Ini 6 Pantangan Makanan untuk yang Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Pada dasarnya kolesterol merupakan bagian dari lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tentunya apabila kolesterol dalam tubuh memiliki kadar yang berlebih akan menjadi penyebab penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Pantangan makanan untuk yang kolesterol tinggi tentunya juga perlu diperhatikan bagi seseorang yang mengalami kondisi tertentu. 

Adanya pantangan ini merupakan bentuk antisipasi yang perlu dilakukan supaya tidak terjadi komplikasi penyakit berbahaya. Lalu, apa saja sih makanan yang tidak diperbolehkan bagi seseorang dengan kondisi kolesterol tinggi? Berikut 6 diantaranya: 

1. Bagian Daging yang Berlemak 

Pantangan makanan untuk yang kolesterol tinggi adalah bagian daging yang berlemak. Pada dasarnya setiap bagian dari daging sapi memiliki kandungan lemak yang berbeda pada setiap sisinya. Hal inilah yang kemudian harus diperhatikan oleh pecinta daging sapi namun, memiliki kolesterol tinggi. 

Mencari informasi tentang bagian daging sapi yang rendah lemak adalah solusi tepat untuk menghindari penumpukan kolesterol pada tubuh. Bagian yang tepat untuk penderita kolesterol tinggi adalah pada bagian sirloin serta tendoin. Daging sapi ini sering kali digunakan sebagai bahan utama untuk steak maupun daging panggang lainnya. 

2. Telur 

Sebagian besar orang tentu tidak akan menyangka bahwa telur yang kaya akan protein termasuk dalam pantangan bagi penderita kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol pada telur ini memang termasuk yang perlu untuk dihindari. 

Pengurangan konsumsi telur ini sangat dianjurkan bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sementara bagi seseorang yang tidak memiliki riwayat kolesterol tinggi bisa mengkonsumsi telur lebih dari satu telur per hari. Hal ini tidak akan menjadi penyebab meningkatnya kolesterol dalam tubuh. 

3. Jeroan 

Jeroan menjadi satu jenis makanan yang cukup banyak digemari masyarakat Indonesia atau bahkan dunia sekalipun. Namun, seperti yang diketahui bahwa jeroan juga termasuk dalam jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. 

Tentunya bagi seseorang yang menderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengurangi makanan ini dalam olahan apapun. Hal ini penting dilakukan supaya penumpukan kolesterol dalam tubuh juga tidak terus meningkat.

4. Udang

Udang merupakan hewan laut yang mengandung lemak omega 3 dan 6 yang tinggi. Hal ini tentu menjadi kandungan yang baik dikonsumsi. Namun, bagi seseorang yang memiliki kondisi tubuh dengan kolesterol tinggi, udang menjadi salah satu pantangan. 

Lemak yang ada pada udang pada dasarnya memiliki kandungan lebih banyak bila dibandingkan dengan hewan laut yang lain. Hal inilah yang kemudian membuat seseorang dengan kondisi kolesterol tinggi harus menghindari berbagai olahan dari udang.

5. Makanan Cepat Saji

Seperti yang diketahui bahwa makanan cepat saji merupakan faktor utama dari terjadinya kolesterol tinggi pada seseorang. Kandungan lemak trans yang tinggi pada makanan cepat saji tentu menjadi penyebab utamanya. 

Hal inilah yang kemudian perlu dihindari untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh. Menghindari makanan cepat saji adalah solusi yang tepat bagi kondisi kolesterol tinggi. 

6. Olahan Daging 

Daging olahan merupakan pantangan berikutnya yang harus dihindari bagi seseorang yang memiliki kondisi kolesterol tinggi. Makanan yang terbuat dari olahan daging ini misalnya adalah sosis, nugget dan sebagainya. 

Menghindari konsumsi daging olahan ini merupakan satu gaya hidup yang perlu dilakukan bagi seorang penderita kolesterol tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kemungkinan komplikasi penyakit. 

Itulah tadi 6 dari sekian banyak pantangan makanan untuk yang kolesterol tinggi. Menghindari pantangan ini tentunya bisa menjadi gaya hidup sehat untuk menghindari terjadinya resiko berbahaya bagi tubuh. Tentunya hal ini akan menjadi hal penting bagi setiap orang dengan kondisi kolesterol tinggi. 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.