ide Kerja Online untuk Pelajar

16 Ide Kerja Online untuk Pelajar di 2023 [Cara Ampuh Mendapatkannya!]

Sebagai pelajar, waktu yang kalian gunakan biasanya berfokus untuk belajar. Namun, belajar sambil menambah pengalaman dan mendapatkan uang tambahan adalah ide yang bagus bukan?

Sayangnya, sangat susah mendapatkan pekerjaan part-time yang imbang dan tidak mengganggu waktu di sekolah, ekstrakulikuler, dan juga kehidupan sosial. Di artikel ini kita akan membahas jalan alternatifnya, yaitu dengan cara kerja online untuk pelajar.

Pekerjaan online menjadi pilihan sempurna untuk pelajar yang ingin mendapatkan uang tambahan. 

Keunggulan dari kerja online ini mulai meliputi:

  • Fleksibilitas waktu, kamu dapat bekerja sambil fokus dengan kelas di jam nya masing-masing.
  • Fleksibilitas tempat, berbeda dengan pekerjaan part-time di suatu usaha atau perusahaan. Kerja online dapat dilakukan dengan cara monitor tanpa rutin pergi ke kantor.
  • Hemat biaya, kerja secara monitor tidak mengharuskan kamu mengeluarkan biaya transportasi dan hal lainnya.
  • Peluang kerja yang luas, tak terbatas dengan suatu daerah saja. kerja secara online memungkinkan kamu mendapatkan klient atau pekerjaan luar daerah hingga luar negeri.
  • Melek teknologi, secara berkala bekerja secara online dapat membantu mengembangkan pemahaman dan pengetahuan kamu dalam bidang teknologi.  

Disamping keunggulan dari bekerja online, tentu diiringi dengan kekurangannya. Berikut beberapa kelemahan bekerja online yang dapat jadi pertimbangan saat ingin memulainya:

  • Interaksi sosial, interaksi dengan rekan kerja, klient, ataupun customer lebih terbatas dibanding dengan pekerja langsung.
  • Potensi kurang disiplin, bekerja online menuntut kamu untuk disiplin secara mandiri. Pastikan kamu dapat mengatur waktu sendiri dan memastikan kamu tetap produktif dan fokus pada tugas yang diberikan. Jika tidak disiplin, kamu mungkin mengalami penurunan produktivitas dan kualitas kerja yang buruk.
  • Bergantung dengan teknologi dan internet, Kerja online memerlukan koneksi internet yang stabil dan perangkat teknologi yang andal. Jika terjadi gangguan internet atau masalah teknologi lainnya, maka dapat mengganggu produktivitas kerja.

Masa pandemi tahun lalu telah mengajari kita sesuatu. Seperti tanggung jawab pekerjaan yang dapat diselesaikan dari rumah sama seperti yang biasa dikerjakan dikantor. 

Jadi, kerja online untuk pelajar adalah cara bagus untuk mempersiapkan diri kalian untuk masuk dunia profesional, namun tetap fokus dengan dunia pendidikan yang sedang dijalani. 

Artikel ini akan membantu kamu, dari rangkuman ide kerja online untuk pelajar. Mulai dari mendapatkan uang jajan tambahan hingga penghasilan tetap. 

16 Ide Kerja Online untuk Pelajar

1. Game Commision

Ide Kerja Online untuk Pelajar
Contoh jasa game commision di sosial media

Sebagai gamers, selain bermain untuk hobi kamu juga dapat hasilkan uang dari game! ide kerja online untuk pelajar yang pertama adalah open commision untuk game. Istilah populernya yaitu ‘joki game’.

Bermain game tentunya digemari oleh banyak kalangan. Namun, terkadang banyak misi-misi dari game yang sulit untuk dikerjakan. Nah, joki game sangat diandalkan dalam kasus ini. Joki game sudah banyak diminati sejak lama. 

Jika kamu handal dalam permainan Genshin Impact, Mobile Legend, dan game lainnya. Ide yang satu ini wajib jadi pertimbangan. Bermain sambil menghasilkan uang sangat menarik bukan?

