Inilah Fitur Baru Google Search di Android yang Wajib Diketahui!

Search pada Google di Android telah memiliki fitur baru yang bisa digunakan dengan mudah. Fitur ini juga sangat membantu setiap orang di berbagai dunia dalam beberapa aktivitasnya. Ingin tahu apa saja fitur baru yang dimiliki oleh fitur baru Google Search tersebut? Simak uraian selengkapnya berikut ini!

1. TalkBack

Saat ini banyak dari masyarakat dunia mulai memperhatikan kesejahteraan dan kemudahan dari kaum disabilitas. Tak terkecuali perusahaan raksasa dunia, Google yang telah meluncurkan fitur terbarunya yang ramah untuk kaum disabilitas. TalkBack merupakan fitur terbaru dari Google yang ramah untuk kaum disabilitas, khususnya tuna netra.

Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna tunanetra untuk menggunakan telepon genggam nya dengan memberikan arahan melalui suara. Sehingga, seluruh aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan ponsel akan diterjemahkan melalui suara. Seperti pemberitahuan notifikasi, mengangkat telefon, bahkan mengirim pesan bisa dilakukan hanya dengan perintah suara.

2. Fitur Terjemahan Di Google Go

Bukan suatu hal yang asing lagi, jika saat mencari suatu artikel atau informasi terkadang pengguna disajikan informasi berbahasa inggris. Mungkin bagi sebagian orang yang mahir berbahasa inggris tidak merasa kesulitan untuk memahami informasi yang diberikan dari artikel tersebut. Namun, bagi sebagian orang tentu merasa kesulitan untuk memahami isi dari artikel tersebut.

Menanggapi permasalahan tersebut, Google telah meluncurkan fitur barunya yakni fitur terjemahan di search engine Google go. Fitur ini berfungsi untuk menerjemahkan artikel atau informasi dari bahasa asing menjadi bahasa Indonesia. Sebenarnya, tidak hanya bahasa Indonesia namun juga bahasa lainnya sesuai dengan pengaturan telepon dan lokasi pengguna.

3. Lens Di Google Image Search

Biasanya sebagian orang akan tertarik ketika melihat suatu gambar yang lucu dan indah mengenai sebuah furniture atau perlengkapan yang ada di foto. Mungkin orang tersebut ingin memilikinya juga, tetapi tidak tahu mengenai detail harga dan tempatnya. Jika harus dicari dalam search engine Google secara manual tentu sulit dilakukan jika tidak mengetahui nama produknya.

Untuk permasalahan tersebut, terdapat fitur baru Google Search yakni Lens. Fitur ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi barang-barang yang ada di sebuah foto dengan sangat mudah. Lens menjadi salah satu fitur dari Google yang sangat unik. Dimana pengguna dapat mengetahui segala aspek mengenai barang tersebut, mulai dari tempat penjual, harga, bahkan detail bahannya.

4. Android Earthquake Alerts System

Gempa bumi menjadi bencana alam yang hampir semua negara mengalaminya, termasuk Indonesia. Terkadang untuk mengetahui adanya suatu gempa bumi, warga hanya mengandalkan informasi dari sosial media BMKG atau sumber berita elektronik yang dapat dipercaya. Sehingga, penerimaan informasi terkadang sedikit terlambat.

Namun, untuk saat ini Google telah mengeluarkan fitur alarm untuk mendeteksi tanda-tanda gempa bumi secara akurat. Selain itu, ketika pengguna menuliskan keyword gempa bumi pada search engine hasil pencarian utamanya yakni informasi tentang adanya gempa bumi. Pemberian informasi tersebut juga dijelaskan berapa besaran gempa dan terjadi di daerah mana.

5. Pesan Terjadwal

Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang sedang sibuk dalam suatu hal tetapi harus mengirim pesan kepada seseorang di jam tertentu. Dengan adanya pesan terjadwal ini pengguna dapat menjadwalkan pengiriman terhadap suatu pesan. Sehingga, secara otomatis pesan tersebut akan dikirimkan oleh Google di jam yang telah ditentukan oleh pengguna.

Terdapat satu hal yang diperhatikan oleh pengguna, yakni pengaturan tanggal dan waktu di telepon haruslah tepat. Alasannya karena fitur pesan terjadwal ini akan membaca perintah pengiriman pesan yang terjadwal sesuai dengan tanggal dan jam di ponsel. Sehingga, pastikan terlebih dahulu bahwa tanggal dan waktu di ponsel sudah tepat dan sesuai.

Itulah beberapa uraian secara detail mengenai fitur baru Google Search yang wajib untuk dicoba oleh pengguna. Fitur tersebut tentu akan bermanfaat bagi sebagian orang yang sedang membutuhkan kebermanfaatan dari fitur di atas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.