistem keamanan yang terjamin.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut seputar cluster perumahan adalah, ciri-ciri, tipe, dan tips memilih cluster perumahan yang tepat. Pastikan Anda memperhatikan penjelasan disini dengan seksama.

Cluster Perumahan Adalah?

Cluster perumahan adalah konsep hunian yang semakin populer di Indonesia karena menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan perumahan biasa. Berbeda dengan perumahan konvensional, cluster menawarkan lingkungan yang lebih terencana dengan desain rumah yang seragam dan tertata rapi, menciptakan kesan estetika yang harmonis. 

Selain itu, cluster perumahan umumnya dilengkapi dengan sistem keamanan terpusat, seperti one gate system, CCTV, dan petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam, sehingga penghuni dapat merasa lebih aman dan nyaman. 

Fasilitas lengkap seperti taman bermain, kolam renang, gym, dan mushola juga menjadi daya tarik utama, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penghuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar dari lingkungan perumahan. Jika Anda ingin membeli rumah cluster melalui notaris, pastikan Anda telah mencari tahu berapa biaya notaris jual beli rumah yang harus dikeluarkan nantinya.

Ciri-ciri Cluster Perumahan

Secara sederhana, cluster perumahan adalah kumpulan rumah tapak yang dibangun di dalam suatu kawasan dengan desain, ukuran, dan tata letak yang seragam. Jumlah unit rumah di dalam satu cluster biasanya berkisar antara puluhan hingga ratusan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama cluster perumahan yang perlu Anda ketahui:

1. Desain dan Tata Letak yang Seragam

Rumah-rumah di dalam cluster perumahan umumnya memiliki desain dan tata letak yang seragam. Hal ini menciptakan estetika yang rapi dan tertata, memberikan kesan harmonis serta menambah nilai estetika lingkungan sekitar. 

Setiap rumah biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang mirip, dengan variasi yang minimal, untuk memastikan keselarasan visual dan keteraturan dalam seluruh area perumahan. Desain yang seragam juga memudahkan dalam perawatan dan pengelolaan lingkungan perumahan.

2. Keamanan Terjamin

Cluster perumahan biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan terpusat yang canggih dan terorganisir. Sistem keamanan ini mencakup one gate system yang membatasi akses masuk dan keluar dari kawasan perumahan melalui satu gerbang utama, yang dijaga oleh petugas keamanan selama 24 jam. 

Selain itu, kamera CCTV dipasang di berbagai titik strategis untuk memantau aktivitas dan memberikan rasa aman bagi penghuni. Petugas keamanan yang berpatroli secara rutin juga menambah tingkat keamanan, sehingga penghuni merasa lebih aman dan nyaman tinggal di lingkungan tersebut.

3. Fasilitas Lengkap

Cluster perumahan biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan kualitas hidup penghuni. Fasilitas tersebut dapat meliputi taman bermain untuk anak-anak, kolam renang, pusat kebugaran atau gym, dan mushola untuk beribadah. 

Fasilitas-fasilitas ini umumnya tersedia secara eksklusif bagi penghuni dan dapat digunakan tanpa biaya tambahan, menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk bersosialisasi dan beraktivitas. Dengan adanya fasilitas ini, penghuni tidak perlu pergi jauh untuk memenuhi kebutuhan rekreasi dan kebugaran mereka.

4. Komunitas Terjaga

Cluster perumahan biasanya memiliki komunitas yang erat dan harmonis antar penghuninya. Interaksi sosial yang sering terjadi di antara penghuni, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun acara-acara khusus yang diadakan di lingkungan perumahan, dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan. 

Bagi Anda yang hendak menggunakan jasa notaris dalam transaksi pembelian rumah cluster ini, perhatikan juga syarat jual beli rumah di notaris agar proses transaksi bisa berjalan dengan lancar.

cluster perumahan adalah

Tipe-tipe Cluster Perumahan

Cluster perumahan tersedia dalam berbagai tipe, yaitu:

  1. Cluster Berdasarkan Ukuran: Cluster kecil (10-30 unit), cluster sedang (30-50 unit), dan cluster besar (lebih dari 50 unit).
  2. Cluster Berdasarkan Harga: Cluster ekonomi, cluster menengah, dan cluster mewah. 
  3. Cluster Berdasarkan Target Pasar: Cluster keluarga muda, cluster lansia, dan cluster mahasiswa.

Tips Memilih Cluster Perumahan

Sebelum membeli rumah di cluster, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

  1. Lokasi: Pilihlah cluster yang terletak di lokasi yang strategis dan mudah diakses. Misalnya, rumah cluster yang berada dekat dengan mall Serpong Tangerang atau rumah-rumah yang berlokasi tidak jauh dari pusat perbelanjaan
  2. Fasilitas: Pastikan cluster memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini penting untuk menunjang kebutuhan Anda ketika berdomisili di sana.
  3. Keamanan: Pastikan cluster memiliki sistem keamanan yang terjamin.
  4. Komunitas: Cari tahu tentang komunitas di cluster tersebut sebelum membeli rumah. Siapa tahu ada komunitas yang bisa mendukung hobi Anda dan keluarga.
  5. Harga: Terakhir, pastikan harga rumah di cluster sesuai dengan budget Anda.

Kesimpulan

Cluster perumahan adalah salah satu hunian yang dapat menjadi alternatif yang aman, nyaman, dan modern, jika Anda sedang mencari hunian yang ideal untuk keluarga. Sebagai saran, sebelum membeli, pastikan Anda melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi rumah, fasilitas, dan beberapa hal yang berkaitan dengan kebutuhan membeli. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 13 =