Tips:

Jika tertarik untuk memulainya, hal-hal yang perlu kamu siapkan adalah:

  • Aktif di sosial media, sosmed menjadi perantara penyedia jasa dan customernya. Sosial media yang biasa dimanfaatkan untuk menawarkan jasa joki game yaitu Twitter, Instagram, Facebook.
  • Siapkan paket dan price list, kamu perlu menyusun apa saja jasa-jasa yang disediakan. Lalu buat price listnya semenarik mungkin.
  • Testimoni, agar menambah kepercayaan calon customer. Kamu perlu menampilkan testimoni di akun sosial media-mu. Tawarkan jasa ke teman dekat terlebih dahulu, lalu bangun testimoni yang menjadi bahan pertimbangan penting untuk target audiens.
PenghasilanRp 10.000 – Rp 250.000 / misi, quest, dll.

2. Freelance Content Writer

‘Content is King’ 

Selain konten video, konten dalam bentuk tulisan juga masih banyak dibutuhkan untuk bisnis kecil hingga perusahaan besar. Konten artikel berfungsi dalam strategi konten marketing.

Peran sebagai freelance content writing melibatkan jenis-jenis penulisan berikut;

  • Artikel blog – memuat informasi hingga opini tentang suatu topik.
  • Copywriting – konten tulisan yang memuatu informasi dan mempromosikan suatu merk, jasa, atau produk untuk menarik target audiens.
  • Skrip – tulisan berupa naskah untuk video, animasi, dll.
  • Artikel Press release – jenis artikel yang tujuannya dibagikan ke media atau publik tentang suatu kegiatan, merk usaha, atau event tertentu.
  • Sosial media writing – tulisan yang digunakan untuk promosi atau pengumuman yang diposting suatu bisnis di sosial media mereka.
  • Konten Email – tulisan yang berisi pesan atau informasi penting yang dikirimkan melalui email. 
  • E-Book – tulisan panjang dan kompleks dalam format digital yang membahas satu topik tertentu.

Jika kamu memiliki basic pengetahuan tentang menulis artikel, pandai menyusun kalimat, dan suka berkomunikasi, ide kerja online untuk pelajar satu ini wajib didalami. 

Karena menjadi content writer memungkinkan kamu bekerja dengan jadwal yang fleksibel selama kamu dapat memenuhi deadline yang diberikan customer. 

Siapa Saja yang Membutuhkan Content Writer?

Pemilik Bisnis Kecil atau Startup

Dalam tahap promosi bisnis, pemiliknya akan membutuhkan jasa dari freelance content writer untuk kebutuhan; caption sosial media, detail halaman produk di marketplace/e-commerce, copywriting, dan kebutuhan artikel di situs website mereka.

Perusahaan Besar

Perusahaan besar biasanya membutuhkan content writer untuk memenuhi konten blog situs website mereka secara rutin. Jika tulisan-mu menarik perhatian, maka peluang untuk direkrut semakin besar dan bisa mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi.

Jasa SEO Website

Bisnis yang aktif di mesin pencarian biasanya membutuhkan jasa SEO (optimasi mesin pencari). Para penggiat SEO memiliki banyak kebutuhan terhadap konten tulisan mulai dari copywriting hingga artikel blog.

Dikutip dari Garuda Website situs penyedia jasa SEO dan jasa Backlink. Content writing memiliki peran besar dalam proses optimasi website. Mulai untuk kebutuhan optimasi on-page hingga kebutuhan off-page dalam metode link building yang sedang berjalan. 

Blogger

Jika terjun di dunia blogger, penulis harus konsisten membagikan artikel setiap harinya. Ya.. banyak blogger yang membutuhkan freelance content writer untuk memenuhi kebutuhan blog-nya.

Penerbit Buku

Penerbit memerlukan penulis yang berkualitas untuk membuat buku, artikel, dan konten lainnya untuk publikasi mereka.

