Sales Promosi

Kenali Apa Sales Promosi Sebagai Trik Jitu Penjualan Produk

Sales Promosi – Suatu merek biasanya melakukan promosi penjualan karena persaingan yang ketat di pasar, terutama ketika merek lain menjual produk yang sama dan banyak pihak lain yang menjualnya. Bisnis dan merek dapat memiliki kesempatan untuk menarik kembali perhatian konsumen melalui kampanye.

Oleh karena itu, setiap perusahaan atau merek pasti melakukan atau melakukan apa yang disebut dengan promosi penjualan dan ini adalah salah satu contoh program kerja humas. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana promosi penjualan adalah cara untuk meningkatkan penjualan.  

Pengertian Sales Promosi

Merchandising atau promosi penjualan adalah jenis pemasaran yang dirancang untuk memperkenalkan produk baru, mengkonsumsi produk lama dan juga meningkatkan penjualan. Dan pada umumnya promosi bisa bersifat sementara untuk meningkatkan minat pembeli terhadap produk, dan perusahaan hanya melaksanakannya pada waktu-waktu tertentu saja.

Promosi penjualan mencakup berbagai kegiatan promosi seperti presentasi penjualan, konteks, pengambilan sampel, titik pembelian, insentif, dan kupon. Biaya promosi penjualan umumnya lebih tinggi daripada biaya iklan. Meskipun teknik komunikasi dan insentif memberikan beberapa manfaat, iklan dapat digunakan untuk menargetkan pembeli, menanggapi acara khusus, dan mendorong pembelian. Periklanan tentu berbeda dengan public relation, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama. Iklan merupakan ajakan kepada konsumen untuk membeli produk yang memiliki bentuk visual berupa gambar, video dan suara. Pada saat yang sama, tujuan promosi penjualan adalah mengajak konsumen untuk membeli produk dengan sentuhan pikiran yang bermakna dan rasional.  

Tujuan Sales Promosi

Sales Promosi

Promosi penjualan biasanya dikaitkan dengan manfaat yang menarik dan juga dapat meningkatkan kesadaran merek. Kesadaran merek pasti mempengaruhi pertumbuhan penjualan. Tujuan promosi penjualan adalah: 

1. Membuat pasar untuk produk baru

Perusahaan dan nama biasanya menawarkan banyak produk atau jasa. Tidak menutup kemungkinan setiap produk memiliki target pasarnya masing-masing.

Untuk mendapatkan produk di pasar, promosi penjualan bisa menjadi solusi. Bisnis dapat mengetahui apakah produk mereka menargetkan audiens yang tepat atau tidak. 

2. Tetap kompetitif

Mungkin perusahaan dan merek Anda laris manis. Namun, jangan biarkan hal itu membingungkan Anda. Pada saat yang sama, pesaing dapat menerapkan strategi periklanan yang dapat bersaing bahkan mengambil alih pelanggan yang sudah ada. Selain itu, promosi penjualan dapat menjaga merek tetap kompetitif dan dipilih oleh konsumen.  

3. Brand Awareness

Promosi penjualan biasanya dikaitkan dengan manfaat yang menarik dan dapat meningkatkan kesadaran merek. Kesadaran merek secara alami memengaruhi pertumbuhan penjualan.  

4. Loyalitas konsumen

Jika dikaitkan dengan poin sebelumnya, promosi bisa membantu konsumen tetap tertarik dengan brand Anda. Iklan yang menarik dapat membuat konsumen merasa memiliki keunggulan dibandingkan merek lain dengan membeli produk kita.

Penting juga untuk membuat penawaran khusus untuk anggota atau konsumen terdaftar untuk mempertahankannya. 

Contoh Sales Promosi

1. Sales Promotion Hadiah gratis

Ada banyak cara untuk menyesuaikan taktik periklanan Anda, salah satunya adalah dengan memberikan hadiah gratis. Jika Anda memiliki restoran,Anda Dapat menawarkan makanan penutup gratis sebagai promosi.

Selain toko pakaian tersebut mungkin menawarkan barang gratis yang mungkin merupakan stok lama dan dianggap tidak terjual. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa setiap item pakaian dalam kondisi baik dan karenanya layak untuk digunakan sebagai hadiah gratis.  

2. Sales Promotion Sample gratis

Pada dasarnya, konsumen menyukai apapun yang tersedia secara gratis. Pemberian sampel gratis dapat mendorong konsumen untuk membeli produk yang dijual oleh Gramedia. Bahkan, konsumen mungkin tidak pernah memikirkannya. Cara ini terbukti ampuh, terutama ketika Anda berencana meluncurkan produk baru.  

3. Sales Promotion Diskon

Diskon tentunya dapat mendorong konsumen untuk membeli suatu produk. Ide di balik ini adalah konsumen bisa mendapatkan produk dengan harga lebih rendah dari biasanya, yang bisa menjadi insentif untuk mendorong pelanggan membeli. 

4. Sales Promotion Voucher dan kupon

Kartu Hadiah dan Voucher, keduanya dapat memberikan kesan unik saat Anda menghadiahkannya kepada orang-orang tertentu. Apalagi jika kupon tersebut memiliki tanggal kadaluarsa. Konsumen yang mendapatkan kupon dan kupon khusus pasti akan merasa perlu untuk menggunakannya sebelum batas waktu yang diberikan. 

5. Sales Promotion Giveaway

Iklan dapat dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial merek. Ini tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penjualan. Sebaliknya, taktik ini dapat meningkatkan keterlibatan pemasaran media sosial. Gramedit dapat membuat kuis di media sosial yang dapat menarik perhatian konsumen. Kuis, di mana hadiah untuk pemenangnya adalah lotre, menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengikut baru di jejaring sosial.  

6. Sales Promotion Buy one get one free

Beli satu gratis satu adalah bentuk iklan yang sering digunakan oleh banyak merek. Beli satu dapat satu gratis atau disebut juga dengan BOGO menawarkan kepada konsumen keuntungan mendapatkan 2 item dengan harga 1 item. Beli satu gratis satu adalah taktik yang cukup efektif digunakan untuk hampir semua jenis produk dan layanan. 

7. Sales Promotion Cashback

Contoh iklan lainnya adalah reward pada setiap pembelian produk, sehingga konsumen kembali membeli produk lain dengan promo cashback ini. Misal harga satu tas Rp 200.000 dan Anda mendapatkan cashback Rp 10.000 setiap kali membeli produk ini, jika membeli dua tas maka pembeli akan mendapatkan cashback Rp 20.000.

Bagaimana Anda memutuskan untuk mempromosikan produk dengan promosi yang mana? Pastikan program aksi dipilih dengan benar!

Baca juga: Mengelola Hubungan Masyarakat dan Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 12 =