website jual design

8 Website Jual Design Yang Menjadi Andalan Para Desainer

Bosan kerja kantoran terus, mau coba freelance dengan memanfaatkan website jual design? Atau ingin beli karya design dengan kualitas terbaik?

Situs untuk jualan karya desain hari ini menjadi platform yang sangat membantu bagi para ilustrator dan desainer, maupun calon klien. Pasalnya dengan keberadaan situs tersebut, orang-orang yang memiliki kemampuan dalam bidang seni desain, bisa bertemu dengan pihak yang sedang membutuhkan berbagai jenis desain. 

Terlebih, situs web desain menjadi tempat yang sangat aman untuk memulai karir atau membeli sebuah karya grafis. Hal ini dikarenakan adanya pihak ketiga (pemilik situs) yang akan membuat transaksi jual-beli karya tersebut menjadi lebih efisien dan terpercaya. 

Nah, jika Anda sedang membutuhkan atau ingin memasarkan karya desain, simak apa saja marketplace jual desain yang bisa dimanfaatkan.

Kumpulan Website Jual Design Terbaik

Semenjak teknologi berkembang semakin canggih, banyak sektor bisnis yang akhirnya berpindah ke digital. Salah satunya adalah karya seni digital atau seni grafis yang bisa dimanfaatkan untuk segala jenis sektor bisnis. Katakan, apa saja perusahaan yang tidak memiliki sentuhan desain grafis sama sekali?

Sedikitnya, perusahaan pasti menggunakan karya desain untuk logonya. Desain tidak hanya digunakan untuk membuat sebuah produk bisnis menjadi lebih menarik, tetapi juga menciptakan citra bisnis yang melekat dan mudah diingat oleh banyak khalayak. 

Oleh karena itu, baik Anda yang baru saja ingin memulai karir di bidang desain atau yang sedang membutuhkan karya desain grafis untuk keperluan pribadi atau bisnis, berkut kumpulan website jual design. 

1. Fiverr

website jual design

Kini telah hadir sebuah platform marketplace yang sangat luas, menawarkan berbagai jasa dalam dunia desain grafis dan freelance. Di Fiverr, Anda bisa menjual berbagai layanan secara online seperti pembuatan logo, kartu nama, karikatur, dan masih banyak lagi. 

Harga yang ditawarkan fleksibel, tergantung tingkat kesulitan dan kompleksitas dari pekerjaan yang akan dikerjakan. Alasan utama dibuatnya platform ini adalah untuk memudahkan orang-orang dalam memasuki dunia pemasaran digital. Bahkan seringkali dijadikan sebagai tempat kerja online untuk pelajar.

Sejak didirikan pada tahun 2009, Fiverr telah menjadi perantara bagi individu yang ingin menghasilkan uang dengan menjual karya atau keahlian yang dimilikinya. Dengan fitur-fitur yang memudahkan, platform ini sangat membantu para freelancer untuk menawarkan jasa mereka kepada berbagai pelanggan dari seluruh dunia.

2. Sribu.com

website jual design

Sribu.com sebuah website jual design yang menyediakan layanan desain online, menghubungkan klien dengan para desainer yang handal. Situs ini menawarkan layanan kontes desain, tetapi dengan persyaratan mengirimkan portofolio terlebih dahulu. 

Setelah portofolio disetujui, Anda dapat mengerjakan proyek sesuai dengan keinginan klien. Dengan memiliki lebih dari 135,600 desainer yang tersedia, situs ini menjamin layanan yang bervariasi dan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan desain yang Anda perlukan. 

3. Fastwork

website jual design

Fastwork adalah sebuah situs web asal Thailand telah merambah ke Indonesia dan menyediakan antarmuka pengguna yang mudah dipahami. Terdapat petunjuk lengkap yang memudahkan pengguna dalam melakukan registrasi, menjual pekerjaan, berdiskusi dengan klien, menunjukkan hasil akhir, serta menentukan harga yang diinginkan. 

Melalui situs ini, para desainer grafis dapat bergabung untuk menjual karya mereka seperti desain logo, grafis, dan videography.

4. Designbyhumans

website jual design

Jika Anda mencari kaos dengan kualitas bahan dan cetakan terbaik, Anda harus mencoba Designbyhumans. Mereka diakui sebagai website jual design kaos dengan kualitas terbaik dan telah sukses bekerja sama dengan salah satu raksasa merchandise, Star Wars dan Star Trek, sebagai mitra resmi mereka. 

Meskipun Star Wars belum membuka kesempatan bagi artis independen di Designbyhumans sebagai mitra resmi, namun Anda masih dapat mencoba mengunggah karya bertema Star Trek di situs ini. Selain karya biasa, Anda juga bisa menemukan karya-karya unik yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain.

5. Tokome.id

website jual design

Website ini memungkinkan Anda untuk menjual desain kaos, phone case, hoodie, dan aksesoris lainnya. Anda dapat mengunggah desain sendiri, dan jika disukai oleh klien, mereka akan mencetak desainmu. 

Tokome.id adalah toko merchandise online yang menyediakan fasilitas untuk desainer dan komunitas yang tertarik dengan dunia desain. Situs ini tidak kalah baiknya dengan situs-situs lainnya, Anda dapat menjual karya-karya desain dan menentukan harga yang diinginkan secara langsung.

6. 99Designs

website jual design

Situs 99designs adalah salah satu website jual design terbaik. Situs ini menawarkan fitur serupa dengan platform Sribu, di mana klien dapat membuat sayembara dan menerima desain dari para desainer dari seluruh dunia. Klien juga dapat mencari desainer yang tepat untuk proyek mereka melalui fitur pencarian yang lengkap.

7. Creative Market

website jual design

Situs populer lain yang dapat digunakan untuk menjual desain adalah Creative Market. Namun, untuk bergabung di situs ini, Anda diharuskan untuk mengirimkan tautan portfolio terlebih dahulu untuk disetujui. Jika lolos dengan kualifikasi yang telah ditentukan oleh penyedia situs, maka Anda dapat mulai menjual karya-karyamu di Creative Market.

8. Freepik

website jual design

Salah satu situs populer yang menawarkan jual beli karya desain saat ini adalah Freepik. Situs ini berbasis microstock dan memiliki konsep yang hampir sama dengan ShutterStock. 

Di sini, Anda bisa mengupload ratusan hingga ribuan karya desain, seperti logo, background, template, dan lain sebagainya, yang akan diunduh oleh pengguna situs. Semakin banyak karya yang diupload dan diunduh, semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan.

Akhir Kata

Sebagai penutup, terdapat berbagai macam situs yang dapat dimanfaatkan untuk menjual karya desain, mulai dari situs kontes desain seperti 99designs dan Sribu, situs jual beli seperti Creative Market dan Envato Market, hingga situs microstock seperti Freepik. 

Setiap website jual design memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga disarankan untuk memilih situs yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sebagai desainer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + three =