Media

Media tradisional dan digital memerlukan content writer untuk membuat artikel, berita, dan laporan untuk dibagikan dengan publik.

Tips:

Freelance Content Writer

Dari yang kita bahas di atas, artinya kebutuhan akan konten masih begitu besar. Peluang kamu untuk direkrut pun juga begitu luas. Kuasai salah satu atau beberapa jenis tulisan yang disebutkan sebelumnya. 

Di waktu luang, kamu dapat coba melamar sebagai content writer di berbagai situs freelance atau sosial media.

Penghasilan yang bisa didapatkan sangat beragam, tergantung dengan jenis konten, jumlah kata, dan kualitas tulisan. Estimasi sementara

PenghasilanRp 35.000 – Rp 60.000 / 1 artikel 1000 kata.

3. Voice-Over Talent

Voice over talent adalah seorang profesional yang merangkap sebagai pengisi suara untuk berbagai jenis produksi audio dan visual seperti iklan TV, radio, film, acara TV, video game, animasi, podcast, dan lain sebagainya. 

Seorang voice over talent harus memiliki kemampuan vokal yang baik, intonasi, penekanan kata yang tepat, serta keahlian untuk menyesuaikan diri dengan berbagai jenis karakter dan gaya pembicaraan.

Penghasilan:

Penghasilan seorang voice over talent bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti pengalaman, popularitas, jenis proyek, durasi proyek, dan lain sebagainya. 

Penghasilan voice over talent biasanya diberikan dalam bentuk honorarium atau royalti. Honorarium atau bayaran satu kali dapat bervariasi mulai dari ratusan hingga ribuan dolar tergantung pada jenis proyek. 

Sedangkan royalti diberikan ketika suara mereka digunakan untuk produk yang dijual seperti video game, film, atau acara TV, dan biasanya berkisar antara 5-20% dari total penjualan produk.

Sebagai contoh, voice over talent di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris biasanya dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan di negara berkembang. Selain itu, voice over talent yang sangat terkenal dan memiliki reputasi tinggi biasanya dapat memperoleh honorarium yang jauh lebih tinggi.

Estimasi Penghasilan$ 10 / Rp 154,260.00 – $ 250 / Rp 3,856,500.00 

4. Jasa Grafik Desainer

Grafik desainer adalah seorang profesional yang merancang dan membuat berbagai jenis desain grafis mulai dari: 

  • Logo
  • Brosur
  • Iklan
  • Poster
  • Kemasan produk, 
  • dan lain sebagainya untuk berbagai klien dan bisnis. 

Penghasilan:

Penghasilan seorang grafik desainer bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti pengalaman, reputasi, jenis proyek, dan lokasi.

Namun, secara umum penghasilan seorang grafik desainer luar negeri (Amerika Serikat) lebih tinggi dari Indonesia. Contohnya 1 desain logo di platform Fiverr memiliki kisaran harga:

Estimasi Penghasilan$ 35 – $ 400 atau sama dengan Rp 540.704 – Rp 6.179.280/1 desain.

Tips:

Para grafik desainer sangat kami rekomendasikan untuk aktif di pasar global. Pasar global memberikan tarif lebih tinggi dibandingkan di pasar lokal. Harga paling rendah untuk 1 desain logo di Indonesia mulai dari Rp 50.000 – Rp 100.000 saja.


5. Host Live TikTok

Host Live TikTok

Saat ini, berjualan secara online sangat digandrungi para pemasar. Bagaimana tidak? Keuntungan dari berjualan online secara live membawa keuntungan berkali-kali lipat. Strategi yang biasa digunakan pemasar yaitu dengan cara menggunakan fitur live TikTok untuk berjualan produk mereka dan menambahkan promo untuk pembelian saat itu juga.

Biasanya bisnis kecil hingga bisnis profesional yang berjualan melalui TikTok membutuhkan beberapa talent host untuk TikTok. Saat ini, perekrutan talent host live TikTok sudah banyak bermunculan. Mulai dari pengumuman di sosial media, di TikTok, LinkedIn, platform lowongan kerja, dan situs freelance.

