Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

7 Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap [Tips Pengaplikasiannya]

Memilih pelapis cat tembok yang tepat sangat penting untuk menciptakan tampilan dinding yang bersinar dan tahan lama apalagi untuk warna cat rumah bagian luar yang elegan agar hasil lebih maksimal. 

Ada banyak merek dan jenis pelapis cat tembok yang dapat dipilih, namun tidak semuanya dapat memberikan hasil yang diinginkan. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek beserta tips pengaplikasian pelapis cat tembok agar mengkilap yang dapat dipertimbangkan untuk Anda.

7 Rekomendasi Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

1. Dulux Ambiance Diamond Glo

pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

Estimasi harga Dulux Ambiance Diamond Glo: Rp 336.000/2.5Lt

Dulux Ambiance Diamond Glo adalah salah satu jenis cat pelapis tembok yang sangat direkomendasikan jika Anda ingin mendapatkan hasil akhir yang mengkilap dan mewah pada dinding dalam ruangan Anda. 

Cat ini memberikan kilau yang indah dan berkilauan seperti permata, sehingga cocok digunakan pada ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan lain yang ingin ditonjolkan.

2. Nippon Paint Vinilex 5400 Wall Sealer

Estimasi harga Nippon Paint Vinilex 5400 Wall Sealer: Rp150.000/500gr

Nippon Paint Vinilex 5400 Wall Sealer adalah Jenis lapisan cat tembok dengan kilap yang tinggi yang juga berfungsi sebagai primer. 

Produk ini dapat menutupi noda dan menempel pada permukaan dinding dengan baik, sehingga menciptakan tampilan yang homogen dan bersinar. Vinilex 5400 Wall Sealer juga tahan lama dan mudah dibersihkan.

3 Avian Luxol High Gloss Enamel

Estimasi harga Avian Luxol High Gloss Enamel: Rp77.000/0,9L

Avian Luxol High Gloss Enamel adalah jenis pelapis cat tembok dengan kilap yang tinggi dan tahan lama. 

Produk ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga dapat menahan cuaca ekstrem, kerusakan akibat sinar UV, dan noda. Avian Luxol High Gloss Enamel juga mudah dibersihkan dan tersedia dalam berbagai pilihan warna.

4. Jotun Majestic True Beauty

Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

Estimasi harga Jotun Majestic True Beauty: Rp870.000/2.5Lt

Jotun Majestic True Beauty adalah jenis pelapis cat tembok dengan kilap yang tinggi yang dapat memberikan tampilan mewah pada dinding. Produk ini tahan lama dan mudah dibersihkan, serta dapat menahan kerusakan akibat sinar UV dan noda. 

Jotun Majestic True Beauty juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan dapat disesuaikan dengan selera Anda.

5. Nippon Satin Glo

Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

Estimasi harga Nippon Satin Glo: Rp292.000/2Lt

Nippon Satin Glo adalah salah satu jenis cat pelapis tembok yang direkomendasikan untuk mendapatkan hasil akhir yang mengkilap dan mewah pada permukaan tembok Anda. Cat ini cocok digunakan pada permukaan tembok, beton, dan gypsum board, dan memberikan perlindungan terhadap cuaca.

Salah satu kelebihan dari Nippon Satin Glo adalah kemampuannya untuk memberikan hasil akhir yang sangat mengkilap dan cerah pada permukaan tembok. Selain itu, cat ini juga tahan lama dan mudah diaplikasikan.

6. Nippon Paint Spot-less

Pelapis-Cat-Tembok-Agar-Mengkilap-

Estimasi harga Nippon Paint Spot-less: Rp245.000/2.5Lt

Rekomendasi Pelapis cat tembok agar mengkilap selanjutnya adalah, Nippon Paint Spot-less adalah jenis pelapis cat tembok dengan kilap yang tinggi yang dapat menghilangkan noda pada permukaan dinding. 

Keunggulan SPOT-LESS adalah mudah dibersihkan, water resistant, tidak berbau pada saat mengaplikasikan dan pengeringan, tidak beracun dan anti-jamur sehingga menjadi rekomendasi cat tembok ramah anak.

Produk ini juga tahan lama dan mudah dibersihkan, serta dapat menahan kerusakan akibat sinar UV. Nippon Paint Spot-less juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan dapat disesuaikan dengan selera Anda.

7. Dulux Weathershield Powerflexx

Estimasi harga Dulux Weathershield Powerflexx: Rp375.000/2.5Lt

Dulux Weathershield Powerflexx adalah salah satu jenis pelapis cat tembok agar mengkilap yang sangat direkomendasikan. 

Pelapis cat ini memiliki teknologi Powerflexx yang memberikan perlindungan ekstra terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan dan sinar UV, sehingga pelapis cat ini dapat bertahan lebih lama dan memberikan tampilan yang mengkilap pada dinding. 

Artikel terkait: 20+ Pilihan Warna Cat No Drop Untuk Luar Rumah Terbaik 2023

Itulah beberapa rekomendasi pelapis cat tembok agar mengkilap dari kami yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Tips Pengaplikasian Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

Pelapis Cat Tembok Agar Mengkilap

1. Bersihkan Dinding Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk pelapis cat tembok agar mengkilap pastikan dinding sudah bersih dan kering. Bersihkan dinding dari debu, kotoran, dan noda menggunakan sabun pembersih khusus dinding atau campuran air dan deterjen. 

