Pentingnya Mengajarkan Anak Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut

Sangat penting untuk menjaga kesehatan anak secara umum, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Sayangnya, tidak banyak orang tua yang sadar bahwa anaknya harus diajarkan menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Banyak orang tua berpikir menyikat gigi sudah cukup.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak kecil. Dengan cara ini dapat menjadi kebiasaan dan memberikan kesadaran yang tinggi kepada anak-anak untuk melakukan hal ini selama sisa hidup mereka. Padahal, kebiasaan ini membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit periodontal di usia tua.

Bahaya Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menyikat gigi secara teratur bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, perlu diingat bahwa ini saja mungkin tidak cukup, terutama dengan anak-anak. Rutinitas seperti menyikat gigi, membersihkan rongga mulut dengan obat kumur, dan flossing masih belum efektif dalam mencegah ketidaknyamanan pada gigi dan mulut.

Kondisi ini tidak boleh diabaikan. Karena masalah pada gigi dan mulut bisa berakibat fatal dan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi pada gigi atau gusi dapat menyebar ke jaringan tubuh lainnya. Pada penyakit yang parah, infeksi dapat meningkatkan risiko penyakit atau gangguan pada organ lain.

Ada berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut yang bisa muncul jika anak Anda tidak terbiasa menjaga kebersihan area tersebut. Risiko terkena penyakit ini meningkat pada anak-anak yang jarang menyikat gigi, mengunyah permen karet atau permen secara berlebihan, dan terlalu sedikit minum air putih. Padahal, kebiasaan tersebut cenderung merusak gigi dan gusi.

Gigi yang rusak dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan pada gusi, kerusakan gigi bahkan kerusakan gigi pada anak. Berbagai jenis sakit gigi dapat terjadi, termasuk:

1. Karies Gigi

Kesehatan Gigi dan Mulut

Jenis nyeri ini sangat umum dan sering terjadi pada anak-anak. Kerusakan karies gigi terjadi karena plak menumpuk di sekitar gigi dan mulut. Plak adalah bakteri atau kotoran yang menempel dan hidup di rongga mulut. Plak sering berkembang dari sisa makanan yang tidak dibersihkan atau gigi yang tidak disikat sebelum tidur.

2. Gingivitis

Kesehatan Gigi dan Mulut

Radang gusi, juga dikenal sebagai gingivitis, juga dapat terjadi akibat kebersihan mulut yang buruk. Tidak jauh berbeda dengan karies gigi, gingivitis juga disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada gusi dan menyebabkan gusi mudah berdarah.

3. Periodontitis

Kesehatan Gigi dan Mulut

Penyakit gusi bisa bertambah parah, apalagi jika anak tidak dibiasakan menggosok gigi dengan benar. Kondisi yang lebih berbahaya dapat terjadi, yaitu periodontitis. Kondisi ini merupakan gingivitis parah yang dapat merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Gejala yang muncul sebagai tanda penyakit ini adalah bau mulut, perubahan warna gusi menjadi merah cerah atau ungu, pembengkakan dan pendarahan pada gusi.

Demikian ulasan mengenai pentingnya mengajarkan kesehatan gigi dan mulut pada anak agar terhindar dari penyakit. Semoga informasi ini dapat berguna unatuk Anda.

Baca Juga: 11 Makanan Indonesia Paling Enak dan Populer

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.