Bagi kamu yang memiliki skill public speaking yang bagus. Ide kerja online untuk pelajar yang satu ini patut dipertimbangkan.

Estimasi PenghasilanRp 4.000.000 – Rp 10.000.000/bulan

6. Admin Online Shop 

Ada banyak pekerjaan yang bisa dihasilkan dari 1 bisnis saja. Ide kerja online untuk pelajar selanjutnya adalah menjadi admin online shop. Seorang admin online shop memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab untuk memastikan kelancaran operasi toko online, tugasnya yaitu:

  • Menangani layanan pelanggan: admin online shop harus mampu membantu pelanggan dengan pertanyaan, masalah, hingga keluhan yang muncul.
  • Mengelola stok produk dan pesanan
  • Membuat laporan penjualan

Penghasilan:

Gaji seorang admin online shop dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran dan jenis bisnis online, lokasi geografis, tingkat pengalaman, tanggung jawab pekerjaan, dan keahlian khusus yang dibutuhkan.

Di Indonesia, gaji seorang admin online shop bisa mulai dari sekitar:

Estimasi PenghasilanRp 2.000.000 – Rp 10.000.000/bulan

7. Jual Foto Online

Jual Foto Online
Cara menjadi kontributor di shutterstock.com

Ide kerja online untuk pelajar kali ini cocok untuk kamu yang mendalami dunia fotografi. Cara jual foto online dapat dilakukan dengan bergabung ke situs-situs jual beli foto seperti Shutterstock, iStockphoto, atau Getty Images. Setelah mendaftar, kamu dapat mengunggah foto-foto yang telah kamu buat ke situs tersebut.

Penghasilan dari jual foto online bervariasi tergantung dari banyak faktor, termasuk jumlah foto yang dijual, kualitas foto, jenis lisensi yang ditawarkan, dan platform yang digunakan. Setiap platform memiliki peraturan dan persentase komisi yang berbeda, namun umumnya kontributor akan memperoleh 15-50% dari harga jual foto.

Contohnya, jika kamu menjual foto dengan harga $10 di Shutterstock dan mendapatkan 25% komisi, maka penghasilan yang didaptkan sekitar $2,50 untuk setiap foto yang terjual. Jumlah penghasilan yang diperoleh setiap bulannya dapat bervariasi tergantung pada seberapa banyak foto yang terjual.

Selain itu, jika kamu menggunakan platform seperti Etsy, Shopify, atau WooCommerce, kamu dapat menentukan harga sendiri dan memperoleh seluruh penghasilan dari penjualan foto. Namun, kamu harus mempromosikan toko online sendiri dan mengambil tanggung jawab atas pengiriman dan layanan pelanggan.

Estimasi Penghasilan0,05-$120 (Rp 771.59 Rp 1,851,810.00)/satu file foto

8. Buka Online Shop

Seperti yang dibahas sebelumnya, banyak ide kerja online yang berhubungan dengan bisnis atau online shop. Jika kamu ingin mulai terjun ke dunia bisnis. Maka ide selanjutnya adalah membuka online shop.

Ada begitu banyak ide bisnis online untuk pelajar, tanpa modal hingga modal hemat budget. Bisnis online dapat dimulai untuk para pelajar. Ini bukan omong kosong, sudah banyak bukti-bukti di luar sana.

Namun, sebelumnya ada banyak hal yang patut jadi perhatian. Mari kita sebutkan secara singkat:

Tentukan ide bisnisnya

Buka Online Shop
Contoh ide bisnis untuk online shop

Langkah pertama tentukan jenis bisnis apa yang cocok untuk kamu jalankan. Kamu dapat mulai brainstorming dari hobi, keahlian, dan minat terhadap sesuatu. Jadikan itu bisnis!

Riset pasar

Setelah menetapkan pilihan, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Tanyakan terhadap diri sendiri, apakah ide bisnis ini diminati atau dibutuhkan oleh pasar? Lalu lakukan riset untuk mengetahui seberapa luas permintaan produk atau layanan yang ingin kamu jual.

