Simak 7 Ciri-ciri CCTV Menyala dan Berfungsi Dengan Baik Yang Harus Anda Ketahui!

Anda mungkin bertanya-tanya apa saja Ciri-ciri CCTV Menyala dan Berfungsi? Selain itu, kita sering melihat CCTV diam tanpa gerakan dan tidak ada lampu indikator yang menandakan CCTV berfungsi.

Saat ini penggunaan CCTV semakin marak, tidak hanya di perkotaan atau pusat perbelanjaan, tetapi juga di rumah-rumah pribadi. Alat ini dapat merekam secara otomatis seperti kamera video.

Mengingat cara kerjanya, yaitu perekaman otomatis, pemilih rumahan sering tidak memperhatikan apakah video surveillance sudah aktif. Jadi bagaimana Anda tahu jika CCTV menyala dan berfungsi dengan baik? Simak penjelasannya di bawah ini!

Tujuh Ciri-ciri CCTV Menyala dan Berfungsi

Tentu saja ketika kita berbicara tentang Ciri-ciri CCTV Menyala, melihat lampu indikator yang muncul di benak kita. Namun pada kenyataannya, lampu indikator CCTV yang hidup tidak serta merta menunjukkan bahwa CCTV tersebut benar-benar aktif.

Disini kita akan membahas 7 Ciri-ciri CCTV Menyala dan Berfungsi yang harus anda ketahui:

Melihat Lampu Indikator CCTV

Fitur pertama dari Live CCTV adalah lampu indikator menyala. Namun jangan senang dulu, CCTV belum tentu berfungsi dengan baik untuk merekam setiap kejadian sebelumnya.

Jika Anda ingin tahu pasti apakah pengawasan video asli aktif, Anda dapat memeriksanya dengan kamera ponsel. Lihat ke kamera CCTV. Jika Anda melihat cahaya terang di kamera ponsel Anda, itu berarti CCTV menyala.

Pengamatan Pergerakan CCTV

Ciri-ciri live CCTV juga bisa dikenali dari pergerakannya. Fitur-fiturnya cukup jelas dan mudah dikenali, namun hanya pada jenis CCTV tertentu.

Jenis CCTV dengan fungsi gerakan kanan kiri selalu bergerak saat menyala. Pada umumnya CCTV jenis ini memiliki bentuk luar yang memanjang.

Menggunakan Komputer

Anda juga dapat memeriksa properti CCTV langsung dari komputer melalui aplikasi. Ada banyak kemungkinan untuk aplikasi semacam ini, sebut saja mEye. Monitor TinyCam, Penampil IP Cam dan Pengontrol IP CAM.

Dengan aplikasi ini Anda dapat memantau apakah kamera CCTV sedang aktif merekam. Jika Anda memasang lebih dari satu CCTV, aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengecek CCTV mana yang aktif dan mana yang mati.

Penggunaan Smartphone

Anda juga dapat memeriksa properti CCTV langsung menggunakan smartphone dan jaringan internet. Sama seperti cara sebelumnya, status aktif CCTV dapat dipantau melalui aplikasi.

Contoh aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Viewtron CCTV DVR Viewer, yang dapat Anda unduh dari Play Store. Selain memantau apakah CCTV sedang live, aplikasi ini juga menawarkan mode tampilan landscape dan portrait serta zoom hingga 1080p.

Periksa dengan Detektor Bug

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat mendeteksi jika CCTV hidup dengan menggunakan detektor penyadapan. Seperti namanya, detektor ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan penyadap.

Biasanya alat semacam ini digunakan dalam pekerjaan mata-mata untuk mengetahui apakah bug dipasang di suatu tempat. Namun, Anda juga bisa membelinya di toko online dengan harga terjangkau.

Lihat Kabel CCTV dan Bahan Penutup

Instalasi CCTV palsu biasanya mengekspos kabel yang terlihat jelas untuk menipu orang. Selain itu, perangkat video surveillance palsu umumnya terbuat dari bahan plastik yang terlihat rapuh.

Selain itu CCTV asli terbuat dari bahan yang bagus dan kuat. Ini karena CCTV dirancang untuk dipasang di luar ruangan dan oleh karena itu perlu tahan terhadap perubahan cuaca.

Periksa Konektivitas WI-FI

Tidak banyak yang tahu ciri-ciri dari CCTV live ini. Ya, Anda dapat mengetahui apakah CCTV aktif dengan memeriksa konektivitas Wi-Fi.

Beberapa keluaran CCTV sekarang nirkabel, artinya tidak memerlukan pemasangan kabel. Cara kerja CCTV nirkabel adalah dengan menghubungkan ke Wi-Fi di rumah.

Ini adalah bagaimana Anda dapat memeriksa apakah CCTV terhubung ke Wi-Fi. Jika demikian, maka CCTV menyala dan merekam.

Ini adalah beberapa Ciri-ciri CCTV Menyala dan Berfungsi. Jika anda mencari Harga cctv murah terbaik, kunjungi situs Mahavision sebagai rekomendasi terbaik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Pentingnya Mengajarkan Anak Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.