Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang penjualannya meningkat. Untuk mencapai hal ini, diperlukan upaya promosi untuk meningkatkan penjualan produk hak milik. Iklan dapat dilakukan melalui berbagai media. Apalagi sekarang sudah ada teknologi canggih yang bisa dijadikan media promosi dengan hasil yang lebih cepat dan menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke luar negeri.

Anda dapat menjual produk atau layanan perusahaan Anda melalui jenis alat periklanan berikut: 

Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

1. Internet

Koneksi internet kini seakan menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Semua hal dapat ditemukan di Internet termasuk transaksi jual beli. Bahkan bisa dikatakan bahwa saat ini masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online karena lebih nyaman.

Itu sebabnya Anda harus memanfaatkan fenomena ini. Gunakan internet untuk pemasaran online. Ini dapat dilakukan melalui situs web, media sosial (Instagram, WhatsApp, Facebook), email, e-commerce, atau konferensi video. Tidak hanya mudah dilakukan, tetapi Anda tidak perlu membayar biaya pemasaran apa pun. Kalaupun menggunakan Facebook Ads berbayar atau sejenisnya, nilai nominalnya juga tidak terlalu tinggi. Dengan cara ini anggaran Anda dapat digunakan untuk keperluan lain. 

2. Televisi

Iklan televisi salah satu alat promosi public relation menarik sebagian besar konsumen karena dapat menampung banyak iklan. Metode periklanan berupa gambar bergerak dan suara juga semakin memukau penonton. Sayangnya, pembuatan iklan di televisi sangat memakan waktu, sehingga biayanya juga sangat tinggi. Durasi pengumumannya juga singkat, hanya satu menit. Pasalnya, mereka harus berganti-ganti dengan iklan lain, sehingga ada kemungkinan terlewat dan informasi tidak bisa tersampaikan secara utuh. 

3. Brosur

Brosur adalah media iklan cetak yang tampil dalam jumlah banyak dengan interval tidak teratur satu hingga beberapa halaman kecil dengan kualitas yang baik. Hingga saat ini, brosur sangat populer di kalangan pengusaha untuk mempromosikan usahanya. Umumnya, brosur banyak digunakan saat checkout untuk menarik konsumen agar mengambilnya. Terkadang pihak pemasaran juga membagikan brosur kepada konsumen yang ditemuinya.

Brosur yang baik adalah brosur yang memuat informasi yang cukup tentang produk yang diiklankan selain gambar aslinya. Menawarkan warna dan desain brosur yang menarik semakin meningkatkan daya tarik konsumen.  

4. Banner

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih mengesankan, Anda dapat menggunakan media periklanan seperti spanduk yang dicetak di area yang luas dan ditempatkan di lokasi yang terlihat jelas. Spanduk biasanya berukuran 80 x 200 cm, sehingga Anda bisa melihatnya dari kejauhan.

Spanduk dapat dipasang secara horizontal pada tiang-tiang yang disediakan khusus, yang biasanya harus disewa dari penyedia jasa. Namun Anda juga bisa memilih banner vertikal yang dipasang pada bingkai berbentuk X atau lebih dikenal dengan X-Banner. Banner jenis ini bisa diletakkan di depan toko Anda atau dipindahkan begitu saja ke tempat lain. Misalnya, jika Anda menghadiri acara promosi perusahaan Anda, Anda dapat menyiarkannya dengan mudah. 

5. Poster

Anda pasti pernah menemukan poster di tempat umum yang mempromosikan berbagai produk. Ya, poster memang media yang biasa digunakan untuk promosi bisnis. Fasilitasnya berlokasi strategis dan ukurannya cukup besar untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Untuk meningkatkan minat pembaca, Anda perlu mendesain postingan yang terlihat menarik dan menjalankan bisnis Anda dengan baik.  

6. Merchandise

Konsumen pasti akan sangat senang jika bisa mendapatkan barang secara gratis dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penggunaan materi iklan berupa artikel komersial sangat cocok untuk membujuk konsumen agar membeli brand Anda. Beberapa barang yang sering dijadikan merchandise adalah: 

  • Alat tulis (bolpoin atau pensil)
  • Mug
  • Topi
  • Kalender
  • Stiker
  • Magnet kulkas
  • T-shirt

7. Radio

Memasang iklan di radio juga sangat efektif untuk menarik minat konsumen. Tidak memerlukan banyak biaya, mencakup area yang luas, dapat diterima dan didengar di tempat-tempat tanpa listrik, dan mudah dibawa-bawa untuk semua orang. Sayangnya, iklan di radio tidak bisa menampilkan gambar, sulit menyampaikan informasi yang rumit, dan waktu yang terbatas.  

8. Koran/Majalah

Terakhir, ada penawaran media untuk surat kabar dan majalah. Keduanya merupakan media cetak yang dapat menyajikan banyak informasi dan disukai konsumen untuk dibaca. Pemasangan iklan di koran bisa dalam bentuk tulisan, yaitu ditempatkan di kolom khusus iklan. Namun, pengiriman akan terpengaruh karena konsumen tidak dapat melihat produk dan harga ditentukan berdasarkan kata, sehingga biayanya tinggi. Tapi Anda juga bisa beriklan dengan gambar dan menawarkan banyak warna. Tentu saja, harganya akan lebih tinggi.

Sedangkan tampilan majalah lebih menarik dan akurat. Biayanya memang cukup tinggi sehingga sulit menjangkau pengusaha yang masih memiliki keterbatasan modal.Jadi media periklanan mana yang Anda pilih? Pastikan Anda menyesuaikannya agar sesuai dengan anggaran Anda dan pilih media contoh public relation di atas. Tingkatkan performa bisnis Anda secara instan dengan Facebook Ads yang terintegrasi dengan WhatsApp Business Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang artikel ini atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang WhatsApp Business API untuk bisnis Anda, kirimkan lebih banyak pertanyaan melalui tautan ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + sixteen =