Ini Dia Fakta-fakta Bisnis Jual Beli Tokek yang Sedang Viral!

Bisnis jual beli tokek menjadi bisnis perdagangan yang tengah ramai dibicarakan setelah pada beberapa waktu lalu ada seorang wanita yang pergi dari rumah untuk bisnis ini. Iming-iming keuntungan besar yang diperkirakan mencapai satu triliun menjadi alasan wanita tersebut memilih bisnis ini. 

Bahkan pada ungkapan anggota keluarga pun mengatakan bahwa wanita tersebut kabur dari rumah untuk melakukan bisnis tokok ini. Melalui pernyataan tersebut tentunya cukup mencengangkan mendengar harga tokek yang fantastis. Nah, untuk itu mari simak ulasan berikut tentang 5 fakta tentang bisnis tokek: 

1. Dipercaya dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit 

Kepercayaan masyarakat tentang daging tokek yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah faktor utama dari bisnis jual beli tokek ini. Adanya kepercayaan zaman dulu tentang tokek yang bisa menyembuhkan penyakit kulit juga masih beredar luas hingga sekarang. 

Bahkan nyatanya kabar tentang daging tokek yang bisa menyembuhkan kanker maupun AIDS juga menjadi alasan lain tokek begitu dicari. Padahal pada kenyataannya masih belum bukti medis yang menyatakan semua hal tersebut. 

2. Harga Tokek Tergantung dari Besar dan Umur Tokek 

Fakta lain tentang tokek dapat dilihat melalui harga yang tinggi dari tokek itu sendiri. Hewan rumahan satu ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi tergantung dari besar serta umur tokek. 

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia seperti Surabaya dan Solo juga telah mematok harga sendiri untuk tokek yang akan dijual. Apabila tokek yang akan dijual besar dan memiliki berat lebih dari 3 ons tentunya harga juga akan lebih mahal. Hal ini pun juga berlaku untuk umur tokek. 

3. Pernah Terjadi Penipuan 

Bisnis jual beli tokek memang cukup populer di Indonesia. Hewan yang termasuk dalam jenis kadal satu ini bahkan cukup populer dan begitu diminati oleh beberapa kelompok. Bahkan bisnis ini juga tidak jarang menjadikan peluang bisnis dengan profit yang besar. 

Iming-iming hasil yang fantastis inilah kemudian yang menimbulkan banyak ide penipuan tentang jual beli tokek. Bahkan di Lumajang Jawa Timur sendiri pernah terjadi penipuan jual beli tokek dengan cara mengecat biawak dan diakui sebagai tokek. Biawak yang diakui sebagai tokek inipun sempat dibandrol dengan harga 540 miliar.

4. Dapat Merusak Ekosistem 

    Permainan bisnis yang terus berkembang di Indonesia ini kini bisa dibilang terus meluas dan memiliki peminat yang semakin banyak. Adanya fenomena bisnis ini tentunya tanpa sadar akan membuat ekosistem menjadi berantakan. 

Tokek yang berperan sebagai hewan untuk mengusir hama-hama kecil ini pada dasarnya akan sangat membantu dalam melindungi rumah dari nyamuk maupun hewan lain. Tentunya bila perburuan tokek terus dilakukan maka, hama akan semakin bertambah banyak dan pastinya dapat mengganggu aktifitas. 

5. Dipercaya Dapat Menyembuhkan Penyakit Kulit

Adanya stigma di masyarakat tentang khasiat tokek untuk menyembuhkan penyakit kulit juga menjadi satu hal yang menyebabkan perburuan tokek semakin gencar. Hal inilah juga yang secara sadar membuat harga tokek terus melambung tinggi. 

Padahal pada kenyataannya belum ada fakta medis yang menyatakan bahwa tokek bisa menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit kulit. Adanya spekulasi ini sebenarnya merupakan sebuah stigma dari masyarakat zaman dulu. 

6. Tokek Raksasa di Kalimantan

Satu-satunya tokek terbesar yang pernah ditemui di dunia adalah tokek dari Kalimantan dengan berat mencapai 64 kg. Tokek ini pada akhirnya dijual pada pengusaha asal Korea Selatan dengan harga 179 miliar. 

Nah, itulah tadi 6 fakta tentang bisnis jual beli tokek yang kembali viral pada desember ini. Bisnis satu ini memang cukup menjanjikan bagi kelompok tertentu karena memang sudah memiliki marketnya sendiri. Namun, tentunya memperhatikan ekosistem juga penting sebelum melakukan perburuan tokek. 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.