Inilah 7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Liver, Wajib Dihindari!

Seperti yang diketahui bahwa hati memiliki peranan penting dalam membersihkan zat beracun di dalam tubuh manusia. Hati atau liver merupakan organ yang paling vital yang ada di dalam tubuh manusia. Namun, tanpa disadari manusia seringkali mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan hati serta minimnya edukasi tentang kebiasaan buruk yang merusak liver.

Fungsi hati di antaranya adalah mampu membersihkan tubuh dari racun, membentuk metabolisme tubuh, dan menghancurkan sel darah merah. Umumnya, penyakit hati bisa terjadi oleh beberapa faktor sehari-hari. Misalnya, makanan yang tidak sehat dan jarang berolahraga. Selain hal tersebut, kebiasaan buruk apa saja yang dapat merusak liver? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Merokok

Kebiasaan buruk yang merusak liver pertama adalah merokok. Tidak hanya terjadi pada gangguan paru-paru saja, tetapi merokok dapat mengganggu kinerja hati. Saat menghirup asap rokok, hati akan bekerja lebih keras karena adanya zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini mampu memicu tumbuhnya sel-sel kanker yang akan menggerogoti organ tubuh.

2. Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

Pola kebiasaan buruk ini harus segera dihindari karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung gula berlebih dapat meningkatkan resistensi dari insulin. Misalnya, jika seseorang mengkonsumsi gula yang berlebihan, maka sistem tubuh akan dipenuhi gula. Kemudian, tubuh akan berhenti merespon insulin. Hal ini yang menyebabkan adanya gula yang menumpuk di dalam darah.

3. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Terlalu sering mengkonsumsi alkohol itu tidak baik bagi kesehatan tubuh karena zat beracun alkohol mampu melemahkan kinerja hati. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan akan membunuh sel-sel sehat di dalam tubuh dan memunculkan sel kanker terjadi, seperti misalnya kanker hati. Kemudian, kondisi ini akan mengarah pada kondisi rusaknya organ hati atau sirosis.

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Pentingnya untuk mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi mampu memperlancar metabolisme dan menjaga suhu tubuh tetap optimal. Ketika manusia kekurangan cairan, hal ini akan memicu terjadinya dehidrasi yang efeknya bisa langsung terjadi pada sistem kerja organ hati. Misalnya, akan kesulitan dalam mendetoksifikasi tubuh dengan baik.

5. Kurangnya Beraktivitas dan Berolahraga

Rutin berolahraga mampu membuat badan menjadi sehat dan membuat fungsi organ tubuh menjadi optimal. Ketika manusia kurang beraktivitas dan diimbangi pola makan yang tidak teratur akan memicu terjadinya penyakit liver kronis. Untuk itu, luangkanlah waktu sejenak dengan berolahraga agar organ tubuh dapat bekerja menghancurkan lemak dan sel-sel jahat di dalam tubuh.

6. Terjadinya Obesitas

Tanpa disadari bahwa kelebihan berat badan dapat membuat penumpukan lemak yang ada di sekitar hati yang bisa menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). Hal ini bisa mengacu pada kondisi peradangan hati serius, seperti misalnya kanker hati ataupun gagal hati.

Untuk itu, kurangi berat badan minimal 10 persen serta diimbangi olahraga dan pola makan yang teratur agar lemak berlebih tidak menumpuk di sekitar hati. Memiliki badan ideal akan mengurangi tingkat risiko penyakit liver.

7. Mengkonsumsi Obat Secara Berlebihan

Kurangi kebiasaan mengkonsumsi obat maupun vitamin secara berlebihan. Ternyata, mengkonsumsi obat secara terus-menerus tidak baik bagi kesehatan. Hal ini karena obat seperti antidepresan sulit diurai oleh hati, sehingga fungsi hati seperti sedang dipaksa bekerja lebih keras agar obat dapat terurai. Gunakan dosis sesuai takaran agar untuk menghindari kerusakan hati yang parah.

Ternyata banyak sekali dampak dari kebiasaan buruk yang merusak liver. Tanpa disadari, manusia selalu mengabaikan kesehatan yang ada di dalam tubuhnya. Kurangi kebiasaan buruk dengan mengatur pola hidup sehat. Lakukan pemeriksaan fungsi hati secara rutin serta menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari kerusakan liver.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.