Ada banyak metode riset pasar yang dapat dilakukan. Mulai dari melihat minat audiens di Google Trends, melihat produk-produk yang tampil di halaman e-commerce, hingga memperhatikan trend-trend yang ada di media sosial.

Buat rancangan bisnis

Buat rencana bisnis yang mencakup tujuan, strategi pemasaran, biaya, target pasar, dan proyeksi pendapatan dan pengeluaran.

Pilih platform online

Kamu perlu mempertimbangkan platform mana yang akan digunakan tergantung dengan apa yang di jual. Contohnya, jika menjual produk make up dengan target pasar wanita usia 17 –  24 tahun. Maka platform sosmed aktif yang perlu kamu gunakan adalah Instagram dan TikTok dibanding Facebook.

Buat toko online

Selain sosial media, kamu perlu membuka toko di e-commerce yang banyak digunakan oleh target audiens (contohnya Shopee atau Tokopedia). 

Promosikan bisnis

Manfaatkanlah banyak metode dan media promosi yang ada. Promosikan bisnis melalui media sosial, iklan online, email marketing, dan metode lainnya yang tepat.

Penghasilan:

Penghasilan online shop dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti jenis produk yang dijual, kualitas produk, harga jual, platform yang digunakan, jumlah pesanan, dan biaya operasional. Sebagai pemilik online shop, kamu dapat memperoleh penghasilan dari margin keuntungan yang dihasilkan dari penjualan produk.

Sebagai contoh, jika kamu menjual produk dengan harga beli Rp 100.000 dan menjualnya dengan harga Rp 150.000, maka margin keuntungannya adalah Rp 50.000. Jumlah penghasilan yang dihasilkan per bulan dapat bervariasi tergantung pada jumlah produk yang terjual dan harga jual yang ditentukan.

Selain itu, biaya operasional juga harus dipertimbangkan seperti biaya pengiriman, biaya bahan baku, biaya iklan, biaya hosting website, biaya pembayaran online, dan lain-lain.


9. Video Editor

Rata-rata jumlah jam yang dihabiskan orang untuk menonton video berkembang sangat pesat. Ini saat yang tepat bagi kamu untuk mengembangakn kemampuan editing video, membangun keterampilan yang mendatangkan peluang kerja di masa depan.

Jika kamu memiliki sisi kreativitas yang tinggi dan memiliki keahlian dan pengetahuan pengeditan video. Maka pertimbangkan untuk menawarkan layanan editing video kepada banyak klient dari berbagai bisnis dan organisasi.

Estimasi PenghasilanRp 230.000 – Rp 460.000/jam

10. Manager Sosial Media

Rata-rata dari kita menghabiskan banyak waktu menelusuri sosial media. Mulai dari TikTok, Instagram, Twitter, dan platform lainnya. Jika kamu sering mendapatkan like dan komentar, atau pandai mempengaruhi orang lain untuk bertindak melalui postingan yang kamu bagikan. Maka pekerjaan sebagai manager sosial media layak dipertimbangkan.

Manajer sosial media memiliki tugas sebagai berikut;

  • Membangun audiens untuk suatu organisasi, bisnis, atau perusahaan di akun sosmednya. 
  • Mampu melibatkan suatu target audiens tertentu untuk terlibat dalam percakapan, seperti mendapatkan komentar di postingan sosmed.
  • Mampu mendorong audiens untuk mengambil tindakan (membaca blog, mendaftarkan email, hingga membeli produk).
  • Manager sosial media juga berperan penting dalam membangun kesadaran merk atau brand awareness bagi suatu bisnis atau perusahaan.

Penghasilan:

Penghasilan seorang manager sosial media di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti pengalaman, keterampilan, tanggung jawab, industri, dan lokasi tempat bekerja.

Namun, berdasarkan data dari situs web karir Jobstreet, penghasilan rata-rata seorang manager sosial media di Indonesia adalah sekitar:

Estimasi PenghasilanRp 7.500.000 – Rp 13.500.000 per bulan.

