Mengenal Sponsorship

Yuk, Mengenal Sponsorship Beserta Keuntungannya di Dunia Marketing

Mengenal Sponsorship– Sponsorship adalah dukungan finansial untuk sebuah acara. Organisasi mensponsori acara pameran dagang untuk organisasi atau badan amal untuk mencapai tujuan bisnis tertentu dan meningkatkan keunggulan kompetitif mereka. 

Meskipun strategi sponsorship ini merupakan salah satu bentuk sponsorship pemasaran strategi ini jelas berbeda dengan periklanan. Perusahaan periklanan mencoba membujuk pelanggan untuk membeli dengan membagikan informasi spesifik tentang produk atau perusahaan. Sedangkan sponsorship adalah suatu bentuk dimana perusahaan menggunakan metode periklanan produknya kepada masyarakat luas.

Ada baiknya jika Anda telah mengenal sponsorship, juga mengetahui bagaimana mana cara mencari media partner agar dapat memperbesar peluang besar bisnis Anda untuk dikenali oleh target pasar.

Apakah sekarang Anda sudah mengenal sponsorship? Perlu anda ketahui keuntungan Mengorganisir Sponsorship antara lain:

Keuntungan Mengorganisir Sponsorship

Mengenal Sponsorship

1. Dapatkan Tanggapan Positif dari Audiens Anda

Mensponsori acara yang berhubungan dengan audiens yang besar akan membentuk citra perusahaan Anda di mata mereka. Ketika pengunjung dan pelanggan merasa memiliki nilai dan perhatian yang sama mereka mengembangkan sikap positif terhadap perusahaan Anda.

2. Meningkatkan Media Exposure

Liputan media mahal dan secara finansial di luar jangkauan banyak usaha kecil. Namun jika Anda dapat mensponsori acara lokal atau pameran industri Anda dapat memanfaatkan kehadiran media di acara Anda.

Liputan media seringkali mencantumkan nama sponsor apalagi jika logo dikaitkan dengan nama atau brand acara tersebut. Publisitas positif ini meningkatkan kesadaran akan produk atau layanan Anda.

3. Membedakan Anda dari Kompetitor

Sponsor acara terutama sponsor eksklusif dapat membedakan Anda dari pesaing. Perusahaan Anda akan tetap positif di benak konsumen. Ini adalah strategi yang akan membantu Anda menonjol dari pesaing yang memiliki anggaran iklan lebih besar dari perusahaan Anda.

4. Memperkuat Kerjasama Dengan Para Pihak Utama

Banyak acara menawarkan peluang jaringan unik kepada sponsor seperti resepsi VIP atau jalan-jalan dengan nama-nama terkenal di industri. Anda dapat menggunakan acara ini untuk bertemu dengan klien utama dan memperkuat hubungan bisnis terutama jika Anda berencana untuk menindaklanjuti urusan bisnis setelah acara.

Untuk informasi lebih jelasnya agar bisa mendapatkan sponsorship yang baik dalam bisnis Anda, bisa melanjutkan membaca cara mencari sponsorship.

Jenis- Jenis Sponsorship

Mengenal Sponsorship

Selama ini rencana sponsorship umumnya dilakukan oleh segelintir pihak terutama perusahaan dan pemilik usaha yang ingin meningkatkan popularitas produknya. Kegiatan sponsorship ini dinilai sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis karena meningkatkan nilai merek atau brand name dari produk tersebut. Ini benar-benar dapat meningkatkan otoritas dan kredibilitas perusahaan dan di bawah ini adalah alasan peluncuran oleh beberapa penulis.

1. Brand Sponsorship

Brand sponsorship adalah jenis tindakan yang dilakukan merek korporat untuk mendukung program atau organisasi yang sedang dilakukan di komunitas mereka. Sejauh ini brand sponsorship ini merupakan taktik pemasaran yang sangat efektif untuk membuat nama perusahaan Anda dikenal publik.

Misalnya salah satu perusahaan brand ternama di dunia Coca Cola pernah mensponsori event besar sepakbola dunia World Cup dan strategi mereka dianggap berhasil bahkan nilai perusahaan mereka meningkat.

2. Event Sponsorship

Coulson dan Thomas menunjukkan bahwa sponsor acara adalah bentuk bisnis yang dirancang untuk meningkatkan citra perusahaan dan bagaimana nama mereknya diingat oleh masyarakat luas. Selain itu juga akan berbeda dengan kompetitornya karena sudah memiliki brand image yang kuat di mata masyarakat.

Ini adalah ulasan tentang sponsorship. Sementara sponsorship memiliki banyak keuntungan itu juga memiliki kelemahan terutama dalam hal menemukan target untuk dicari dan anggaran untuk diposting nanti. Namun semua ini dapat dicapai dengan manajemen yang baik dan strategi yang matang dan terencana. Sudahkah Anda mengenal sponsorship?

Sebagai informasi pelengkap, Anda juga perlu memahami contoh press release krisis perusahaan yang penting agar bisa mengembangkan perusahaan Anda untuk lebih besar.

Baca juga: Langkah-langkah Cara Membuat Event Agar Sukses Besar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − fourteen =