Mengenal Apa Itu Press Release

Mengenal Apa Itu Press Release? Beserta Contoh Penulisan Press Release

Press release merupakan salah satu kegiatan kehumasan dalam suatu organisasi. Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Sayangnya sekarang tidak banyak digunakan. Bahkan beberapa orang bahkan tidak mengetahui definisi press release.

Di artikel ini akan membahas apa itu press release dan contoh penulisan press release.

Pengertian Press Release

Press release adalah informasi tertulis yang disediakan departemen hubungan masyarakat kepada publik. Tentu saja siaran ini tidak selalu diproduksi oleh mereka. Perusahaan besar mungkin tidak membawa sendiri dapat menjualnya melalui pihak ketiga press release dalam format berita tetapi berisi pengumuman informasi dengan sisipan promosi. 

Menulis surat membutuhkan pemikiran yang panjang dan hasilnya harus unik dan menarik. Tidak semua orang bisa menghasilkan karya yang menarik perhatian pembaca di media. Karena itu anda harus membaca contoh penulisan press release di artikel ini

Press release ini berupa berita perusahaan atau produk tergantung tujuan pembuatnya. Pembuatannya biasanya tidak jauh berbeda dengan produk biasa. 

Baca juga informasi menarik lainnya melalui website honfablab.org yang telah menyediakan banyak informasi menarik dan sangat penting untuk bisa diketahui.

Mengapa Anda Membutuhkan Press Release?

Contoh Penulisan Press Release

Mengapa orang membutuhkan press release? Ada beberapa alasan penting salah satunya adalah adanya unsur promosi tidak langsung untuk membuat produk perusahaan dikenal oleh pembaca. Hal ini dapat terjadi karena aliran berisi informasi penting tentang item tersebut.

Perusahaan juga membutuhkan press release karena dapat mengalihkan perhatian publik terhadap berita bias atau negatif terkait perusahaan. Kabar baik bisa membuat orang untuk sementara melupakan hal-hal tidak menyenangkan yang terjadi sebelumnya. 

Mencapai tujuan ini membutuhkan keterampilan menulis yang percaya diri. Penerbitan majalah praktis karena melibatkan media. Ditempatkan dengan baik di dunia maya efeknya terasa lama. Tak heran jika banyak perusahaan yang aktif menerapkan sistem keren ini untuk meningkatkan reputasi dan profitabilitas perusahaannya.

Baca juga: Mengenal Sponsorship Beserta Keuntungannya di Dunia Marketing

Membuat Press Release yang Menarik 

Press release sering digunakan untuk menarik perhatian media. Apa yang terjadi? Tujuan utamanya adalah mempopulerkan perusahaan. Jika siaran yang ditulis oleh bagian kehumasan bisa menarik media cetak seperti koran pihaknya akan menuliskannya sebagai berita. Ini akan sangat berguna. 

Berita yang ditulis oleh koresponden dibaca oleh pembaca setia dan akhirnya informasi perusahaan dapat diketahui lebih luas. Tidak heran jika banyak orang PR kesulitan menemukan siaran pers yang berkualitas. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memasukkan informasi penting di bagian header. 

Contoh-contoh Penulisan Press Release

1. Contoh Press Release Perusahaan

Herbalia

Siaran pers

Bersama PT Ero, Herbalia mengembangkan bisnis di Indonesia

Pada Senin (11/05/20) Herbalia menandatangani kesepakatan dengan PT Ero untuk pengembangan bisnis bersama selama 2 tahun ke depan. Kerjasama ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di bidang masakan sehat.

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Herbalia dan CEO PT Ero di Hotel Bantul 67. Melalui kerjasama ini, kuliner Yogyakarta harus berkembang lebih baik lagi sehingga masyarakat dapat hidup sehat tanpa bahan pengawet.

2. Contoh Press Release Produk

Herbalia meluncurkan Wedang Jahe Lezat (WJL).

Pada 10 Mei 2020, secara resmi memperkenalkan produk alaminya yang disebut WJL. Produk berbahan dasar alami ini memiliki rasa yang enak dan dapat membawa berbagai manfaat bagi masyarakat. Wedang jahe yang enak dapat menghangatkan tubuh dan mengobati masuk angin.

Cara pembuatannya cukup mudah, karena hanya perlu direbus dengan air panas. Semoga minuman hangat ini bisa menjadi alternatif di hati masyarakat.

Press release mungkin merupakan metode yang harus digunakan perusahaan. Demikian pengertian press release beserta contoh penulisan press release, semoga bermanfaat.

Jika ingin mengetahui informasi lainnya yang berhubungan dengan press release, Anda bisa melanjutkan membaca contoh radio release yang penting untuk diketahui para pemiliki bisnis atau ketahui contoh press release produk makanan yang baik dan benar agar bisa mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − five =