Di mana mencari pekerjaannya?

Peluang terbaik untuk mencari profesi ini yaitu dengan mencari agen marketing di Google, LinkedIn, ataupun situs pencari kerja.


11. Blogger

Source: Google

Mungkin orang awam bertanya-tanya, apakah bisa mendapatkan uang dari blog? Jawabannya tentu bisa. Banyak blogger yang sukses menghasilkan uang dari blog mereka dengan menggunakan beberapa cara seperti iklan, sponsorship, afiliasi, menjual produk, membership site, dan donasi. 

Namun, untuk dapat menghasilkan uang dari blog, kamu perlu memiliki traffic atau jumlah kunjungan yang tinggi ke blog. 

Tips:

Untuk mendapatkan traffic yang tinggi, kamu perlu terus membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca serta mempromosikan blog di media sosial dan jaringan lainnya. Selain itu, kamu juga perlu memilih strategi monetisasi yang tepat dan terus mengembangkan keterampilan sebagai blogger.

Tetapi, perlu dicatat bahwa membangun blog yang sukses dan menghasilkan uang dari blog tidaklah mudah dan memerlukan waktu, kesabaran, dan usaha yang konsisten. Kamu juga perlu memiliki minat dan keahlian pada topik yang ingin di tulis dalam blog agar dapat memproduksi konten yang berkualitas dan menarik bagi pembaca.

Penghasilan:

Penghasilan sangat bervariasi, namun sebagai contoh jika blog-mu menggunakan Google Adsense untuk menghasilkan uang.

Estimasi PenghasilanPendapatan paling rendah Rp 1.300.000 perbulannya. 

12. Art Commission

Contoh promosi komisi art dari akun twitter.com/hanabira06

Art Commission adalah istilah yang digunakan dalam dunia seni dan kreatif untuk menggambarkan sebuah permintaan atau pesanan dari seorang klien atau pelanggan kepada seorang seniman atau perancang grafis untuk membuat karya seni sesuai dengan spesifikasi atau keinginan klien tersebut.

Contoh dari Art Commission adalah seorang pelanggan memesan sebuah lukisan atau gambar yang ingin dijadikan sebagai hadiah ulang tahun untuk sahabatnya, atau seorang perusahaan memesan desain grafis untuk iklan kampanye mereka. Biasanya, Art Commission ini berbasis pada kesepakatan dan kontrak yang telah disepakati sebelumnya, yang mencakup biaya, batas waktu, spesifikasi pekerjaan, dan hak cipta karya seni.

Art Commission biasanya menjadi sumber pendapatan bagi seniman dan perancang grafis yang menerima pesanan tersebut. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi seniman untuk memperluas portofolio mereka dan mengembangkan keterampilan dalam membuat karya seni yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan klien.

Tips:

Di Indonesia, art commision sangat aktif pada platform sosial media terutama Twitter. Untuk memulainya kamu dapat rancang portfolio sebaik mungkin buat daftar jasa serta harganya. Lalu bagikan ke akun Twitter-mu, gunakan hashtag populer seperti 

#art 

#fanart 

#opencommissions

#commissionsopen

#Chibi 

#opencommissions

#illustration

#ArtistOnTwitter

#Commission

#artcommissions

#commissionsph

#digitalart

#artph

Penghasilan tergantung dengan art yang kamu gambar, namun biasanya tarif art commision mulai dari:

Estimasi Penghasilan$ 10 = Rp 154,387.00 / satu gambar

13. Shopee Affiliate

Shopee Affiliate adalah program afiliasi yang disediakan oleh Shopee, sebuah platform e-commerce di Asia Tenggara. Program ini memungkinkan kamu untuk mempromosikan produk Shopee dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi yang di bagikan.

Shopee Affiliate menawarkan komisi yang cukup menguntungkan, tergantung pada jenis produk dan kategori yang dipilih. Selain itu, Shopee juga menyediakan alat analitik dan pelaporan untuk membantu kamu melacak kinerja kampanye afiliasi dan mengoptimalkan strategi promosi kalian.