Setelah itu, bilas dengan air bersih dan biarkan kering sepenuhnya. Pastikan dinding tidak lembab dan terdapat retakan atau lubang yang perlu diperbaiki.

2. Gunakan Primer

Sebelum mengaplikasikan pelapis cat tembok, sebaiknya gunakan primer terlebih dahulu. Primer berfungsi untuk memperbaiki kelemahan pada permukaan dinding, seperti noda, retakan, dan lubang. 

Selain itu, primer juga membantu mencegah terjadinya pengelupasan atau pengelupukan cat pada dinding.

3. Pilih Cat Tembok yang Tepat

Langkah ketiga untuk pelapis cat tembok agar mengkilap, pilihlah jenis cat tembok yang tepat untuk menghasilkan kilau yang maksimal. Gunakan cat tembok dengan kandungan gloss yang tinggi, yang biasanya memiliki kode GL atau G.

Selain itu, perhatikan juga kualitas cat tembok yang digunakan. Pilihlah cat tembok yang berkualitas tinggi agar tahan lama dan tidak mudah pudar.

4. Aplikasikan Cat Dengan Kuas atau Roller

Untuk mengaplikasikan pelapis cat tembok, gunakan kuas atau roller. Sebaiknya gunakan kuas atau roller yang memiliki bulu atau serat yang lembut agar permukaan dinding terlihat halus dan rata. 

Pastikan juga tidak terdapat goresan-goresan pada dinding akibat pengaplikasian cat yang kurang rata.

5. Hindari Pengaplikasian Berlebihan

Hindari mengaplikasikan cat tembok terlalu tebal atau berlebihan. Pengaplikasian yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya retakan atau pengelupasan pada permukaan dinding. 

Sebaiknya, aplikasikan cat tembok dengan tipis dan merata. Tunggu hingga lapisan pertama kering sebelum melanjutkan pengaplikasian lapisan kedua.

6. Aplikasikan lapisan kedua

Setelah lapisan pertama kering, aplikasikan lapisan kedua cat tembok. Pilih lapisan yang tepat agar warna dan kilau cat tembok lebih maksimal. 

Pastikan juga cat tembok yang digunakan kering sepenuhnya sebelum melakukan pengaplikasian lapisan kedua. Untuk pelapis cat tembok agar mengkilap.

7. Perhatikan Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan juga mempengaruhi hasil pengaplikasian pelapis cat tembok agar mengkilap. Pastikan lingkungan sekitar tidak terlalu lembab atau berdebu. Hindari mengaplikasikan cat tembok pada saat cuaca sedang ekstrem.

Namun, seperti halnya produk lainnya, pelapis cat tembok memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan pelapis cat tembok yang perlu diketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pelapis Cat Tembok

Kelebihan Pelapis Cat Tembok

  • Menambah keindahan dinding

Pelapis cat tembok dapat membuat dinding menjadi lebih menarik secara estetika. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, tekstur, dan kilau, pelapis cat tembok dapat menambah keindahan dan kenyamanan dalam ruangan.

  • Melindungi dinding

Pelapis cat tembok juga berfungsi sebagai pelindung dinding dari kerusakan seperti goresan, retak, atau kelembaban. Cat tembok yang kualitasnya baik dapat memperpanjang umur dinding dan melindunginya dari pengaruh buruk lingkungan.

  • Mudah diaplikasikan

Pelapis cat tembok mudah diaplikasikan oleh siapa saja. Anda dapat memilih untuk melukis dinding sendiri atau meminta bantuan tukang cat untuk melakukannya. Selain itu, pelapis cat tembok juga cepat kering, sehingga mempercepat proses pengerjaan.

  • Mudah dirawat

Pelapis cat tembok mudah dirawat dan dibersihkan. Anda dapat membersihkan dinding dengan lap basah dan sabun, atau dengan membersihkannya dengan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Kekurangan Pelapis Cat Tembok

  • Tidak dapat menutupi retakan besar

Jika dinding memiliki retakan besar atau rusak parah, pelapis cat tembok tidak akan dapat menutupinya dengan baik. Retakan besar harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pelapis cat tembok.

  • Warna dapat pudar

Walaupun pelapis cat tembok tahan lama, warna cat dapat pudar seiring waktu, terutama jika terpapar sinar matahari langsung atau bahan kimia. Untuk mencegahnya, gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik dan hindari paparan langsung sinar matahari.

  • Berisiko menyebabkan kerusakan pada kesehatan

Pelapis cat tembok dapat mengandung bahan kimia berbahaya seperti VOC (volatile organic compounds) yang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan saluran pernapasan. Pilihlah cat tembok yang ramah lingkungan dan bebas VOC untuk menghindari risiko kesehatan.

  • Harga relatif mahal

Pelapis cat tembok dengan kualitas yang baik relatif mahal, terutama jika dibandingkan dengan cat tembok biasa. Namun, investasi ini akan memberikan hasil yang tahan lama dan membantu melindungi dinding Anda dari kerusakan.

Itulah ulasan mengenai rekomendasi merk pelapis cat tembok agar mengkilap beserta tips pengaplikasiannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − ten =