teknik copywriting

Ssst! Ini Dia Teknik Copywriting Sederhana Tapi Ampuh Membius Mata Pelanggan!

Pernah dengar istilah Copywriting? Sebagai pebisnis online atau affiliate marketer, kamu harus memahami teknik copywriting yang efektif agar bisnis kamu bisa besar. Skill lainnya selain copywriting tentu saja kamu harus memahami bagaimana cara mendatangkan traffic yang tepat, bagaimana cara mengotomatisasi bisnis, dan ilmu closing.

Dan, di artikel ini saya akan membahas tentang apa itu copywriting, mengapa penting untuk bisnis, seperti apa teknik copywriting yang ampuh dan efektif, dan apa saja peluang bisnis yang bisa dibangun jika menguasai skill copywriting. Mari kita bahas!

Apa Itu Copywriting dan Mengapa Itu Penting?

teknik copywriting

Ditinjau dari sudut pandang bahasa, copywriting terdiri dari copy dan writing. Copy itu berarti iklan, dan writing itu artinya adalah tulisan. Secara sederhana arti copywriting adalah tulisan iklan. Atau, tulisan yang diperuntukkan untuk tujuan marketing. Tulisan yang dibuat dengan tujuan membuat target market tahu, kemudian menjadi tertarik dan menginginkan apa yang kamu tawarkan.

Lalu, seberapa penting copywriting dalam bisnis online? Ya, sangat penting dong. Tanpa bisa membuat kalimat penawaran yang menarik, maka orang tidak akan membeli dari bisnis kamu. Jadi, kamu harus memahami cara membuat artikel yang menarik dalam artian copywriting tentunya, jika bisnis kamu menginginkan bisnis kamu semakin membesar.

Teknik Copywriting yang Ampuh dan Efektif

teknik-copywriting

Lalu bagaimana cara membuat copywriting yang menarik dan menjual itu? Saya akan membaginya menjadi 4 bagian. Dan inilah anatomy sederhana sebuah tulisan iklan atau copywriting yang paling banyak digunakan para penulis iklan.

  1. Problem
  2. Janji
  3. Bukti
  4. Harga

Pendek sekali, bukan?

Sekarang, mari kita bahas satu per satu teknik copywriting ini dan kita lihat, apa rahasia yang ada di dalamnya.

1. PROBLEM

Secara umum, sebuah copywriting diawali dengan menyuguhkan problem target market kita. Jadi, mulailah tulisan kamu dengan judul yang menarik perhatian pembaca yang kamu inginkan dengan berfokus pada problem mereka. Misalnya, jika kamu menjual obat untuk, katakanlah “sakit maag”, gunakan judul seperti ini:

Sakit maag?

Atau katakanlah kamu menjual produk pelangsing. Maka kamu bisa membuat judul tulisan seperti ini:

Ingin menurunkan berat badan?

Jadi di sini sebenarnya yang kamu lakukan adalah mengumpulkan orang-orang yang ingin membeli produk kamu dengan berfokus pada problem atau masalah mereka. 

Sekali lagi, katakanlah kamu adalah seorang terapis pijat yang memiliki situs web. Maka judul tulisan di bagian atas situs kamu bisa seperti ini:

Stres? Ingin melegakan ketegangan dalam waktu 30 menit atau kurang?

Jadi di sini kita harus mengetahui apa yang menjadi problem target market kita. Lalu, kita suguhkan problem tersebut di bagian awal copywriting kita. Tujuannya satu: untuk menggaet perhatian pembaca. That’s it! Dan, itulah langkah pertama, yakni berfokus pada problemnya. Ingat! Problemnya!

2. JANJI

Yang kedua adalah janji. Maksudnya apa? Katakanlah di langkah pertama tadi kamu telah berhasil mendapat perhatian pembaca. Sekarang, kamu tinggal menyebutkan janji penawaran kamu. Setelah judul “sakit maag” tadi, kelanjutannya bisa seperti ini:

Ramuan baru ini mengurangi atau melenyapkan sakit maag dalam waktu 3 hari.

Dan dalam contoh kedua tentang mengurangi berat badan, janjinya bisa seperti ini:

Pendekatan non diet baru ini bergantung pada pikiran Anda, bukan makanan Anda, untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Dan contoh tentang terapis pijat tadi, kamu bisa menggunakan janji ini:

Tangan saya telah menyegarkan 3.500 tubuh seperti tubuh Anda. Saya bisa membantu Anda juga.