14. GO (Group Order) atau Jual Barang Pre-order

Ide kerja online untuk pelajar satu ini cocok untuk para Kpopers. Mendapatkan uang dari hobi memanglah menyenangkan.

GO (Group Order) adalah istilah yang biasa digunakan di kalangan penggemar K-Pop dan merchandise K-Pop untuk merujuk pada pengumpulan pesanan dari beberapa orang untuk membeli produk atau merchandise K-Pop secara bersama-sama dalam jumlah besar. Dalam pengertian yang lebih sederhana, GO adalah cara bagi penggemar K-Pop untuk membeli produk K-Pop (dari luar negeri) dengan harga yang lebih murah daripada membelinya secara individu, karena mereka membeli dalam jumlah besar.

Dalam praktiknya, seorang penyelenggara GO akan membuka pemesanan untuk produk K-Pop tertentu seperti produk:

  • Album Fisik KPOP Group
  • Lightstick
  • Merchandise official
  • Merchandise masternim

Lalu, pemikik GO mengumpulkan pesanan dari beberapa orang untuk membeli produk tersebut dalam jumlah besar. Setelah pesanan terkumpul, penyelenggara GO akan melakukan pembelian produk dari supplier atau toko resmi K-Pop dengan harga grosir. Kemudian, produk akan dibagi-bagikan ke setiap peserta GO sesuai dengan jumlah yang mereka pesan.

GO biasanya dilakukan di grup media sosial, forum, atau platform penggemar K-Pop lainnya. Dalam kebanyakan kasus, peserta GO akan membayar biaya produk dan ongkos kirim ke pemilik GO terlebih dahulu, kemudian pemilik GO akan membeli produk dan mengirimkannya ke alamat setiap peserta GO.


15. Bergabung ke Platform Isi Survei

Source: nerdwallet.com

Ada beberapa platform yang menawarkan survei berbayar yang dapat di isi untuk mendapatkan uang. Cara mengisi survei untuk mendapatkan uang dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Mendaftar ke platform survei berbayar
  • Isi profil lengkap
  • Pilih survei
  • Isi survei dengan baik dan jujur
  • Dapatkan imbalan
  • Tukarkan imbalan

Perlu diingat bahwa mengisi survei untuk mendapatkan uang tidak akan membuat kamu kaya dalam semalam. Namun, ini bisa menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk mendapatkan sedikit uang tambahan di waktu luang.


16. Freelance Data Entry

Freelance data entry adalah pekerjaan di mana seseorang membantu memasukkan data ke dalam sistem, seperti spreadsheet atau basis data, dalam waktu yang ditentukan oleh klien atau perusahaan. 

Sebagai seorang freelance data entry, kamu dapat bekerja dari rumah atau di lokasi yang Anda inginkan, serta menentukan jam kerja sendiri. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memulai sebagai freelance data entry:

  • Tentukan keterampilan kamu: Pastikan kamu memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bekerja sebagai freelance data entry, seperti kemampuan mengetik cepat dan akurat, menguasai penggunaan spreadsheet dan program pengolahan data lainnya, serta memiliki pemahaman dasar tentang database.
  • Cari pekerjaan freelance data entry: Bergabung di berbagai situs pencari kerja
  • Buat portofolio
  • Menawarkan harga yang wajar: Tentukan harga yang wajar untuk jasa freelance data entry Anda. Harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat memulai sebagai freelance data entry dan memperoleh penghasilan dari pekerjaan ini.

Estimasi Penghasilan$ 10 – $ 30/project

Kesimpulan

Di dunia yang sangat kompetitif ini, mencoba terjun ke dunia freelance dapat membantu kamu secara finansial, menambah pengalaman, hingga memperdalam keterampilan kerja kalian.

Semoga daftar ide kerja online untuk pelajar yang telah kami rangkum ini bermanfaat untuk kalian! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 15 =