Inilah Peluang Bisnis Dari PLN: Pengecasan Mobil Listrik Umum, Dijamin Cuan!

Sudah tahu peluang bisnis dari PLN: pengecasan mobil listrik umum ini? Ya! Saat ini PLN telah memberikan peluang bisnis bagi pihak swasta untuk membuka gerai pengecasan mobil listrik. Banyak dari para pebisnis yang merasa puas dari menjalankan bisnis pengecasan mobil listrik ini.  Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menjalankan bisnis pengecasan mobil listrik ini.

Sekilas tentang Mobil Listrik di Indonesia

Seperti yang kita tahu jika jumlah pengguna mobil listrik ini sudah mulai meningkat sejak kuartal I di tahun 2021. Pada kuartal tersebut telah tercatat sebanyak 1.900 unit berbagai jenis mobil listrik telah terjual. Kementerian ESDM telah memperkirakan bahwa sampai akhir 2021 ini pengguna mobil listrik sejumlah 125 ribu.

Memang pemakaian mobil berjenis listrik ini masih dianggap tabu atau terkesan aneh. Padahal penggunaan mobil listrik ini memiliki sejumlah manfaat di dalamnya. Ingin tahu apa saja kelebihan mobil listrik ini? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

  • Memiliki suara yang tidak berisik.

Kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan mobil listrik ini yaitu tidak menghasilkan suara yang bising atau berisik. Bahkan suaranya pun sangatlah lembut dan samar-samar. Tak heran jika pengguna mobil listrik ini atau sopirnya merasa nyaman saat mengemudikannya. Mengapa bisa seperti itu? Ya, benar! Penyebab dari kenyamanan ini adalah dari suara yang ditimbulkannya tidak membuat bising.

  • Tidak menghasilkan polusi udara.

Karena bahan penggeraknya bukan dari gas alam dan mesin yang dipakai hampir sama dengan mesin diesel, sehingga tidak menyebabkan polusi udara. Tidak mengherankan jika mobil listriknya sering dijuluki “mobil ramah lingkungan”. Karena dari penggunaannya tidak akan menghasilkan asap kendaraan. Alhasil, kualitas udara di Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi.

  • Harga beli dan perawatannya yang murah

Meskipun mobil listrik masih dianggap aneh, hanya saja harga beli dari mobil ini terbilang cukup murah untuk kategori mobil ramah lingkungan ini. Untuk perawatan dari mobil ini juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu melakukan pengecekan rutin terhadap komponen mobil ini. Karena bahan penggeraknya berasal dari listrik, sehingga tidak perlu penggantian oli dll.

  • Tidak memerlukan bahan bakar

Mobil listrik ini didesain khusus untuk tidak menggunakan bahan bakar dari gas alam, namun dari daya baterai. Sehingga, pengguna hanya perlu melakukan pengisian daya baterai kembali sebagai daya penggeraknya. Energi yang dibutuhkan juga rendah, untuk perjalanan dengan jarak 80 km pengguna hanya perlu melakukan pengisian kurang lebih selama 20-30 menit saja.

Dari beberapa kelebihan penggunaan mobil listrik ini membuat para pengguna lain tertarik dengan mobil listrik ini. Sehingga, setiap tahun pasti terdapat peningkatan terhadap penjualan mobil listrik ini.

Peluang Bisnis Pengecasan Mobil listrik

Peluang bisnis dari PLN: pengecasan mobil listrik umum ini sangat menguntungkan. Dilihat dari jumlah konsumen yang terus meningkat hampir setiap tahunnya, membuat kementerian ESDM optimis untuk membuka bisnis pengecasan mobil listrik ini. Setiap penduduk Indonesia boleh bergabung dengan bisnis ini, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk keuntungannya pun terbilang cukup besar. Sebuah mobil listrik paling tidak memerlukan daya maksimal 75 kWh untuk pengisian baterainya. Sedangkan PLN memberikan harga listrik untuk bisnis ini sebesar Rp714 per kWh. Sementera untuk pihak swasta yang berniat menjualnya bisa dijual dengan harga maksimal sebesar Rp2.466 per kWh. Sudah jelas sangat menguntungkan, bukan?

Cara Mendaftar Bisnis Pengecasan Mobil Listrik

Sebelum mendaftarkan diri sebagai agen pengecasan mobil listrik ini cukup mudah untuk dilakukan. Ingin tahu apa saja yang perlu disiapkan untuk mendaftar bisnis ini? Simak uraian berikut ini!

  • Siapkan dokumen identitas dari badan usaha (partner).
  • Jelaskan informasi tentang ketersediaan seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk bisnis ini.
  • Sediakan dokumen IUJPTL.
  • Lampirkan sertifikat pendukung lain sebagai penjamin keselamatan dari SPKLU.
  • Rancang model skema bagi hasil yang akan ditawarkan.

Itulah beberapa informasi penting mengenai peluang bisnis dari PLN: pengecasan mobil listrik umum yang dapat memberikan keuntungan secara cepat bagi pebisnis tersebut. Tetap teliti dalam memulai bisnis apapun dengan mempertimbangkan segala resiko dan keuntungan yang didapat. Hal ini sebagai antisipasi untuk segala hal-hal yang tidak diperkirakan di kemudian hari.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.