Gimana? Sudah paham, kan, konsepnya? Jadi, yang kamu lakukan dalam langkah kedua ini adalah menjelaskan bagaimana kamu memecahkan problem yang disebutkan pada langkah pertama tadi. Dan, percayalah, hal itu akan membuat orang terus membaca copywriting kamu. Jika betul-betul berfokus pada problem mereka, kamu akan menempatkan mereka dalam kondisi terpana dengan tulisan kamu.

3. BUKTI

Langkah berikutnya adalah bukti. Kamu membutuhkan beberapa bukti untuk meyakinkan target market kamu. Yang perlu kamu lakukan di tahap ini adalah bagaimana membuat orang percaya. Kamu harus bangun trust. Tanpa berada di kondisi trust, orang tidak akan membeli dari kamu.

Dan untuk membangun trust, itu bisa kamu lakukan dalam bentuk jaminan atau garansi, kesaksian atau testimoni dan orang yang sudah menggunakan produk kamu, atau apapun yang bisa meyakinkan orang bahwa kamu jujur dengan mereka. 

Misalnya seperti ini:

Sakit maag Anda akan sembuh dalam waktu 3 hari atau uang kembali.

Ada 7.360 orang yang sakit maagnya telah sembuh sejauh ini. Riset juga telah membuktikan bahwa dengan metode ini, berat badan bisa turun sampai 3 kg hanya dalam waktu 10 hari!

Dijamin karpet bebas noda!

Seperti itulah kira-kira. Sekali lagi, yang harus kamu lakukan adalah menyuguhkan bukti. Berikan bukti-bukti bahwa janji kamu atau penawaran kamu benar-benar meyakinkan bisa menyelesaikan problem target market kamu.

4. HARGA

Terakhir, masalah harga. Ini teknik copywriting selanjutnya. Ini tidak kalah penting. Ini harus kamu tuliskan dalam copywriting. Kamu harus mengkomunikasikan apa yang kamu inginkan. Jika kamu ingin orang berlangganan email marketing kamu, katakan demikian. Jika kamu ingin mereka membeli produk kamu, katakan demikian. Jika kamu ingin mereka menghubungi kamu, ya, katakan demikian.

Orang ingin dipandu. Tapi, mereka tidak akan mengambil tindakan jika kamu tidak memberitahukan tindakan tersebut kepada. Contohnya:

Pesan ramuannya sekarang juga sebelum kehabisan! Hanya Rp 250,000. 

Peluang Jika Menguasai Copywriting

teknik copywriting

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu copywriting, kenapa itu penting, dan teknik copywriting yang efektif dalam penjualan. Sekarang kita akan melihat apa saja peluang bisnis jika kamu menguasai skill copywriting.

Sebenarnya ada banyak sekali peluang untuk kamu jika menguasai teknik copywriting ini. Salah satunya kamu bisa menjadi freelance, yakni menjual jasa penulisan copywriting ke klien dari luar negeri yang membutuhkan. 

Kamu tahu, berapa tarif per jam seorang copywriter profesional di luar negeri? Menurut situs WebFX, biaya rata-rata untuk layanan copywriting situs web adalah $25 hingga $25.000 per halaman. Atau, jika kita konversikan ke harga dollar per tanggal 23 Mei 2023 Rp 14.853, maka tarif seorang copywriter profesional di luar negeri adalah Rp 371.325 s.d Rp 371.325.000. Wow! Kamu bisa beli mobil baru setiap hari kalo udah seperti itu. Sebuah profesi yang menjanjikan, bukan?

Penutup

Nah itu dia pembahasan tentang teknik copywriting, manfaat copywriting, dan peluang menjadi seorang copywriter profesional. Dengan menguasai skill copywriting, kamu bisa meningkatkan omzet penjualan bisnis menjadi semakin besar, bisa berpenghasilan fantastis, dan bisa memperoleh profit lebih banyak dari menjual apapun.

Pun demikian, jika kamu masih pelajar dan belum punya bisnis, kamu bisa menjadi seorang freelancer sebagai copywriter. Ini akan menjadi peluang kerja online untuk pelajar di era digital ini. Keren dong bisa kerja di industri ini dan mendapatkan income besar. Iya, kan? Oke, selamat belajar copywriting, semoga artikel tentang teknik copywriting ini menginspirasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =