Inilah 5 Cara Cegah Cedera Saat Olahraga Secara Mudah!

Olahraga menjadi salah satu rutinitas penting yang wajib dilakukan secara rutin. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa olahraga yang bisa menyebabkan cedera. Hanya saja, tak usah khawatir, karena ada beberapa cara cegah cedera saat olahraga secara mudah. Untuk penjelasan lebih detailnya, simak uraian di bawah ini:

1. Melakukan Pemanasan Dan Pendinginan

Kedua hal ini sangat penting dilakukan setiap sebelum dan sesudah olahraga. Mengapa? Karena ketika setiap orang melakukan pemanasan dan pendinginan pada olahraga dapat meregangkan otot-otot tubuhnya agar tidak kaku. Ketika orang tersebut tidak melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga, biasanya beberapa jam setelah olahraga badan akan terasa lebih capek dan sakit.

Untuk kegiatan yang dilakukan saat pemanasan dan pendinginan tak perlu yang berat-berat. Cukup meregangkan tangan dan kaki, kemudian meliuk-liukkan tubuh. Atau bisa juga dengan lari-lari kecil dengan kurun waktu 5 hingga 10 menit. Lakukan pemanasan dan pendinginan dengan waktu yang cukup, agar otot-otot tubuh bisa normal kembali.

2. Tentukan Jenis Olahraga Yang Sesuai

Setiap orang harus mengetahui kekuatan dan kapasitas tubuhnya untuk menerima segala bentuk aktivitas. Begitupun dengan pemilihan jenis olahraga. Sebelum melakukan olahraga, tentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuhnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera saat pelaksanaan olahraga.

Misalnya ketika seseorang ingin melakukan olahraga untuk mengecilkan perut, maka ia bisa memilih jenis olahraga sit up, lari-lari, atau bersepeda. Namun, ketika orang tersebut memiliki riwayat penyakit patah tulang, tentu olahraga lari sangat tidak dianjurkan untuk orang tersebut. Begitulah pentingnya mengetahui jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dari setiap orang yang hendak melakukan olahraga.

3. Mempelajari Teknik Olahraga Dengan Benar

Langkah penting untuk cara cegah cedera saat olahraga yakni dengan mengetahui dan memahami teknik pelaksanaan dari olahraga tersebut dengan benar. Jangan sampai, pengguna melaksanakan olahraga tanpa mengetahui teknik pelaksanaannya. Hal ini tentu akan lebih berisiko mengalami cedera pada tubuh saat melaksanakan olahraga.

Coba bayangkan ketika ada seseorang yang akan membuat donat! Bukankah orang tersebut perlu mengetahui teknik dan bahan yang dibutuhkan dalam proses tersebut? Ketika orang tersebut memaksakan diri membuat donat tanpa mengetahui tekniknya, tentu donat tersebut akan tidak jadi secara sempurna. Begitulah gambaran mengenai seberapa pentingnya mengetahui teknik olahraga secara benar.

4. Memulai Dengan Bertahap

Bagi olahragawan pemula, sebaiknya saat awal melakukan olahraga dilaksanakan secara bertahap. Hal ini bisa dibuatkan perumpamaan. Ketika anak balita ingin bisa berjalan, tentu balita tersebut perlu belajar merangkak, merambat, sebelum akhirnya bisa berjalan dan berlari. Tidak mungkin balita tersebut langsung disuruh berjalan tanpa melewati fase-fase tersebut.  

Begitu pula dengan olahraga, untuk pemula lakukan hal-hal yang ringan terlebih dahulu dengan durasi yang sedang. Kemudian, seiring berjalannya waktu beri peningkatan pada gerak dan durasi pelaksanaan. Pemberian peningkatan jangan terlalu signifikan, namun perlahan tapi pasti. Dengan begitu, hal ini bisa menghindari olahragawan mengalami cedera pada tubuhnya.

5. Minum Air Putih Yang Cukup

Tak heran ketika seseorang melakukan olahraga dan orang tersebut merasa kehausan. Karena saat olahraga, manusia mengeluarkan seluruh energinya untuk bahan bakar melakukan aktivitas tersebut. Selain itu, orang tersebut juga akan mengeluarkan keringat yang menandakan bahwa cairan penting di tubuhnya telah hilang. Sehingga, orang tersebut akan merasakan kehausan saat aktivitas olahraga berlangsung.

Ketika hal ini terjadi, segera minum air dan jangan ditunda-tunda. Minumlah air secara cukup, jangan terlalu berlebihan. Atau bisa minum air putih setiap 15 menit saat pelaksanaan olahraga dengan kapasitas air setengah gelas kecil saja.

Itulah 5 cara cegah cedera saat olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah. Memang olahraga sangat baik untuk tubuh dan juga kejiwaan. Hanya saja, sebelum melakukan olahraga, pastikan telah melakukan beberapa cara diatas untuk mencegah cedera saat olahraga. Jangan sampai, olahraga yang seharusnya membawa kesehatan justru akan membawa penyakit untuk pengguna.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.