Sebenarnya Apa Itu Bisnis Co-Living dan Bagaimana Peluangnya di Masa Sekarang?

Bisnis co-living saat ini telah banyak digemari oleh pebisnis di bidang interior. Selain itu, banyak juga dari investor yang memilih bisnis ini sebagai bentuk investasinya. Sebenarnya apa itu bisnis co-living dan peluangnya di masa sekarang? Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Bisnis Co-Living?

Untuk menjawab pertanyaan apa itu bisnis co-living dan peluang di masa sekarang, sebelumnya harus mengetahui pengertian dari co-living ini. Co-living merupakan sebuah hunian yang tidak hanya menyediakan kamar tidur, tetapi juga dapur, kamar mandi, dan ruang tamu yang bisa digunakan bersama. Konsep dari co-living ini terkesan seperti kos-kosan yang bertarafkan internasional. 

Sehingga bisnis co-living ini lebih pada bentuk investasi properti untuk hunian co-living. Atau bisa dengan memiliki usaha/bisnis co-living dengan harga lebih ekonomis. Para pengusaha juga bisa membuat bisnis co-living ini mendapatkan keuntungan lebih dengan menyediakan fasilitas yang lebih mewah dari co-living pada umumnya.

Peluang Bisnis Co-Living di Masa Sekarang

Bisnis co-living ini memiliki peluang yang sangat besar di masa sekarang. Mengapa bisa seperti itu? Sebenarnya ada beberapa penyebab yang menyebabkan peluang bisnis ini sangat besar dan menguntungkan. Lalu, apa saja sih penyebab bisnis ini berpeluang sangat besar di masa sekarang? Simak uraian selengkapnya berikut ini:

1. Jumlah Pertumbuhan Penduduk Semakin Besar

Pertumbuhan penduduk per tahun yang terjadi di Indonesia semakin besar. Dan jumlah ketersediaan lahan untuk pendirian bangunan juga semakin berkurang. Sehingga, menyebabkan harga lahan tanah setiap tahunnya akan mengalami kenaikan. Hal ini menjadi salah satu penyebab bisnis co-living ini sangat berpeluang besar.

Pendapatan rata-rata penduduk Indonesia yang rendah juga menjadi pemicu bisnis co-living sangat menguntungkan. Dengan kemampuan ekonomi rakyat yang belum mampu memiliki rumah hunian sendiri, konsep hunian co-living ini akan membantunya.

2. Desain Interior yang Berkelas Modern

Hunian co-living ini juga memiliki segmen pasar untuk kaum mahasiswa dan para pemuda yang ingin hidup mandiri. Sehingga, desain yang tawarkan mengikuti selera mereka. Dimana terkesan lebih ke berkelas modern, namun dengan harga yang ramah kantong.

Desain hunian seperti ini pasti menarik minat kaum milenial. Pemilihan desain minimalis, bersih namun juga aesthetic dengan harga yang ekonomis ini banyak diminati dari kaum pemuda. Hal ini bisa terlihat dari banyak café yang dibangun dengan suasana seperti itu. Dan sudah terbukti bahwa kaum milenial lebih memilih nongkrong di tempat tersebut, dari pada warkop biasa.

3. Properti yang Lengkap

Properti yang ditawarkan oleh konsep hunian co-living ini sudah sangat lengkap. Mulai dari sofa, TV, kulkas, peralatan dapur, mesin cuci, bahkan peralatan gym sederhana. Dengan berbagai fasilitas pelengkap tersebut, calon penghuni tidak perlu membeli dan mengeluarkan uang lagi untuk membeli itu semua.

Dalam beberapa hunian ini juga menyediakan fasilitas CCTV yang bisa diakses langsung oleh sang penghuni. Sehingga, keamanan yang ditawarkan juga sangat terjamin. Selain itu, untuk perawatan properti juga telah ditanggung oleh pemilik agency. Hal ini menambah nilai plus dari konsep hunian co-living ini.

4. Lebih Flexible

Tentu anak muda sekarang lebih menyukai dengan hal-hal bersifat praktis dan tidak mau ribet. Pada konsep hunian ini telah menjadi solusi dari keinginan tersebut. Karena dengan konsep hunian ini, mereka tidak perlu memindahkan berbagai properti sebelumnya ke hunian baru ini. Cukup membawa pakaian dan perlengkapan diri, serta mengurus beberapa administrasi ke pengelola, mereka sudah bisa menempatinya.

Dengan berbagai fasilitas dan kelebihan yang dimiliki oleh konsep co-living ini, tentu akan memberikan kemudahan padanya. Hal ini juga akan menjadi nilai plus yang diberikan oleh konsep hunian co-living yang akan juga membuat bisnis ini berpeluang besar pada saat ini.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu bisnis co-living dan peluangnya di masa sekarang. Untuk para investor pemula ada baiknya mempelajari hal ini terlebih dahulu sebelum terjun langsung. Sehingga, potensi kerugian dapat terhindari.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.